Pengalaman dramatis warganet saat mengalami rem kendaraan blong

Pengalaman warganet saat mengalami rem kendaraan blong. Bagi siapapun yang pernah mengalami rem blong baik kendaraan roda empat maupun roda dua adalah sesuatu yang mendebarkan. Sebuah pertaruhan dan pertarungan antara hidup dan mati seakan didepan mata. Tidak sedikit dalam kondisi itu yang panik dan akhirnya malah menambah dramatis. Warganet Wahyu Widodo membagikan pengalamannya menghadapi rem mobil blong di grup facebook ‎Motuba pada hari Jum’at, 23 Pebruari 2018. Monggo disimak gans…

SOS ketika Rem blong

~~~~~~~~~~~~

Simbah apa kabare ? Jika alami rem blong hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik.

Langkah selanjutnya secepat mungkin menurunkan posisi perseneling mobil secara bertahap mulai dari 5,4,3,2 sampai gigi terendah. Terus gunakan rem tangan (parkir) setelah menurunkan gigi. Karena rem tangan dapat menghentikan mobil sampai benar-benar berhenti saat kecepatan sudah rendah.

Pada saat yang bersamaan arahkan mobil ke jalur lambat secara perlahan, lalu berhenti di area yang benar-benar aman dari mobil berkecepatan tinggi di belakang. Pastikan lampu hazard dinyalakan juga gunakan kaca spion untuk memantau kondisi jalur bagian belakang mobil.

Jika kondisinya darurat juga bisa kasih tanda dengan mengeluarkan seutas kain dari jendela dan dilambaikan ditambah bunyikan klakson. Dan jika terpaksa harus menabrak, tabraklah sesuatu yang lunak dan aman guna meminimalkan beban benturan.

Mungkin simbah punya pengalaman berharga untuk diceritakan dimari ?



Postingan diatas memantik diskusi dikalangan anggota grup Motuba dimana sebagian besar membagikan pengalamannya saat mengalami rem blong. “Dulu pernah Mbah remblong pake civic gen 2, udah ngandelin engine break tetep gak mau berhenti alhasil tarik rem tangan dan kabel rem tangan malah putus. Dan alhamdullilah ada lubang jalan Segede gaban akhirnya tak masukin kesitu dan beberapa meter berhenti sehingga gak sampai nyundul angkot, alhasil driveshaft + tierod ambrol ditempat dan karat dibelakang dashboard pada rontok. 😂😂 “ ujar Fahmy Hayashi. M Heda Nurhidayatulloh juga menceritakan hal serupa.”Pernah ngalami akibat angin di tabung tekor. Main persneling ga bisa skep mati. Untungnya ada jalur penyelamat yasudah banting ke arah sana. Pokoknya kalau memang udah ga bisa di mainkan cari lokasi yang memang cukup untuk meredam laju kendaraan (seperti pasir, tanah, dll) seperti yang disebutkan mbah TS “ tuturnya.

Hal serupa pernah dialami oleh Om Puns Aja.”pernah bawa jetmatic , gas gede sendiri, meluncur dg cepat…. direm malah roda dpn ngunci, yg blakang ngeblong…. jadi ? nabrak yg depan …..” terangnya. Sako Butan juga menceritakan pengalamannya mengenai rem blong pada truk. “Nek cucu pas sama pakde cucu mbahh,bawa canter muatan pasir,delalah blong mbah di tol tembalang,padahal pas masuk gerbang tol mau bayar okeoke aja,tp pas mau turunan itu baru kerasa,itu masuk gigi 3 ke 2 bisa,tp 2 ke 1 gk bisa,alhasil cucu keluar jendela sambil triak remblong,alhamdulillah di jalur penyelamat bisa berhenti dgn selamat mbahh “ tuturnya

Ramandha Cipta E juga pernah mengalami rem blong ketika sedang naik sepeda motor. “Saya pernah mbah naik motor matik rem ngeblong gegara panas sehabis melewatin turunan curam, atntisipasi nabrakin ke tebing mbah daripada nyemplung jurang 😁 “ ceritanya. Sementara Hafidh Ristian Bryantama juga menceritakan hal serupa.”Gejil pengalaman naik motor kopling gak ada disk depan, kampas rem blkg abis, otomatis main kopling sama nurunin gigi doang, kalo matic? Auto turun kaki mbah wkwkw “ candanya.


Terdapat warganet yang mempertanyakan tutorial diatas dalam keadaan kepanikan. “Masalahnya ketauan remnya blong kan saat kita injak rem karena ada sesuatu didepan entah turunan atau ada kejadian mendadak,dan waktunya itu cuma beberapa detik bahkan seperkian detik,,apakah sempat mbah melakukan hal yg disebutkan diatas? “ tanya Ardhian Dwi Kurnia. Araya Shine menjelaskan mengenai pentingnya jaga jarak dan jangan panik.”maka dari itu mbah, ttap jaga jarak aman berkendara, dan paling utama jangan panik…gejil juga pernah ngalami, maklum gejil cuma bisa ngrawat motuba, alhamdulillah oper gigi rendah + handrem bisa berhenti “ tegasnya. Ardhian Dwi Kurnia turut menimpali sekali lagi. “Solusi pertama sebenarnya menghindar dari kemungkinan menabrak,banting stir,,kalo sudah lolos baru tindakan menghentikan kendaraan “ pungkasnya.

Well, berbicara rem blong memang urusan hidup dan mati sehingga kadang ada keajaiban-keajaiban yang bisa menyelamatkan atau sebaliknya. Namun begitu kita tetap berikhtiar untuk meminimalisir kerugian atau kefatalan yang diakibatkan. Manusia hanya bisa berikhtiar dan Tuhanlah yang menentukan jalan takdir.

Maturnuwun

Baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3637 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

8 Comments

  1. Sy pernah bawa dump truck tronton lg di dlm pabrik , pipa hidroliknya bocor , rem diinjek mbagel (sgt keras) stir ngga kuat diputer, akhirnya nylonong k limbah besi cor yg masih sgt panas dan sebagian masih membara. Oli menetes dari bak oli yg bocor setelah menghantam limbah yg sdh mengeras lalu muncullah api.Beruntung di dekat tkp ada hydrant…

  2. Alhamdulillah selamat….untungnya pake sepatu safety yg tahan panas sehingga saat turun dr kabin ngga ada masalah, kemudian truk ditarik paksa pake exavator.

  3. rem belakang tromol kadang lbih baik drpd cakram, motor msh ngeloyor memang tp kecepatan pst berkurang (klo pk ori), klo tromol kw ya bisa apes jg…

Monggo dikomeng gans..