Review aki mobil merk Incoe tipe 46B24R (NS60) di Daihatsu Taruna….tahan 5 tahun gans….

Review aki mobil merk Incoe tipe 46B24R (NS60) di Daihatsu Taruna….tahan 5 tahun gans…. Ini pengalaman KHS dengan aki mobil merk Incoe dari Astra Otoparts yang nemplok di Daihatsu Taruna alias Mbah Tarno (MT-03). Ternyata aki mobil tipe 46B24R (NS60) ini bertahan hingga hampir 5 tahun gans. Ternyata bandel juga yah…

Sekedar info KHS meminang Mbah Tarno akhir Desember 2014 di sebuah showroom mobil di Surabaya. Kemarin hari Sabtu, 3 Pebruari 2018 mbah Tarno meminta jajan ganti aki. KHS pun pemasaran dengan masa durability aki yang nemplok didalamnya. Maklum sepanjang 4 tahun makai KHS belum pernah ganti aki.

Ceritanya awal Pebruari Mbah Tarno kok sulit di starter dimana hanya muncul bunyi cetek-cetek saja tanpa bisa ngangkat. Beberapa tetangga yang ikut nimbrung menduga ada masalah dengan dinamo starter atau bendik starter. Pagi itu KHS mencoba menyalakan mesin dengan cara didorong bersama tetangga dan hasilnya mesin bisa nyala. Disinilah terdapat diskusi apakah aki yang sudah mulai soak ataukah dinamo starter bermasalah.

KHS pun mencoba mencari tahu lewat Avometer dimana menghasilkan angka 12.13 V ketika posisi mesin mati. Sedangkan ketika mesin nyala terlihat angka 14.27 V. Nah KHS pun berpikir aki masih normal. Sebagai info, MT-03 Ini jarang KHS pakai sehingga lebih banyak di garasi. Biasanya dipanasi mesin 2 hari sekali namun kejadian pas mogok itu sudah masuk 3 hari.

Daripada menduga-duga KHS pun nyambangi bengkel langganan Yono Motor. Pak Yono menegaskan bahwa aki saatnya lembiru karena bisa jadi masa penyimpanan aki sudah mulai soak. Aki bisa ngisi normal namun tidak bisa bertahan lama karena sel sel sudah rapuh dimakan usia. Awalnya KHS menduga aki berusia 4 tahun terhitung sejak beli namun ternyata lebih dari itu. Aki yang diproduksi oleh PT Century Batteries Indonesia ternyata sudah berumur hampir 5 tahun dimana disamping aki tertulis 11 Maret 2013.

Aki dengan tipe 46B24R (NS60) ini bisa dikatakan bandel karena menurut Pak Yono biasanya umur aki paling mentok Cuma 3 tahun bahkan ada yang Cuma 2 tahun. Dalam hal penggunaan aki merk Incoe ini hanya digunakan untuk keperluan standar dan mungkin penambahan remote atau alarm anti maling. Sementara kelistrikan lain masih standar saja gans.

Berhubung harus ganti maka KHS mencoba dengan aki GS Astra dengan tipe 46B24R seperti tipe sebelumnya. KHS tukar tambah di toko Bahama Putra Gresik dimana aki Incoe ini dihargai 100ribu sementara aki GS Astra sendiri harganya 700ribu.

Akankah aki GS ini bertahan seperti Incoe? Waktulah yang akan membuktikan. Mungkin brosis ada pengalaman serupa terkait durability aki bisa dimari.

Maturnuwun

Baca juga:

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

2 Comments

Monggo dikomeng gans..