Jatuh dari sepeda hingga menggores cat mobil parkir dipinggir jalan, anak kecil ini jujur dan bertanggungjawab

Jatuh dari sepeda hingga menggores cat mobil parkir dipinggir jalan, anak kecil ini jujur dan bertanggungjawab meminta maaf kepada si empunya. Kecil-kecil pemberani, jujur dan bertanggung jawab ketika melakukan sebuah kesalahan. Cerita inspiratif dari anak putra pertama alias sulung dari Condri Fadilaturrohmah. Beliau membagikan pengalaman membimbing anaknya yang jatuh dari sepeda namun tak sengaja menggores cat mobil parkir pinggir jalan. Dia mengajarkan meminta maaf dan bertanggungjawab terhadap si empunya mobil langsung namun berhubung orangnya tidak ada maka cukup memo ditempel dimobil saja sambil meninggalkan nomor yang bisa dihubungi. Monggo disimak gans…

Kisah inspiratif ini diunggah oleh akun Condri Fadilaturrohmah dilaman facebooknya pada hari Sabtu, 06 Januari 2018. Monggo disimak mantemans..

Sore tadi tetiba si sulung nangis minta maaf. Saya tanya kenapa? Rupanya dia jatuh dr sepeda dan secara tidak sengaja menggores mobil yg terparkir di pinggir jalan. Saya tanya, apakah aa’ terluka? Dia bilang tidak. Kemudian saya bilang, kalau zhafran seharusnya bukan minta maaf ke bunda, tapi ke siempunya mobil.

Lalu, saya minta zhafran untuk menemui pemilik mobil dan meminta maaf. Beberapa kali dia bolak balik ke mobil tersebut mencari pemilik mobil, tp ga ketemu. Akhirnya saya sarankan ke zhafran membuat memo.

Dan dengan penuh kesungguhan zhaf mulai menulis dg bahasanya yg sedikit saya perbaiki(tadinya, dia buka dg kalimat “maaf ya bang…” Lalu saya koreksi jadi “pak“). Lalu ditaruhnya memo tsb di kaca mobil pemilik mobil orange yg keliatannya masih baru tsb.

Alhamdulillah… Saya senang karena zhafran kooperarif dan bertanggung jawab. Semoga zhafran akan selalu mengingat, bahwa ketika kita berbuat kesalahan, kita harus berani meminta maaf dan mempertanggungjawabkan kesalahan kita, sengaja atau tidak sengaja…
Good job boy…

*menyayangkan kenapa parkirnya mepet gitu ya… Jadi susah mau lewat . Semoga yg punya mobil ikhlas dan biayanya ga mahal (didempul insya Alloh kinclong lagi) hehe… Sampe sekarang sipemilik belum menghubungi

Dari foto yang ada terlihat sebuah tulisan dari si Zafhran diatas kertas buku sekolah dengan pensil. “Maaf ya pak. mobil bapak tergores saat saya jatuh dari sepedah. ini nomor hp bunda saya : 081383xxxx. Zhafran ” tulisnya dengan huruf abjad.

Aksi pemberani, jujur dan bertanggungjawab anak kecil ini menggugah rasa apresiasi para warganet. “Masya Alloh Zhafran luar biasa berani mengakui kesalahan. Semoga kelak tumbuh dg jiwa ksatria ya, makin solih ya zhafran….” ujar Sisca. Kang Fauzi Cassanova juga turut menimpali, “Barakallah mba, good de zhafran semoga jadi anak sholeh ” terangnya. 

Warganet lain mencoba membesarkan hati si anak dimana kemungkinan si empunya tidak akan murah dimana justru memberikan apresiasi. “Yg punya mobil pasti gk akan marah malah sebaliknya akan menyanjung anak ya karena udah berani minta maaf…jarang sekali teh anak kecil klu salah pasti kabur udah takut duluan ” terang Rahayu Risma. Nuri Wulan juga mengomentari dengan hal serupa,”Ga papa,, pasti di maafin,, kan yg salah mobilnya,, parkir di jalan, bukan di parkiran garasi rumah sendiri ” ujarnya.

Sementara warganet lain justru menyalahkan parkir mobil yang berada dipinggir jalan. “Harusnya itu mobil parkir di garasi Bu, kalo terpaksa parkir di jalan harus siap resiko lecet. Tapi gpp, good boy de Zhafran ” ujar Zacky AbdullahYudi Permana juga mengusulkan agar tulisan diatas ditambahi,”Kasih tambahan tulisannya. Pak kalo gak punya parkiran mending dijual mobilnya buat beli parkiran ” tuturnya. 

Berapa harga bila memperbaiki cat yang tergores tadi? Beberapa warganet berbagi pengalaman dengan dugaan kira-kira biaya yang dirogoh tersebut. “Itu mah gampang say ngilangin, krn sptnya ga dlm kan ” lukanya” pakai kompen jg bisa ilang bekasnya. Mobil saya sering baret2 ringan dipakai kompon jg ilang. Tp semoga aja bapak itu pakai asuransi All risk ya, jd ga mahal biasanya 300rb. Atau mau di ” obatin ” diketok magic biar lbh murah lagi..
Good job boy n mommy nya ” ujar Widyawati Darisman. Sementara warganet lain Muhammad Gun El-Sakha juga menegaskan hal serupa,”Itu sih murah kalau cuma gores secuil gitu…Kebetulan saya juga nge’Cat. Coba kalau satu kota, mungkin sy bisa bantu. :-D. Alhamdulillah anak yang baik ” pungkasnya.

Hingga tulisan ini diketik belum diketahui berapa umur Zafhran namun KHS menduga umurnya mungkin kelas 1 atau 2 SD kalau melihat tulisannya. Namun si anak sholeh ini telah mengajarkan sebuah nilai kejujuran, keberanian dan tanggung jawab ketika melakukan sebuah kesalahan. Di tengah kejadian tabrak lari tentu aksi anak ini menjadi tamparan bagi orang dewasa yang tak bertanggung jawab tersebut.

Moga jadi anak yang sholeh ya anak…


Maturnuwun

baca juga :

 

 

 

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3569 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

Monggo dikomeng gans..