Kumpulan gambar modifikasi livery “Mangkok” Ayam Jago di dunia otomotif…hehehe

Kumpulan gambar Modifikasi livery “Mangkok” lukisan Ayam Jago di dunia otomotif…hehehe. Bagi mantemans khususnya generasi 90an dan yang pernah kuliner mie ayam, bakso, soto atau makanan berkuah lain tentu tidak asing dengan logo mangkok lukisan Ayam Jago. Mangkok yang putih dimana ditengahnya ada Ayam jago merah dan hitam sedangkan disampingnya ada semacam bunga atau pohon dengan warna hijau. Nah bagaimana bila logo legendaris tersebut nemplok di barang-barang otomotif seperti mobil, motor dan helm. Ya semacam nostalgia jaman-jaman bahuela itu….hehehe. Monggo disimak gans..

Kumpulan gambar modifikasi livery "Mangkok" Ayam Jago di dunia otomotif...heheheSekedar diketahui Mangkuk lukisan Ayam Jago ini awalnya dari China gans dan menyebar hingga Asia Tenggara termasuk Indonesia. Bagi mantemans yang sering lihat kung-fu tentu tidak asing dengan properti mangkuk semacam ini. Khususnya film-film Hong Kong karya Stephen Chow pada tahun 90-an. Kisahnya berawal pada masa Dinasti Ming periode pemerintahan Kaisar Chenghua (1465-1487) yang memesan Cawan dengan gambar dimaksud. Kini Orang Kanton biasa menyebutnya dengan Jigongwan, penduduk di wilayah China bagian utara Gongjiwan, sementara mereka yang berdialek Minnan atau tinggal di China bagian selatan memanggilnya Jijiaowan. Untuk di Indonesia logo Ayam Jago diatas memiliki hak cipta perusahaan dibawah PT Lucky Indah Keramik.

Nah bagaimana nostalgianya bila logo legend Ayam Jago tersebut nemplok di produk-produk lain selain dari mangkok. Penulusuran KHS dibeberapa media mendapatkan bahwa lukisan Ayam Jago yang legen ini menempol di beberapa mobil baik mobil lawas maupun mobil baru. Selain itu juga menempel di motor-motor matic yang beredar di negeri ini. Tak lupa pula ada helm dengan modifikasi livery lukisan Ayam Jago ini.Kumpulan gambar modifikasi livery "Mangkok" Ayam Jago di dunia otomotif...heheheJust Inpoh, sempat terjadi kasus pengadilan terkait dengan hak cipta lukisan Ayam Jago tahun 2017 antara PT. SEMESTA KERAMIKA RAYA (SKR) dengan PT Lucky Indah Keramik. . Dikatakan pelanggaran bila ada sangkut paut dengan Perkakas Kelas 21. Kelas 21: Perkakas rumah tangga atau dapur dan wadah kecil (bukan dari logam mulia atau bukan sepuhan logam mulia); sisir dan bunga karang; sikat (kecuali kuas melukis); bahan-bahan pembuatan sikat; perkakas dan alat untuk membersihkan; kulit besi untuk menggosok; kaca yang belum dikerjakan atau dikerjakan sebagian (kecuali kaca yang digunakan dalam gedung ); barang pecah belah, porselin dan barang-barang tembikar tidak termasuk dalam kelas lain. Kayaknya selain media itu diperbolehkan seperti kaos kaki, jaket, kaos oblong, dll…hehehe

Mungkin brosis ada barang dengan lukisan Ayam Jago dapat dibagikan dimari…hehehe

Makna Lukisan Ayam Jago

Cawan dan mangkuk ayam memiliki makna simbolis. Kata Ji, yang berarti “ayam”, mirip bunyinya dengan kata Jia yang bermakna “rumah”. Gambar tanaman peoni melambangkan kekayaan. Sementara pohon pisang dengan daun lebar bermakna keberuntungan untuk keluarga.

Kaisar-kaisar China begitu menyukai cawan ayam jago tersebut. Di antaranya ada Kaisar Wanli (memerintah tahun 1572-1620)dan Kaisar Kangxi (memerintah tahun 1661-1722) dari Dinasti Qing. Saking menyukai cawan tersebut, mereka berani mematok harga mahal untuk gambar ayam jago. Kaisar Qian Long (memerintah tahun 1735-1796), bahkan membuat puisi khusus yang memuja mangkuk ayam jago itu pada 1776.

Pada masa Dinasti Qing, mangkuk ayam jago mulai diproduksi massal. Masyarakat kelas menengah ke bawah di China pada masa itu hanya dapat menggunakan mangkuk bergambar ayam. Sebab, mangkuk-mangkuk bergambar naga, phoenix dan motif lainnya, lebih mahal harganya.

Dalam perkembangan selanjutnya, bagi petani di China, mangkuk ayam jago merupakan lambang kerja keras untuk mendapat kemakmuran. Ini mengingat peran ayam jago yang selalu membangunkan mereka di pagi hari untuk segera bekerja di ladang.

Jadi Mangkuk ayam jago merupakan simbol keberuntungan, kerja keras, dan kemakmuran brosis…hehehe


Maturnuwun

baca juga :

 

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3491 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

Monggo dikomeng gans..