Pakai plat nopol motor dari stiker kena tilang brosis..

tilat plat nomer alias TNKB dari bahan stiker di jakarta

Pakai plat nopol motor dari stiker kena tilang brosis..Bagi mantemans yang suka modif plat nopol alias TNKB dari bahan stiker harap waspda dan hati-hati bila melintas di jalan raya dan kebetulan ada polisi razia. Modif plat nopol baik dari sisi bentuk maupun bahan itoe menyalahi aturan ya. Jadi siap-siap saja kena tilang kalau pas apes…xixixiix.

Sebagaimana diunggah oleh akun Facebook TMC Polda Metro Jaya pada hari kamis,14 Desember 2017. “#Polri lakukan penindakan terhadap Pemotor yang memasang #TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) tidak sesuai dengan ketentuan. ” ujar akun tersebut. Dari foto yang ada terlihat pengendara motor Yamaha NMAX ini memakai plat nopol alias TNKB berbahan stiker. Niatnya mungkin bagus dan lebih terlihat namun ternyata hal tersebut tetap melanggar aturan.

Mengacu pada Undang-Undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 68 menjelaskan bahwa kendaraan bermotor wajib menggunakan TNKB yang memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan. Bila tidak sesuai maka akan kena denda sebagaimana  Pasal 280, yaitu denda paling banyak 500.000 atau kurungan dua bulan.

Mengutip pemberitaan otomotif.kompas.com (11/10/2017), Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto menjelaskan 7 point ketentuan penggunaan TNKB yang tidak sesuai dengan aturan.

  1. TNKB yang hurufnya diatur, angka diubah supaya terbaca,/angka diarahkan ke belakang sehingga terbaca nama.
  2. TNKB yang hurufnya diubah seperti huruf digital.
  3. TNKB ditempel stiker/logo/lambang kesatuan/instansi yang terbuat dari plastik/logam/kuningan pada kendaraan pribadi, seolah-olah pejabat.
  4. TNKB yang menggunakan huruf miring dan huruf timbul.
  5. TNKB yang dibuat di luar ukuran (terlalu besar/terlalu kecil).
  6. TNKB diubah warna/doff dan ditutup mika sehingga warna berubah.
  7. TNKB yang huruf angkanya sebagian ditebalkan dan sebagian dihapus dengan cat piloks sehingga nomor asli tersamar warna catnya, sulit untuk dibaca.

Nah bagi brosis yang memodifikasi plat nopolnya harap waspada saja ya. Siapa tahu ketika lagi apes kena tilang deh…hehehe

Maturnuwun

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5684 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Trackback / Pingback

  1. Plat nopol ditaruh punggung biker, bisa kena tilangkah? – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..