Ini besaran pajak motor Yamaha XMAX di Jawa Timur masbrow

Ini besaran pajak motor Yamaha XMAX di Jawa Timur masbrow. Mungkin ada mantemans di Jawa Timur yang penasaran dengan pajak motor Yamaha XMAX di Jawa Timur. Motor skutik gambot generasi Maxi Yamaha dengan kubikasi 250 cc ini tentu memiliki pajak motor yang berbeda. Penasaran? Yuuk simak besaran pajak motor Yamaha XMAX di Jawa Timur masbrow.KHS mendapatkan inpoh pajak motor Yamaha XMAX ini dari Bro Hendry, salah seorang biker XMAX dari Sidoarjo. Beliau dengan gamblang menjabarkan pajak motor kesayangannya ini. “ Kalau PKBnya saja Rp. 643.500, diluar SWDKLLJ dan biaya pengesahan STNK“ujar Bro Hendry yang mengaku membeli secara off the road dan kemudian mengurus sendiri surat-surat STNK dan BPKB motor.

Mengacu pada PP no 60 tahun 2016 yang berlaku awal Januari 2017, maka setiap pengurusan BPKB dan STNK akan dikenakan biaya pengesahan STNK meskipun pada Pebruari 2018 ini sudah digugat dan dimenangkan oleh warga dari Sumenep,Madura. Namun begitu monggo disimak besaran pajak XMAX di Jawa Timur ini gans…

Dari bukti PKB yang ada maka berikut pajak motor Yamaha XMAX di Jawa Timur :

  • PKB : Rp. 643.500
  • SWDKLLJ : Rp. 35.000
  • Total : Rp. 678.500

Dari komponen diatas maka total Pajak Motor yang akan dibayar pada tahun 2018 ini adalah PKB, SWDKLLJ dan Pengesahan STNK (bila masih berlaku) yakni Rp.643.500 + Rp.35.000 + Rp. 25.000= Rp. 703.500. Dengan catatan tahun depan tidak ada kenaikan pajak kendaraan bermotor di jawa timur….hehehe. Selain itu juga tarif diatas diluar Pajak Progressif yang dikenakan bagi motor-motor diatas 250cc.

Bila melihat besaran nilai 700an ribu diatas maka pajak Yamaha XMAX di Jawa Timur juga beda tipis dengan pajak motor Honda CBR250RR yang sama-sama menggendong mesin 250 cc.

Cara mengurus sendiri STNK dan BPKB

Bro Hendri menceritakan pengalamannya saat mengurus sendiri BPKB dan STNK motor Yamaha XMAX miliknya. “Kebetulan saya beli Xmaxnya off the road jadi saya urus sendiri,,biaya total pengurusan sebesar 5,6 Juta karena skrg ada tambahan biaya 80rb untuk STCK sebelum bayar pendaftaran BPKB baru di bank BRI polresta sebesar 260rb ” ujarnya.

Lebih lanjut beliau memberikan beberapa tahapan dan langkah untuk mengurus sendiri STNK dan BPKB ini.

Ngurusnya sih gampang banget Om,alurnya begini

  • -Bawa berkas lengkap (faktur,,Surat pengantar dari dealer,,kwitansi pembelian,sertifikat nomor identifikasi kendaraan,,foto copy KTP pemilik,,foto copy NPWP pemilik)
  • -Sampai samsat beli formulir cek fisik + foto copy berkas Rp.10rb
  • -cek fisik,,stempel,,legalisir
  • -lanjut ke polres untuk cek berkas-STCK-
  • Bayar pendaftaran BPKB ke BRI-legalisir
  • -Balik ke samsat Bayar BBNKB ++
  • -Cetak STNK + Nopol
  • -BPKB nunggu 2 bulan

KHS pun bertanya kira-kira berapa lama proses mengurus ketika berada di Samsat. “Cuman 2 Jam selesai semua Om” pungkasnya via obrolan di WA.


Mungkin brosis punya pengalaman serupa dalam mengurus sendiri surat-surat motor berupa STNK dan BPKB bisa dibagikan dimari.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3608 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

  1. namun sayangnya tidak semua daerah semudah itu,. ada samsat yang minta FC NPWP dan SIUP dari dealer,. tentunya ini bersifat kredensial dan kabanyakan dealer ennggan mengeluarkan FC NPWP dan SIUP

Monggo dikomeng gans..