Sejarah dan kisah motor legendaris dragbike, Honda GL Sapu Angin Barbara Jawa Timur

Sejarah dan kisah motor legendaris balap liar 1200m GL Sapu Angin Barbara Jawa Timur
ktm indonesia

Sejarah dan kisah motor legendaris dragbike atau balap liar 1200m, Honda GL Sapu Angin Jawa Timur. Herex legend Jawa Timur. Bagi penyuka balapan dragbike 1200meter tentu tidak asing dengan motor Honda GL Sapu Angin Barbara. GL Sapu Angin Sawal merupakan motor menjadi legendaris dunia balap liar yang kini telah dimusiumkan untuk menghormati korban dalam laga terakhir dengan FXR dari Nganjuk tahun 2017 silam. Penasaran dengan GL Sapu Angin Barbara? Monggo disimak Sejarah dan kisah motor legendaris dragbike, Honda GL Sapu Angin Barbara Jawa Timur.

Sejarah dan kisah motor legendaris dragbike, Honda GL Sapu Angin Barbara Jawa TimurDiskusi mengenai sejarah GL Sapu Angin Barbara bermula dari penuturan warganet di grup facebook BEKAKAS. “Maaf mbah kalau gejil repsol peng sejinah/ronjinah geh mbah..! Munkin ada yang tau sejarah montor ini sampai pensiun mbah..?Bisa koment di bawah mbah.? Kyakya sekarang lum ada pengantiny geh mbah,? yg “EMEZING” Kayak sapu angin ini.! Munkin sapu lidi/sapu kelut mungkin mbah.? #RIP ♥️ #barbara #GLsapuangin ” tanya Bojhez Ferarri di grup fb BEKAKAS (Bergejil Suka Motor Bekas) pada tanggal 22 Agustus 2018.

Beberapa orang menyebut GL Barbara atau GL Sapu Angin yang menjadi legendaris pada balapan 1200m di Jawa Timur. “Laga terkahir ini lawan FXR dari nganjuk terus crash si joki FXR nabrak penonton termasuk crew Barbara sampai Meninggal di tempat, abis itulah si GL ini di museum kan, pengen lebih lengkap taunya cek IG : si joki @phitroh & juragannya @tuanmudadidien ” ujar Ibnu Martabak. Ramadhani turut menambahkan informasinya, “penonton, joki, sama adeknya si barbara ini mbah yg korban, untuk menghormati lawan, penonton, dan adik yg sudah wafat, maka di pensiunkan *cmiiw ” terangnyaSejarah dan kisah motor legendaris balap liar 1200m Honda GL Sapu Angin Barbara Jawa Timur

Legenda balapan 1200 meter, mungkin ini tidak viral dikalangan anak motovlogger, sunmori an, tapi di jawa timur anak muda hampir semua tau ini motor 😂 legenda 1 silinder ” ujar Alvin Pradana. Ijal juga turut menambahkan,”Pernah denger ini 344cc mbah 1 silinder,, jos pancen ” tegasnya.

Salah seorang warganet yang paham betul sejarah motor balap dengan speed 180an km/jam ini adalah Mbah Ifandy Ariawan. “Hampir tiap hari ketemu motornya mbah ” tuturnya sambil melampirkan foto berada dekat dengan si legend GL Sapu Angin. Bahkan doi memiliki koleksi foto sebelum GL Sapu Angin berganti baju. “Ini yg body lama sebelum ganti ijo mbah ” terangnya lebih lanjut.

Nah berikut cerita dari Ifandy mengenai sosok GL Sapu Angin Barbara ini hingga harus dipensiunkan dalam musium kaca.

Ifandy Ariawan

Bukan motor saya mbah. Itu motor bengkel. Ngerakit itu awalnya uang om didin. Setelah jatuh bangun banyak biaya yg keluar. Sempet mau pensiun dulu jaman tangki biru, trus anak2 bengkel sepakat iuran tiap minggu 20rb. Berjalan beberapa minggu ada yg sering nungak mbah, trus akhirnya om didin bilang “wes saiki 10rb ae. 10rb gk cukup gawe tuku rokok mosok gk kuat” akhirnya riset terus riset terus. Alhamdulillah sedikit2 menang, berubah warna jadi putih, orang ngeliatnya sekarang enaknya mbah. Padahal dulunya juga susah jatuh bangun mbah 😂.. kebetulan alm arif sawal itu crew yg sayang sama motor ini mbah, sampe dia kasih julukan “anak lanang” dan paling rutin iuran ga pernah telat. Malah sering dobel2 katanya “titip sek gawe anak lanang”..

