Tips dan Trik alterantif nge-charge (stroom) aki cepat dengan Travo Las Portable

ktm indonesia

Tips dan Trik alterantif nge-charge (stroom) aki cepat dengan Travo Las Portable. Bila kondisi normal mungkin nge-charge alias stroom aki bisa ditempat tukang stroom aki. Namun dalam kondisi darurat cara ini dapat dipertimbangkan untuk dipakai brosis dengan memanfaatkan Travo Las Portable. Warganet Haeril Anwar membagikan pengalamannya digrup facebook ‎Motuba mengenai tutorial Tips dan Trik alterantif nge-charge (stroom) aki cepat dengan Travo Las Portable ini. Monggo disimak brosis…

Warganet Haeril Anwar mengunggah pengalamannya di grup Facebook  ‎Motuba pada tanggal 28 Desember 2017.

#Tips recharge batrai selain menggunakan charher laptop

Asaalamualaikum mbah…pernah nggak tiba2 aki tekor saat mau manasin mobil atau setelah parkir? jawabannya pasti pernah ya kaaannnn. mau dijumper nggak ada aki lainnya..mau ngecharge, pasti lama dan sudah sulit ditemukan tukang charge aki saat ini,

Nah kali ini cucu bagi tips darurat saat aki tekor, jangan panik, apalagi buru2 minum obat sakit kepala sampe pake sweater😁😁.. jangan mbah,,coba mbah inget2 diseputran rumah mbah ada nggak bengkel las???? nah kalo ada, bawa aki yang tekor itu,minta di charge pake travo las portable mbah..


Ini udah sering saya lakukan dan tidak ada efek samping terhadap aki, pengisian lebih cepat, tidak makan waktu tentunya, caranya sebagai berikut :

  1. Putar dulu tombol pengatur tegangan di travo las sampe angka nol (0)
  2. Hubungkan kabel positif travo ke positif aki begitu juga negatifnya
  3. Hidupkan travo, biarkan men-charge sampe baterai terisi strum, untuk aki mobil 40,50,60,70 amper hanya butuh waktu 15~20menit, untuk aki motor cukup 10~15mnit, bisa untuk batrai basah maupun kering,

note# ini hanya bersifat darurat, walau belom saya temukan efek sampingnya,sebaiknya jangan keseringan ngecharge pake travo las.

Aki dalam fhoto ini dipake buat strum ikan yang otomatis harus berulangkali dicharge, dan sampai sekarang udah mau 1 tahun aki masih bagus,.tidak semua bengkel las mau melayani trik ini dg alasan takut meledak, tapi saya pastikan insya alloh tidak apa2 dan aman berdasarkan pengalaman cucu, kalo bengkel lasnya masih nolak juga. ya itu tinggal terserah mbah2 aja gimana solusinya,namun saya titip pesan sama bengkel yang nolak ngecharhe pake travo las,suruh main ke bengkel saya biar saya ajarin😂😂😂😂gratis tisssss..maaih dikasih kopi plus snack(kalo kbtilan ada snack)semoga bermanfaat, good night wassalam

Beberapa warganet menyatakan bahwa cara tersebut cukup berbahaya. “YO Memang ISO… TAPI BAHAYA AKI BISA MELEDAK kalau ga hati2 / aki jadi ga awet. ” ujar Djangan Wayoe. Hal ini juga diamini oleh warganet Iwan Setyo, “Ati ati mbah bahaya. Tegangan mesin las 20-80 VDC sedangkan tegangan aki rata rata 12 V. Arus yang mengalir juga sangat tinggi. Apabila bener bener kepepet mending pake trafo tambah dioda/kiprok aja sudah cukup. ” terangnya. Pernyataan ini langsung ditanggapi oleh Haeril Anwar.” Alhamdulillah sejauh ini aman trkendali mbah,kan ada setelan ampernya mbah..makanya dibuat di 0 ” jawabnya.

Mbah Djangan Wayoe juga menambahkan keterangan mengenai cara darurat ini. “Dirumah ada trafo gede dulu sering nolong truk/bis yang macet depan rumah, bisa digedein AMPEREnya tapi buka semua baut aki, sama direndem di ember kasi air. tapi baunya air aki yang menguap bakal ampun2an…. , satu jam apa setengah jam juga selesai. ” tuturnya. Djangan Wayoe melanjutnya keterangannya,”paling bener ambil paling kecil, masuknya lama .. tapi aki awet, misal 12A diisi 1A maka butuh 12 jam. ” pungkasnya.

Wargent Muchammad Kayyis Mabruri bertanya mengenai gambar diatas ketika membuat alat strum ikan.”Kalo pake inverter gt buat nyetrum aki disetel berapa mbah ampere ?ato cukup di angka 0 saja saat pengisian ? ” tanyanya.  Pertanyaan ini langsung dijawab oleh Haeril Anwar,”0 aja mbah..maksimal klo mau di cepetin ya 0,5 “ jawabnya.

Well, KHS sendiri jujur tidak paham sekali mengenai elektronik semacam ini namun dalam kondisi darurat tidak ada salahnya untuk dicoba. Mungkin ada brosis yang punya pengalaman bisa dibagikan dimari.

Maturnuwun

baca juga :

 

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3703 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

5 Comments

  1. Las mma output bisa 26 volt, sedangkan aki mobil 12 volt, apa gak meledak masbro ? Ikutan belajar ya, barangkali bisa menambah wawasan dalam kondisi darurat. Thanks

  2. pengalaman ngecas dengan mesin las ini pada aki GTZ5S aman aman saja. selama pengisian memang cukup cepat, dalam waktu 5-10 menit saja aki sdh panas sekali. tegangan saya ukur juga aman, +/- 13 – 14 volt.
    tapi ketika saya coba pada aki Yuasa dengan type yg sama saat dicas (mesin nyala) voltase nya kok jadi 24volt yaaa…? kalo mesin dimatikan kembali menjadi 13volt.
    akhirnya buru buru saya matikan,,, takut meledak.

Monggo dikomeng gans..