Tips and trik menghemat kampas kopling pada mobil, terlebih pada posisi tanjakan

Tips and trik menghemat kampas kopling pada mobil, terlebih pada posisi tanjakan. Bagi pemula yang akan bepergian jauh atau mudik memakai mobil maka perlu berhati-hati dengan keberadaan kampas kopling khususnya bagi mobil manual transmision. Bila kampas kopling gosong alias kebakar tentu akan berabe dan membuat perjalanan menjadi tersendat dan terganggu. Nah berikut Tips and trik menghemat kampas kopling pada mobil, terlebih pada posisi tanjakan.

Lewong Dealova, warganet di grup Facebook ‎Motuba Tips and trik menghemat kampas kopling pada mobil pada tanggal 03 Januari 2018.  Monggo disimak…

Tips and trik menghemat kampas kopling pada mobil anda

  1. Injak pedal kopling secara penuh saat pindah gigi.
  2. Melepas pedal kopling secara perlahan dan di imbangi injak pedal gas, agar mobil tidak tersendat dan mengurangi gesekan kampas kopling.
  3. Usahakan kaki tidak menginjak pedal terlalu lama atau menahan saat oper gigi, ini untuk mengurangi gesekan yang berlebihan pada kampas kopling.
  4. Usahakan tidak meletakkan atau menggantungkan kaki diatas pedal kopling (setengah kopling) saat mobil sudah berjalan.
  5. Biasakan menetralkan posisi transmisi dan gunakan rem tangan pada saat kondisi macet, tanjakan dan semacam nya.
  6. Sesuaikan kecepatan kendaraan dengan ketepatan gigi transmisi, jangan sampai kendaraan berjalan lambat pada gigi tinggi atau sebaliknya

Beragam tanggapan terkait tips dan trik diatas khususnya terkait poin ke- 5 saat kondisi macet atau di tanjakan. “Klo pas macet yg ribet, pd saat merayap, klo bkaan kopling full mbil berjalan terlalu cepat, jika diseimbangkan dengan rem, jlnya bsa ndut ndutan, salah stu solusinya yaitu akhirnya main setengah kopling…dan ini rakus kampas ” terang Farouk Imam Arrasyid.

Warganet lain pun mengomentari terkait poin nomor 2. “saya setuju mbah..tp khusus nomer 2, ada jg tipe orang yg putaran mesin ditinggikan dulu, barulah lepas kopling perlahan.. sebagian besar tujuannya biar mesin ga mati, terutama wkt mobil/motor mau jalan dr brenti.. krn blm tau selanya sbrp setengah koplingnya, dan kpn mulai harus imbangi dgn gas. ” tutur AF Haryanto.  Hal ini juga diamini oleh Ahmad Sofiyyudin, “Setuju mbah. Awal2 saya belajar nyetir juga gitu. Gas agak gede dikit baru lepas kopling. Seiring waktu udah paham sela nya lepas kopling pelan2 baru tarik gas dikit tanpa mati 😂😂😂 tapi kalo pake mobil lain pasti ngawali kyk belajaran mbah, cucu masih newbie hahahahahaaaa ” tegasnya.


Dalam kesempatan ini pula diperingatkan bagi yang terbiasa dengan mobil matic untuk waspada bila memakai mobil manual. “Jangan serahkan mobil manual anda ke orang yg sudah biasa bawa mobil matic, tapi baru belajar mobil manual beberapa hari, tapi dengan yakinnya bawa mobil manual ke luar kota, ganti kampas kopling 😂😂 ” tutur Azmi Fadly

Demikianlah mantemans Tips and trik menghemat kampas kopling pada mobil, terlebih pada posisi tanjakan. Dengan jam terbang tinggi tentu skill akan bertambah brosis. Intinya jangan lupa untuk belajar dan waspada ketika berada dijalan raya.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3575 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..