Teknik pengereman untuk kendaraan non ABS brosis

rem ABS pada toyota Calya-Safety_06rev
ktm indonesia

Teknik pengereman untuk kendaraan non ABS brosis. Kendaraan baik roda dua maupun roda empat setidaknya terdapat 2 jenis sistem pengereman yakni rem ABS (Antilock brake system) dan yang biasa (atau non ABS). Bagi kendaraan ABS tentu tingkat keamanan lebih tinggi dari pada yang biasa. Oleh karena itu diperlukan teknik khusus bagi kendaraan non ABS. Nah berikut Teknik pengereman untuk kendaraan non ABS brosis. Monggo disimak gans

Teknik pengereman untuk kendaraan non ABS brosisDilansir jpnn.com/otomotif [18/9] yang bersumber dari materi sharing edukasi Sahabat Klub Daihatsu dengan tema Defensive Riding maka berikut teknik-teknik pengereman untuk kendaraan non ABS:

Teknik Treshold
Pengereman ini dilakukan dengan cara menahan tekanan pedal sekitar 90% (mengambang) atau tidak sampai mengunci, sehingga ban masih dapat dibelokkan.

Teknik Stab
Jenis ini bagus dilakukan untuk kendaraan yang menggunakan drum brake/tromol dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang dengan secara cepat untuk mengurangi kecepatan kendaraan.

Selain dapat mengurangi kecepatan kendaraan, juga dapat mencegah ban mengunci, dalam melakukan teknik ini, perlu latihan dengan pendampingan oleh orang yang ahli dibidangnya (expert).


Teknik Squeeze
Metode pengereman ini mirip dengan pengereman Stab yakni dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang tapi dengan perlahan.

rem ABS pada toyota Calya-Safety_06revSelain teknik di atas, usahakan bantu pengereman dengan menggunakan engine brake. Setelah kecepatan kendaraan turun, lakukan juga penurunan persneling ke gear yang lebih rendah. Memahami teknik pengereman sangat penting. Selain erat hubungannya dengan keselamatan, teknik mengerem juga perlu kita lakukan, agar memperpanjang usia komponen pada sistem pengereman, terutama kampas rem. Dan yang tidak kalah penting, usahakan tetap mengontrol diri saat melakukan pengereman. Karena, pengereman bisa optimal bila pengemudi tidak panik.

Nah itulah mantemans teknik-teknik pengereman untuk kendaraan non ABS.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3704 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..