1thn sebelum di aquarium……..

Bersambung.. capek ngetik mbah

Lanjutan..

1tahun sebelum di aquarium.. anak2 1 bengkel dikumpulin semua, karna pada waktu itu kebetulan orang2 ngertinya sapoe angin paling kenceng, padahal di bengkel itu ada 1 motor lagi, “ky ageng” namanya.. dan ada 1 motor lagi yg masih proses, yg sekarang dikenal “patih gajah mada” .. dan pada saat itu sebenernya motor ini udah ndak laku mbah. Karna banyak yg ngira kenceng, padahal gajah mada lebih kenceng lagi. Udah di musyawarah mau di pensiunin, semua setuju.. tapi, 1 pit crew yg nolak. Ya dia itu alm arif sawal.. mas sawal bilang “ojok di pensiun sek mas sakdurunge revan karo fxr, lek mari main karo fxr langsung di pensiun.no gapopo mas”
Akhirnya berjalannya waktu. Beberapa bulan sebelum main sama fxr….

Bersambung Sejarah dan kisah motor legendaris balap liar Honda GL Sapu Angin Barbara Jawa Timur

Lanjutan..

Beberapa bulan sebelum main sama fxr.. riset terus sampe pagi, dan di bengkel itu ada peraturan yg tidak mengikat, 1minggu sebelum hari H. Crew di bengkel diminta untuk puasa, ngga wajib sih. Yg bersedia moggo yg endak monggo, dan yang wajib sebelum main itu. Anak bengkel nga boleh ada yg mainan cewe (nakal) , judi, mabok2 dan hal2 lain yg negatif. Pada saat itu semua ngejalanin seperti mau main2 di laga sebelumnya. Tapii.. 1 orang lagi yg bandel 😂 . Alm mas sawal ndak mau puasa😂 . Dan pas sampe hari H mau main. Berangkat 1 mobil bawa motor si gajah mada ke alteri Porong. Karna memang perjanjian nya main di alteri porong. Dan di persyaratan itu .pihak fxr cuma bilang. “Motor barbara” . Jadi bebas lah pihak bengkel make motor mana aja..

Sesampai disana. Ada sedikit masalah. Akhirnya sepakat pindah tempat ke suramadu.. pas perjalanan mau ke suramadu. Mobil yg bawa motor di pinggirin sama pak polisi. Dan akhirnya motor ngandang di kantor polisi, anehnya motor ndak di jejerin sama motor2 sitaan yg lain. Tapi malah dimasukin dalam sel 😂 . Setelah ambil surat2 dan cocok. Masih ada 1 masalah. Motor bisa diambil besok pagi.. dari situ udah bingung campur aduk semua.. kalo ngga main sampe pagi otomatis kalah persekot..

BersambungSejarah dan kisah motor legendaris balap liar 1200m Honda Herex GL Sapu Angin Barbara Jawa Timur

Lanjutan ..

Dan semua crew balik ke bengkel, dengan perasan bingung campur aduk . Mbah2 mungkin bisa membayangkan gimana rasanya 😂

Akhirnya di musyawarah di bengkel. Dan pada akhirnya setuju bahwa yg dibuat main itu si Sapoe Angin.. padahal pada saat itu si sapoe angin lagi sakit. Berhari2 dihajar nge time cari time terbaik. Sampe house kopling pecah..
Akhirnya mesin kanan dibongkar. Ganti house kopling. Setelah seting 1,2,3x . Bersngkat ke suramadu..

Pada saat itu alm mas sawal malah ndak ikut berangkat.. dia ketiduran dirumah (kebetulan rumah alm mas sawal cuma 50 meteran dari bengkel) . Jadi intinya mas sawal ndak ikut pada saat itu..

Pas mas sawal ke bengkel tanya ke orang2 yg dibengkel “wong2 nangdi mas?, wes budal le” disitu alm mas sawal sedikit kecewa, karna motor kesayangannya yg dikasih sebutan “anak lanang” itu maen dia ndak ikut berangkat..


Bersambung

Lanjutan..

