Galang Hendra, Pembalap Yamaha di WorldSSP300 : saya berharap bisa bertarung di urutan depan di setiap putaran

Galang Hendra, Pembalap Yamaha di WorldSSP300 : saya berharap bisa bertarung di urutan depan di setiap putaran. Pembalap 19 tahun asal Jogjakarta ini telah menjadi rider di Kejuaraan Dunia FIM Supersport 300 atau WorldSSP300 pada tahun 2018 bergabung dengan Tim MotoX Racing sebagai bagian dari Yamaha R3 bLU cRU Challenge. Pembalap dengan nomor punggung 55 ini menorehkan prestasi membanggakan ketika AARC AP250 Championship 2017 sebagai wildcard yang mampu di podium pertamax.  Berikut hasil wawancara dengan yamaha-racing.com terkait balapannya menjadi rider penuh pada musim 2018 ini.

Galang Hendra mengakhiri AARC AP250 Championship 2017 di urutan keenam secara keseluruhan, memenangkan satu balapan, dan menyelesaikan dua wildcard di WorldSSP300 Championship. Dia bertahan di sepuluh besar selama balapan di Portimao sebelum dia dipaksa untuk menyelesaikan balapan karena masalah teknis, sebelum kembali untuk balapan terakhir di Jerez dan meraih kemenangan sensasional. Pada 2018 ia kembali untuk balapan satu musim penuh pertamanya di Eropa untuk menuntaskan kelas WorldSSP300 sebagai bagian dari Yamaha R3 bLU cRU Challenge:

Galang, Anda baru saja diperkenalkan tim Anda dan Anda sekarang mempersiapkan musim pertama Anda di WorldSSP300 Championship, betapa antusias Anda?

“Saya sangat senang menjadi bagian dari Keluarga Yamaha dan terlibat dalam Yamaha R3 bLU cRU Challenge! Saya telah berpacu dengan Yamaha Indonesia di Kejuaraan AARC selama beberapa tahun terakhir dan saya tidak sabar untuk melanjutkan karir saya bersama Yamaha di panggung dunia. Sejujurnya, sulit untuk mengatakan dengan kata-kata betapa senangnya saya memiliki kesempatan ini untuk naik di WorldSSP300 Championship satu musim penuh dan saya tidak dapat menggambarkan ucapan berterima kasih kepada Yamaha untuk kesempatan itu.”

Tahun lalu, Anda menjadi berita utama sebagai wildcard di Jerez dengan menjadi pembalap Indonesia pertama yang memenangkan perlombaan Kejuaraan Dunia, apa artinya bagi Anda?

“Ini adalah perasaan yang luar biasa untuk memenangkan balapan. Saya benar-benar dibawa kembali kepada betapa besar cerita itu terjadi, terutama di Indonesia!  Sejujurnya, saya tidak menyangka hal itu. Sekarang semua orang tampaknya tahu nama saya, ini hebat, karena ini menginspirasi saya untuk meningkatkan diri setiap hari sehingga saya dapat mencapai potensi terbaik saya. Respons semacam ini hanya membuat saya ingin menang lagi! “

Apa reaksi di Indonesia atas kemenangan Anda?

“Sungguh luar biasa! Semua orang sangat senang atas kesuksesan saya dan bersemangat tentang apa yang dapat saya lakukan tahun ini. Bagi saya pribadi, untuk kembali ke Indonesia sebagai pemenang perlombaan World Championship adalah hal yang sangat luar biasa, dan setibanya di rumah seluruh keluarga dan semua Staff Yamaha menjemput di bandara untuk merayakan kemenanganku! “

Anda datang untuk wildcard pertama Anda di Portimao musim lalu, karena belum pernah ke Eropa dan juga tidak pernah membalap Yamaha R3 sebelumnya, seberapa sulit untuk menyesuaikan?

