Bagi pemula, Inilah fungsi tombol pada persneleng mobil Calya Matic

Bagi pemula, Inilah fungsi tombol pada persneleng mobil Calya Matic
ktm indonesia

Bagi pemula, Inilah fungsi tombol pada persneleng mobil Calya Matic. Tombol persneleng atau tuas transmisi ini biasanya selalu ada di mobil-mobil matic seperti Honda CRV (yang rawan patah). Bagi pemula ternyata tidak semua paham nama maupun fungsi tombol yang nongol di tongkat persneleng ini. Ada yang iseng menyebut tombol turbo, NOS, peluncur rudal, kursi pelontar hingga tombol autopilot…hehehe. Nah Bagi pemula, Inilah fungsi tombol pada persneleng mobil Calya Matic. Monggo disimak gans…

Bagi pemula, Inilah fungsi tombol pada persneleng mobil Calya MaticDiskusi bermula dari pertanyaan salah seorang warganet di grup facebok ‎CALSIC Indonesia – Calya Sigra Community & Club. “Gan maaf…Mau nanya fungsi yg dilingkari calya matic itu apa yaa..? Apa buat ganti gear.. Tp calya ane tanpa di pencet bisa pindah gear… Makasih suhu” tanya Gts Birds Bontang. Postingan ini diunggah pada tanggal 26 Maret 2018 dengan disertai satu gambar dimaksud.


Beberapa warganet mencoba menanggapi pertanyaan diatas. “Itu namanya torque converter om kalau gk salah,dia sejenis kopling untuk mobil metic,biasanya kalau tuas perseneling dari P ke R,N,dll itu biasanya kalau d pencet agak keras dia om kalau tidak d pijak pedal remnya om dan jika tuas perseneling nya ad d D4 k 3/2 itu biasanya gk perlu d injak pedal rem nya om karna jika kita ad d tanjakan bisa langsung oper giginya om,y mungkin itu aja yg saya tau om ” terang Rifki Abdillah.  Terkait penamaan tombol tersebut disanggah oleh Koernijaone, “Itu bukan torque converter, cuma pengaman saja. Pernah bawa matic konvensional yg belok2 jalur tuasnya? Nggak ada tombol itu… dan tetap ada torque converter di unit maticnya. ” ujarnya.

Rinaldi Effendi menjelaskan penggunaan tombol persneleng tersebut. “P ke R harus pencet tombol. R ke P juga sama. Dari R ke D trus ke 3 ga usah pencet. Bolak balik sama ga usah pencet. Dari 3 ke 2 harus pencet.” tuturnya. Hal ini juga diamini oleh Yogi Ramadhani, “Tombol itu untuk pindah dari netral ke R trus ke P juga harus pencet tombol. Dari 3 ke 2 juga mustinya pencet tombol. Kalau tanpa pencet tombol bisa naik ke P, langsung klaim garansi ” katanya.

Stefanus Saputra juga memberikan pengalamannya mengenai penggunaan tombol ini. “Sebaiknya pindah gigi tanpa pencet itu dilakukan hanya dari N ke D maupun sebaliknya, kalau dari P ke R lalu ke N sebaiknya masih dipencet, nanti dari N ke D baru ga di pencet gpp setahu sy ” tuturnya. Iyus Dudung Gusnadi juga mengamini hal ini, “Harusnya itu dari posisi P Ke R gak bisa d pindah klo gak d pencet (itu tombol pengaman) klo tanpa d pencet bisa pindah itu mal fungsi (ada yg gk beres) harus d service om.. klo dr D4 ke 3 itu gak perlu d pencet.(begitu pun sebaliknya) ” ujarnya. Hendy Setiawan juga menegaskan keberadaan dan fungsi tombol tersebut. “pengaman tuh om, coba om cabut kunci terus dorong mobilnya pindahin ke N pasti ga bisa ” pungkasnya.

Gts Birds Bontang pun memberikan apresiasi atas solusi dan jawaban dari warga grup. “Makasih teman2 setelah saya coba ternyata benar buat pengaman kalo dari P ke N harus dipencet… Tp kalo dari d4 ke n atau n ke d4 ke d3 tidak dipencet jg bisa… Masalahnya muncul ketika anak saya yg umur2 tahun mainin nih gear pas mobil jalan di naikan ke n apalagi kondisi jalan pas tanjakan jadinya agak panik dikit gas ga jalan.. Maaf maksud saya bertanya mungkin ada cara supaya harus ditekan terus kalo mau pindah gear biar aman dari anak kecil atau org iseng.. 😁 Btw om2 lucu2 komennya jadi ngakak saya bacanya.. 😁 ” terangnya.

Itulah  mantemans fungsi dari tombol persneleng yang berfungsi sebagai pengaman ketika pindah gigi dari P ke N. Alangkah baiknya juga untuk baca-baca manual book agar paham dan tahu fitur-fitur yang melekat pada mobil kita.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3677 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..