Pada saat itu. Ada seseorang dateng ke bengkel, bisa dibilang temen deket om didin sejak awal bengkel berdiri. Yg tau suka duka bengkel.. ketemu sama mas sawal dan tanya, (arek2 ngendi le?) Mas sawal jawab ( aku ditinggal cak. Wong2 wes budal) trus akhirnya mas sawal diajak sama beliau naik mobil ke suramadu, dan pada saat itu crew yg berangkat ndak ada yg tau kalo mas sawal nyusul kesana. Karna semua ngira mas sawal ketiduran dirumah.. sesampai disana. Mas sawal posisi ada di deket finish bersama seseorang yg ngajak tadi.. dan saat main pun ndak ada yg tau kalo mas sawal di situ…

BersambungKi ageng barbara balap liar 1200m

Lanjutan..
Dan pada saat start, sapoe angin kalah sama si fxr. Sampe tengah mulai kesusul. Beberapa ratus meter sebelum finish terlihat sapoe angin didepan ninggal jauh si fxr . Kurang lebih 2tiang lampu.. dari situ semua orang2 yg taruhan girang, seneng, yg dijago.in menang. Begitupula alm mas sawal yg sangat seneng si “anak lanang” nya menang. Sampai tanpa disadari ikut bersorak maju menutup lintasan, mereka yg disana ngira si fxr udah lepas gas. Karna memang selisih nya jauh banget. Ndak taunya fxr masih gaspoll. Dan akhirnya kejadian tragedi itu mbah.. awal yg ketabrak penonton daerah situ, trus mas sawal, dan orang yg ngajak mas sawal ke suramadu pun juga ikut kena tapi ndak secara langsung, bahasane wong kene “kesabab.an”
Bersambung

Lanjutan..

Singkat cerita. Alm mas sawal meninggal saat perjalanan ke rumah sakit, dan seseorang yg ngajak alm mas sawal tadi masih dirawat sirumah sakit,, dari situ motor setelah finish ngga pulang ke bengkel. Langsung dibawa ke bengkel las temen om didin. Dibuatin meja buat motor+kaca aquarium nya, selama 40hari bengkel tutup. Berduka, karna kehilangan salah satu pit crew yg disayang sama om didin, dan tepat 40hari meninggalnya alm mas sawal. Orang yg ngajak mas sawal ke suramadu ikut meninggal juga. Jadi sudah ngga ada saksi mata yg bener2 jelas gimana kejadian saat itu.

Kadang. Dipikir2. Seakan2 ini semua sudah di rencanain sama Allah. Dari saat alm mas sawal menolak buat di pensiunin sebelum lawan fxr, dari saat mas sawal ketiduran, ditinggal temen. Sampe tanpa disadari ternyata mas sawal ada di sana. Dan saksi yg tau secara detail pun meninggal setelah 40hari meninggalnya mas sawal.. akjirnya darisitu si sapoe angin di pensiunkan, salah satunya menurutin permintaan terakhir alm mas sawal juga kalo habis main harus di pensiunin, dari situ ditambahi namanya menjadi sapoe angin “sawal” seperti namanya yg dikenal sekarang

Dan uang hasil nya . Sepeserpun om didin ngga makan. Semua uang yg dapet langsung dibuat dp bus buat acara wali2. Nge berangkatin semua pitcrew dan keluarganya masing2. Sebagian uangnya buat di serahin ke anak yatim dan janda2 tua di sekitar bengkel..

Dari kejadian itu. Perasaan campur aduk, sedih karna ditinggal salah satu pit crew yg rajin banget, seneng bisa nurutin permintaan terakhir nya alm mas sawal. Dan kebetulan, tepat tanggal 13 agustus kemaren 1thn meninggalnya alm mas sawal. Mohon doa nya mbah2 disini semoga amal ibadah alm mas sawal diterima Allah, dan cerita ini sebagai pengingat kita semua juga, bahwa mati bisa kapan aja mbah tanpa kita tau 😭 .. saya dari awal sampe akhir ini nulis. Nga kerasa mbrebes mili mbahSejarah dan kisah motor legendaris balap liar 1200m GL Sapu Angin Barbara Jawa Timur

Bila brosis penasaran dengan performa GL Sapoe Angin maka lihatlah di Youtube video rekaman amatir yang bertebaran disana.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3674 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..