“Ya, saya belum pernah ke Eropa sebelum saya pergi ke Portimao dan belum pernah naik Yamaha R3. Saya mengendarai Yamaha YZF-R25 di AARC, jadi meskipun cukup mirip, motor ini masih berbeda. Untungnya, sebelum Portimao, kami melakukan dua pengujian pada R3 kembali ke rumah untuk mengetahui motor ini dan menemukan pengaturan dasar yang baik untuk saya. Sejujurnya, saya tidak menemukannya terlalu sulit, itu hanya tantangan baru! “

Menurut Anda, apa yang akan jadi tantangan terbesar dalam musim pertama Anda di WorldSSP300?

“Karena ini adalah musim pertama saya bersaing satu musim penuh di WorldSSP300 Championship, tantangan terbesar adalah menyesuaikan dan mempelajari semua trek baru. Terlepas dari Portimao dan Jerez, saya belum pernah ke sirkuit lain, jadi bagian besar dari musim saya akan mencoba dan belajar trek secepat mungkin dalam free practice. Sebagian besar pengendara memiliki pengalaman sebelumnya, jadi ini akan menjadi “curang”, tapi saya menyambut tantangan dan saya bersemangat untuk memulai karena saya ingin mencoba dan mencapai hasil terbaik.”

Bagaimana Anda membandingkan standar WorldSSP300 dengan kejuaraan AP250 AARC Anda berasal?

“R3 sangat mirip dengan R25 yang saya kendarai tahun lalu sehingga tidak ada banyak perbedaan antar motor. Saya pikir tingkat kompetisi lebih tinggi di WorldSSP300 daripada di kelas AP250, yang adalah apa yang Anda harapkan dalam Kejuaraan Dunia. Terlepas dari ini, perbedaan terbesar adalah bahwa peraturan di WorldSSP300 berarti bahwa sepeda motor jauh lebih dekat dalam hal kinerja, yang berarti balapan jauh lebih serupa dan karena itu lebih kompetitif. Saya menemukan hal menarik dan tantangan pada saat yang sama dan itu artinya balapan juga luar biasa untuk ditonton! “

Seberapa penting bagi Indonesia untuk memiliki pengendara di Kejuaraan Dunia?

“Saya pikir jika Anda bertanya kepada siapa pun, setiap negara ingin memiliki perwakilan di Kejuaraan Dunia, karena itu dapat memiliki efek positif pada olahraga di negara itu. Di Indonesia, balap sepeda motor adalah olahraga besar dan diikuti oleh banyak orang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memiliki pembalap di sebanyak mungkin kelas, tidak hanya memberi penggemar sesuatu untuk disemangati tetapi juga untuk menginspirasi generasi berikutnya. Saya benar-benar merasa seperti saya mewakili negara saya ketika Saya berkompetisi dan saya berharap, bahwa jika saya menang, saya bisa menjadi inspirasi bagi orang lain. “


Apakah Anda pikir apakah mungkin bagi Anda untuk memperjuangkan gelar di 2018? Apa artinya bagi Anda untuk menjadi Juara Dunia Indonesia pertama?

“Ya, saya benar-benar percaya kami memiliki kesempatan memenangkan Kejuaraan Dunia tahun ini, bahkan jika itu adalah musim debut saya. Setelah dua wildcard saya tahun lalu, saya merasa berada di posisi yang lebih baik musim ini karena saya harus lebih mengenal beberapa lawan dan beberapa trek. Saya tahu levelnya akan sangat tinggi dan saya tidak berilusi seberapa besar tantangan yang akan terjadi untuk memperjuangkan gelar, tetapi saya benar-benar percaya bahwa kami mampu karena, bersama dengan tim saya, kami telah bekerja sangat keras dan setiap kali saya mengendarai R3 kami melihat peningkatan, ini telah memberi saya kepercayaan diri yang baik menuju musim ini dan, meskipun ada tantangan yang nyata, saya berharap bisa bertarung di urutan depan di setiap putaran. Untuk menjadi Juara Dunia Indonesia pertama, bukan hanya karena saya selalu ingin menang, tetapi karena saya tahu betapa berartinya bagi semua orang di Indonesia. Sejujurnya, itu adalah suatu kehormatan dan saya akan sangat bangga jika itu terjadi, tetapi pertama, kita harus fokus pada balapan pertama musim ini dan sedapat mungkin menjadi awal terbaik! ”

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3575 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..