Hati-hati di jalan Tol, Waspadalah kejadian kecelakaan pecah ban brosis…

Hati-hati di jalan Tol, Waspadalah kejadian kecelakaan pecah ban brosis. Tidak sedikit kejadian kecelakaan di jalan tol yang salah satunya disebabkan adanya pecah ban. Kejadian pecah ban ini memang disebabkan beragam faktor mulai dari tekanan angin, kondisi jalan beton di tol serta usia ban. Nah berikut tips dari warganet Kadex Ramayadi terkait tips menghindari pecah ban di tol serta tindakan sigap bila mengalami kejadian pecah ban. Monggo disimak brosis…

Hati-hati di jalan Tol, Waspadalah kejadian pecah ban brosis...Kadex Ramayadi membagikan pengalamannya ketika tak sengaja menjadi saksi kejadian kecelakaan pecah ban saat mudik dari Bali menuju Semarang. Tekape kejadian pecah ban ini terjadi di Tol daerah Ngawi. Berikut selengkapnya kejadian pecah ban di tol beserta upaya menghindari dan mengambil tindakan bila hal itu terjadi.

Hati hati di jalan TOL.

Kemarin kami sekeluarga mudik dari Bali menuju Semarang, naik Toll dari sebelum Kota Pasuruan, jalan tol sangat lancar, kec ruas tol Gempol _ Surabaya yang sedikit padat.

Di km 600, daerah Ngawi, terjadi kecelakaan tepat di depan kami, mobil toyota (Rush?) Terbalik, masuk ke sisi kiri jalan tol, sepertinya akibat PECAH BAN depan kiri,

Mobil ini berisikan satu keluarga, beserta anak2. Ada yg anak kecil yg terjepit antara dashboard dan atap mobil.

Saya dan beberapa pengendara lain berhenti, dan mencoba evakuasi penumpang, dengan mengangkat sedikit posisi mobil, dengan dongkrak seadanya membuka celah antara atap dan dahsboard mobil,… Alhamdullilah, berkat kerja sama antara pengemudi lain, kami bisa mengeluarkan adik kecil yang terjepit

Disini terlihat, ternyata masyarakat kita masih sangat banyak peduli terhadap sesama,

Setelah kejadian kami menghubungi 110, panggilan darurat POLRI, menerangkan kejadian dan lokasi terjadi kecelakaan, sehingga dikirim ambulans, dan petugas.

(Foto (2) saya ambil setelah kami evakuasi seluruh penumpang)

YANG PERLU DI PERHATIKAN

Jalan tol kali ini sangan nyaman untuk di lewati, karena relatif lancar, tanpa kemacetan.

TAPI BAHAYA mengintai, karena mobil dipacu kecepatan tinggi, apalagi di atas keceparan maximal yang di ijinkan, yaitu…PECAH BAN.

Jalan toll saat kejadian berupa BETON, yang cenderung membuat ban lebih panas, karena permukaan jalan lebih kasar daripada aspal.

Pengelola jalan tol sudah memberikan batas MAX KECEPATAN 100 KM/JAM.
Harap di patuhi, meskipun lengang, tapi jangan membuat anda terlena

Beberapa tips :

1. Selalu cek kondisi tekanan angin ban, jangan sepelekan, kalau terlalu keras, pada saat panas udara dalam ban akan mengembang, dan resiko MELEDAK.

Jika terlalu kempes, akan memungkintan kan mengalami kelelahan sehingga akan terkoyak. (Ini yg saya alami di AXCR, memacu /memaksa ban saat kempis, akhirnya ban terkoyak)

Tekanan angin di sarankan 30-35psi SAAT KONDISI DINGIN.

Karena pada saat kondisi panas, tekanan akan naik.

2. Selalu perhatikan kondisi fisik ban, ketebalan, masa produksi ban, keretakan ban karena usia terlalu lama dll

JIKA MENGALAMI PECAH BAN

Berusaha jangan panik, jaga arah mobil, jangan membuat gerakan mendadak.

JANGAN LAKUKAN PENGEREMAN MENDADAK!!!

Justru akan menimbulkan resiko terguling, kurangi kec dengan pengereman lembut, perhatikan sekeliling anda, segera menepi.

Semoga postingan ini.bisa bermanfaat,

SELAMAT MUDIK, JAGA KESELAMATAN, SEMOGA SELAMAT SAMPAI TUJUAN.

sumber : fb Kadex Ramayadi (13/06/2018)

***

Semoga informasi diatas sangat berguna bagi brosis yang sedang mudik atau perjalanan jauh agar senantiasa memeriksa atau melakukan inspeksi tekanan angin pada ban serta kondisi fisik ban. Semoga selamat sampai tujuan

Maturnuwun

baca juga ;

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Comment

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. ban bocor di hutan atau pegunungan? cara alternatif darurat ini bisa dicoba gans… – setia1heri.com
  2. Cerita menyeramkan pecah ban mobil dari warganet, bikin ngeri gans….. – setia1heri.com
  3. Ini Bedanya jalur dan lajur di jalan raya - setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..