Solusi alternatif pada shock depan motor matic yang dirasa keras atau terlalu empuk

Solusi alternatif pada shock depan motor matic yang dirasa keras atau terlalu empuk (1)

setia1heri.com – Solusi alternatif pada shock depan motor matic yang dirasa keras atau terlalu empuk. Bagi mantemans yang punya motor matic khususnya punya matic Yamaha mungkin dapat menggunakan tips berikut bila merasa shock depan terasa kerasa atau bahkan terlalu empuk. Warganet AF Hariyanto membagikan pengalamannya otak-atik shock depan pada Yamaha Soul GT 115 yang dimilikinya. Artikel bergizi ini diunggah pada tanggal 06 Agustus 2018 pada grup facebook BEKAKAS (Bergejil Suka Motor Bekas). Monggo disimak artikel DIY berikut gans…

Solusi alternatif pada shock depan motor matic yang dirasa keras atau terlalu empuk (1)DIY kemaren minggu mbah..

Mbah” disini yg merasa shock depan maticnya keras, terutama matic yamaha, coba cek lg mbah, beneran keras atau justru malah terlalu empuk sampek mentok??

Fyi, minggu lalu as shock (beserta tutup) dan pegas bawaan soulgt115 sudah saya ganti dgn as shock dan pegas ori xride mbah, biar lbh tinggi, krn shock blkng jg lbh tinggi, sulingan tetap bawaan soulgt115.

oli saya isi dgn PFT sebanyak 60 ml pake suntikan tinta printer.Solusi alternatif pada shock depan motor matic yang dirasa keras atau terlalu empuk (1)

1. pertama saya pasang kabeltis merah di as shock dpn kanan kiri mbah, saya pgn tau seberapa panjang stroke suspensi depannya, trs coba berkendara sekitar 30 kpj dan hardbraking sampek ban berdecit, kok dirasa blm mentok, kemudian coba hardbraking sesaat sblm poldur dan.. duk! sudah mentok kemudian balik kanan dan di standart tengah, diganjal bagian depan bawah dek, biar roda dpn nggantung.

2. Ukur dr seal debu sampek kabeltis merah sekitar 84 mm, saya udah dapet total stroke, kemudian saya pasang kabeltis hitam tepat diatas seal debu.. saya pgn tau seberapa panjang stroke yg sudah terpakai setelah menanggung beban pengendara dan tetek bengeknya, juga sisa stroke yg digunakan sbg ‘modal’ menghadapi tiap kontur jalan.. saya turunkan motor dr std tengahnya, naik sehalus mungkin, kaki juga naik, sandar ke motor sblhnya, dan memastikan motor se-vertikal mungkin biar beban ditopang hanya oleh suspensi.Solusi alternatif pada shock depan motor matic yang dirasa keras atau terlalu empuk (1)

Dan ternyata setelah saya naik beserta tetek bengek yg biasa saya pakai, sudah habis sekitar 55% dr total panjang stroke mbah, itu brati cuma tinggal 45% buat ‘modal’, blm kalo ada boncenger.
pantes aja terasa keras lah wong sudah ‘habis’ mbah, jangankan poldur, lewat jalan paving yg ga rata aja terasa..

3. Ini brati, pegas harus diperkeras lg mbah, pilihannya, saya bisa ganti per yg lbh panjang, atau ganjal per yg efeknya sama dengan tambah preload kalo di shock aftermarket yg adjustable, kemudian saya putuskan ganjel dgn mur stainless ukuran 12 dan ring stanless buat baut ukuran kunci 12, yg menghasilkan tebal 8mm.
krn diameter luar ring ga boleh lbh dr sama dengan 20mm, harus kurang dr itu mbah.Solusi alternatif pada shock depan motor matic yang dirasa keras atau terlalu empuk (1)

4. jgn bayangkan gmn susahnya saya pasang ganjalan preload dr mur plus ring yg berlarian kesana kemari dan tertawa mbah 😂 . susyaah..

fork dpn saya biarkan terpasang di segitiga yoke sbg ragum yg ‘megang’, tgn kiri nekan tutup shock selagi tgn kanan masang klip pengunci.

5. lumayan mbah, hasil ganjalan preload mur plus ring dgn tebal 8mm, dan dgn BB saya sekitar 61 kg blm tetek bengeknya, berhasil ‘menghemat’ stroke suspensi sekitar 15%, jd ‘modal’ stroke suspensi buat menghadapi tiap kontur jalan, skg ada sekitar 60% an dr total stroke.

ini masih belum memenuhi target saya mbah, mungkin minggu depan atau kpn, saya akan tambah preloadnya sampai ada sekitar 80% dr total stroke buat ‘modal’ dan test drive masih sering mentok tidak, atau.. ganti sulingan xride biar total stroke lbh panjang dgn konsekuensi bagian dpn jd lbh tinggi lg.

Demikian mbah, semoga bisa jd ilmu yg bermanfaat, aamiiin..Solusi alternatif pada shock depan motor matic yang dirasa keras atau terlalu empuk (1)

***

Itulah mantemans solusi alternatif pada shock depan motor matic yang dirasa keras atau terlalu empuk. Bagi brosis yang suka otak-atik dan ulet maka patut dicoba ya mbah. “Wah berguna bgt mbah infonya. Kebetulan mio gt cucu juga gejalanya sama. Shock empuk tp kalo kena jalan gelombang jadi keras. Padahal udah ganti seal dan minyak rem std. Mungkin krn ‘freeplay’ nya udah mentok ya…Coba cucu terapkan dulu cara2nya…. thanks mbah ” ujar Arjun Tisnata Wibawa.

Beberapa warganet menambahkan mengenai pengalaman untuk memecahkan shock tersebut. “Kalo versi sy, pakai sulingan panjang mbah. Jadi ambles sampe per mengkeret abis juga aman gak jedug” terang Muhammad Nashirur Rasyid. Hal berbeda dilakukan oleh Muhamad Lukman Prabandari dengan mengganti pipa menggunakan Vega atau Jupiter. “Gnti pipa punya Vega atau Jupiter beres mbh… Tmbh sdikit tinggi + nyaman reboundnnnya… Per pke supra…” tegasnya. Solusi alternatif pada shock depan motor matic yang dirasa keras atau terlalu empuk (1)

Sementara itu Aryo Putra Bayangan mencoba memberikan pertanyaan. “Sok depat sul jitih terlalu empuk? Hemm menarik mbah, pdhl keluhan user mio j series itu sok keras. Gejil nyimak sambil baca pelan-pelam mbah, blom mudheng 😅 .*user sul jitih blegongan antem lurus ” tanyanya. Hal ini langsung direspon oleh AF Haryanto, “maksudnya begindang mbah..kita yg awam bilang shocknya keras, krn ga tau kalo sebenernya saking empuknya pernya, wkt baru dinaiki, udah turun banget (hampir habis), begitu ada jln kriting, mentok lah dia (bnr bnr habis), jd terasa seperti ga pake suspensi, kita yg awam bilang keras. ” tuturnya. Solusi alternatif pada shock depan motor matic yang dirasa keras atau terlalu empuk (1)

Demikianlah mantemans Solusi alternatif pada shock depan motor matic yang dirasa keras atau terlalu empuk. Bila ada yang kurang jelas silahkan langsung kontak masbrow AF Haryanto via facebook yah.

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5687 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..