Mengintip Perlengkapan Balap Motor VR46, Nilainya Ratusan Juta brosis !

ktm indonesia

Mengintip Perlengkapan Balap Motor VR46, Nilainya Ratusan Juta brosis !. MotoGP merupakan balap motor yang paling menjadi sorotan masyarakat dunia. Hal ini tak terlepas dari banyaknya penggemar olahraga ekstrem ini. Bahkan mungkin dari beberapa diantara kita kerap menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk memesan tiket promo pesawat dan hadir menyaksikan langsung jalannya balapan MotoGP di seluruh dunia. Dengan banyaknya penggemar, MotoGP sukses menelurkan beberapa legenda dari masa ke masa. Salah satunya adalah Valentino Rossi. Siapa yang tak kenal dengan Rossi?

Mengandalkan nomor 46, Rossi sukses menjadi pembalap MotoGP yang bertahan hingga kini. Usia tampaknya tak menjadi halangan baginya, karena jika melihat usianya yang sudah tak lagi muda Rossi masih bisa bersaing dengan pembalap yang  usianya jauh lebih muda. Berbicara Rossi dan MotoGP nampaknya tak terlepas dari apparel yang dipakai The Doctor. Untuk olahraga yang berpacu dengan kecepatan ini tidak ada kata main-main apa lagi jika menyangkut keselamatan pembalap.

Maka dari itu semua apparel yang digunakan VR46 dari kepala hingga kaki juga dibuat sedimikian rupa agar dapat bekerja secara maksimal sehingga bisa meminimalisir cedera. Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai apparel yang digunakan Rossi saat memacu motornya. Penasaran? Simak lebih lengkapnya di bawah ya!

1. Helm
AGV merupakan produsen helm asal Italia yang masih dipercaya Rossi hingga kini. Berjenis Pista GP R, helm Rossi dibuat khusus dengan mengutamakan nilai aerodinamika, keringanan, kekuatan helm, serta teknologi canggih yang mampu menunjang peforma. Sebagai peranti yang digunakan untuk keperluan balap, AGV menggunakan bahan yang tak sembarangan.

Pada Pista GP R, pabrikan helm Italia ini menggunakan serat karbon yang memiliki kekuatan dan keringanan yang lebih baik dibanding bahan jenis lain. Jika berbicara mengenai desainnya, AGV memberikan kebebasan bagi Rossi untuk mendesain helm yang akan digunakannya. Hal ini membuat helm yang dipakai Rossi bisa saja berbeda di setiap balalpan. Biasanya desain spesial pada helm Rossi hadir ketika ia menyambangi sirkuit yang ada nilai sejarah baginya.

Di pasaran, AGV Pista GP R dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Jika disetarakan, Pista GP R setara dengan harga motor matic entry level dari pabrikan Jepang, bahkan cenderung lebih mahal.

Di Indonesia, helm ini dibanderol dengan harga Rp 17,5 juta. Mungkin bagi orang awam helm dengan harga seperti ini terbilang mahal, namun jika melihat fitur yang terbenam pada helm ini nampaknya sesuai dengan uang yang dikeluarkan.

2. Race Suit
Race suit atau racing suit atau race pack merupakan sebutan bagi baju balap yang digunakan oleh pembalap itu sendiri. Sama halnya dengan helm, race suit didesain sedemikian rupa untuk menunjang keperluan balap. Tak sekadar baju berbahan kulit sintesis, race suit menggunakan bahan kulit asli yang memiliki kekuatan lebih baik, seperti menggunakan kulit kangguru atau kulit sapi.

Selain itu, race suit juga disesuaikan dengan pembalap sehingga tiap ukuran pada race suit pembalap sangat presisi dan tidak ada bagian yang terlalu kecil apa lagi terlalu besar. Dainese merupakan produsen race suit yang menyuplai produknya ke VR46. Sebagai perlengkapan balap, tentu Dainese memberikan fitur keselamatan yang canggih sekaligus cerdas. Dainese melengkapi race suit nnya dengan teknologi air bag bernama D-Air.

Cara kerja air bag ini pun hampir mirip dengan air bag pada mobil. Fitur ini akan aktif jika pembalap terdeteksi jatuh dari motor dan tak perlu waktu lama untuk air bag ini mengembang. Dengan hadirnya fitur ini, pembalap akan lebih aman dan terhindar dari cedera yang serius.

Untuk race suit yang digunakan VR46, harga yang dipatok mencapai 4.000 Euro atau setara dengan Rp 70 juta. Namun untuk race suit yang dijual di pasaran harga yang dipatok hanya setengah dari harga race suit The Doctor. Fantastis!


3. Sarung Tangan
Walaupun memiliki dimensi yang terbilang kecil dibanding perlengkapan lainnya, sarung tangan yang digunakan pada balap motor ini tetap dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik. Sarung tangan berfungsi untuk melindungi bagian pergelangan tangan hinngga jari pembalap saat terjadi crash.

Maka dari itu sarung tangan harus dibuat dengan material kuat seperti titanium dan serat karbon. Selain itu, sarung tangan juga dituntut agar nyaman saat digunakan. Dainese masih menjadi pilihan The Doctor. Harga yang dibanderol untuk sarung tangan ini adalah 430 Euro atau setara dengan Rp 7,5 juta.

4. Sepatu
Apparel terakhir ialah sepatu. Lagi-lagi, Dainese dipercaya Rossi untuk menyuplai sepatu balap yang digunakannya. Sebagai apparel yang sering kontak langsung dengan aspal, sepatu dibuat sedimikan rupa sehingga aman saat menyentuh aspal maupun saat terjadi kecelakaan. Untuk sepatunya saja, Dainese membanderol apparel ini 530 Euro atau setara dengan Rp 9,3 juta.

Nah, jika ditotalkan semuanya, apparel yang melekat di tubuh Rossi sekitar 6.260 Euro setara Rp 110 juta. Memang harga ini tak sebanding dengan keselamatan pembalap yang dipertaruhkan.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3673 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..