Apa arti sejati Adventure? mari berkontemplasi brosis…

ktm indonesia

Apa arti sejati Adventure? mari berkontemplasi brosis…Brosis tentu pernah mendengar kata-kata ini yakni “adventure”. Apalagi ketika melihat tayangan di sebuah televisi swasta dengan semboyan My Trip My Advenuture (MTMA). Ada yang memplesetkan dengan plekentur atau apalah dengan istilah Adventure ini. Sebuah tulisan kontemplatif dari Pak Dhe Ija (Riza Amrullah) yang sudah malang melintang di dunia adventure. Dengan judul “Adventure” beliau menulis di grup Facebook Komunitas Motor Box Indonesia (KOMBO) Indonesia. Monggo disimak brosis..

Adventure

Lebih dari satu dekade belakangan ini, kita sering mendengar atau membaca kata adventure. Grup Facebook pun bertumbuhan seperti jamur di musim hujan. Sebenarnya, apa makna adventure? Apakah selalu berkaitan dengan motor?. Hasil pencarian di berbagai web ataupun berbagai kamus elektronik menyatakan hal yang sama. Yaitu: “Melakukan sesuatu kegiatan di luar kebiasaan umum, beresiko tinggi, kadang cenderung menyerempet bahaya.”

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kata adventure sepadan dengan kata petualangan. Contoh adventure adalah: mendaki gunung, menempuh rimba, menyusuri sungai berarus deras, bersepeda lintas propinsi bahkan dunia, bersepatu roda dari Jakarta ke Bandung dan berlayar dari New York ke Bali sendirian dengan perahu kecil. Dalam konteks bersepeda motor adalah, melintasi jalur yang tidak umum.

Seorang jagawana, pekerjaannya adalah mendaki gunung dan menempuh rimba. Seorang penjual bakso bermotor di Bromo, pekerjaannya mengharuskannya melintasi lautan pasir. Kegiatan petualangan yang mereka lakukan erat kaitannya dengan pekerjaan. Outputnya jelas. Jagawana menjaga kelestarian hutan. Tukang bakso mendapatkan uang untuk menafkahi keluarga.


Ketika Farid Gaban dan Ahmad Yunus berkeliling Indonesia selama hampir setahun dengan sepeda motor, seorang Andi F. Noya mengatakan bahwa keduanya melakukan petualangan gila. Tentu saja gila. Melebihi gilanya Bang Toyib yang tak kunjung pulang. Namun, keduanya pun menghasilkan output. Yaitu buku-buku tentang keseharian masyarakat Indonesia di sepanjang lintasan yang dilalui. Belum lagi tentang keindahan alam bawah laut.

Jangan tanyakan soal biaya yang dikeluarkan. Karena memang buanyak biyanget dan tidak masuk akal kita yang menyukai perjalanan murah. Bahkan gratis, kalau bisa.

Kaitannya dengan pekerjaan, mari kita tanyakan kepada diri sendiri. Sebenarnya, apakah hasil atau output dari petualangan bermotor atau motocycle adventure yang kita lakukan? Apakah ada manfaatnya bagi orang lain? Jika hanya demi kepuasan diri sendiri, silakan dicari perumpamaannya.

Namun, akan lebih bermakna jika motor kita dengan segala modifikasinya, menjadi sarana untuk mewujudkan falsafah Urip Iku Urup : hidup haruslah menyala dan memberikan manfaat bagi sebanyak-banyaknya orang lain.***

sumber : Riza Amrullah > ‎Komunitas Motor Box Indonesia (21/12/17)


Well, semoga menjadi inspirasi bagi siapapun yang suka dengan dunia adventure. Titik poin nya adalah manfaat apa yang kita berikan dengan hobi adventure kita untuk orang lain, lingkungan maupun dunia sekitar. Monggo berkontemplasi agar menemukan pencerahan bersama agar ada ‘misi’ dalam setiap adventure kita. Amiin

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3704 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..