Njajal numpak motor trail Honda CRF150L di lautan Pasir Bromo tahun 2017

Njajal numpak motor trail Honda CRF150L di lautan Pasir Bromo Tahun 2017. Trail Honda CRF150L sedang naik daun dikalangan penyuka off road atau trabaser. Hasil bincang-bincang dengan pak Dendy Sean selaku Marketing Director PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM saat even Honda Dream Cup 2017 beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa yang inden dan distribusi konsumen sudah mencapai angka 700 unit di Jawa Timur sejak sebulan diluncurkan. Nah berikut pengalaman nubi KHS saat njajal numpak trail Honda CRF150L di lautan Pasir Bromo saat launching awal Desember 2017 kemarin. Maaf baru sempat nulis brosis…..xixixi.

Sebelumnya KHS berpostur tinggi 175 cm dan BB 75kg. Ini merupakan pengalaman pertama njajal trail di lautan Pasir. Dulu ketika launching Honda CRF250Rally di Bukit Jedih Bangkalan Madura juga harap harap cemas. Hal serupa juga KHS rasakan ketika njajal numpak trail Honda CRF150L di Bromo ini. Maklum masih perlu adaptasi dengan motor trail brosis…..hehehe.

Minggu (5/12) Siang itu KHS njajal numpak trail Honda CRF150L dengan mencoba percaya diri meskipun sebenarnya masih ada sedikit ketakutan. Ikut antrian dengan lebih dahulu memasang perlengkapan perang seperti sepatu boot, body protektor, gloves, elbow protektor dan helm beserta googlenya. Bagi KHS ini pengalaman pertama pakai sepatu booth trail dan helm pakai google gans…xixixi.

Boot ini KHS rasakan kok kaku ya dimana gak bisa nekuk serta oper gigi jadi gak kerasa.  Yah semua memang perlu adaptasi untuk ngincipi trail Honda CRF150L ini. KHS pun langsung nunggangin honda CRF150L yang memiliki ground clearance 285mm. Agak njinjit sih tapi masih bisa menapak cukup di tanah. Monoshock prolink ini memang amblas tapi gak separah honda CRF250RALLY yang terasa banget. Stang baplang dan riding posisi yang tegak memang khas buat motor trail brosis. 

Putar kunci kontak ke posisi ON terlihat sambutan atraktif di dashboard. Tekan perlahan tombol start terlihat raungan khas  mesin SOHC namun terasa lebih cadas bila dibandingkan dengan Verza atau New Mega pro. Suara standarnya memang biasa saja gak semenendang seperti knalpot after market brosis.  Tapi cukuplah untuk sebuah trail standard.

KHS mencoba dengan pelan memutar gas dimana kerasa tarikan bawah cukup responsif.  KHS pun menggeber pelan-pelan motor trail dengan berat 122 kg ini. Putaran pertama semua peserta mesti mengikuti arahan tim safety riding MPM yakni mas Dimas agar mengerti dan mengenali medan mini sirkuit berpasir ini. Putaran kedua peserta dibebaskan sesuai gaya brosis pokoknya aman dan enjoy.

Motor dengan mesin 4 langkah, 149,15 cc SOHC begitu enak buat sentekan bawah. Data diatas kertas menunjukkan Daya Maksimum : 9,51 kW(12,91 PS)/8.000 rpm dan Torsi Maksimum : 12,43 Nm(1,27 kgf.m)/6.500 rpm). Buat nikung juga stabil serta buat manuver juga mudah. Contohnya crosser nasional Agha Ryansah dan Ananda Rigi juga melakukan atraksi dan manuver. Mulai dari gaspol, wheelie, dan jumping sana sini dengan senang hati. Mereka begitu enjoy dengan motor on off sport ini.

Shock depan USD dan monoshock Pro link begitu enak buat ajrut ajrutan di medan berpasir feat beberapa gundukan ini. KHS hanya bermain cukup dengan gigi 1 atau 2 saja. Dan medan berpasir tidak boleh pelan sehingga speed mesti diatas 40 km/jam. Cukuplah untuk menikmati mini sirkuit di lautan Pasir ini. Stang baplang sangat mendukung ketika dibuat manuver atau miring miring seperti motor trail pada umumnya.

Pengaplikasian rangka semi double cradle cukup rigid sehingga sangat mendukung keseimbangan motor. Ban tahu dengan ukuran bla bla cukup responsif ketika buat manuver dijalanan berpasir ini. Overall motor seharga 32,4 jeti di JawaTimur ini bisa dijadikan pilihan alternatif dikelas motor trail tanah air.

Maturnuwun

Baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5686 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Fun Touring Blogger Vlogger Jawa Timur 2022, menikmati kabut Bromo feat Cangar - Batu - setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..