Tips bagi mobil saat terjebak banjir dari Offroader nasional Julian Johan

Tips bagi mobil saat terjebak banjir dari Offroader nasional Julian Johan. Bagi brosis penunggang roda empat alias mobil, jangan panik ketika terjebak banjir/genangan/kubangan air. Bagi beberapa orang menerjang banjir itu pasti ngeri-ngeri sedap karena kwatir mogok kendaraanya. Nah biar sukses melibas banjir mari kita simak tips dari Offroader nasional Julian Johan berikut ini.

*Tips* 💡 _Bagi anda yang terjebak di lokasi banjir…_

Offroader nasional Julian Johan punya beberapa tips untuk anda. 😘

  1. Nyetir di tempat banjir gak perlu ngebut. Kenapa? Untuk ngehindarin cipratan berlebih diruangan mesin yang berpotensi bikin mogok.
  2. Nerjang banjir paling aman pakai gigi 1 (mobil matic pindah ke L atau 1). Karena beban mobil lebih berat waktu nerjang banjir.
  3. Gak perlu resah urusan knalpot kemasukkan air. Kenapa? Karena knalpot gak akan bisa kemasukkan air selama mesin tetap nyala.
  4. Ketimbang knalpot, yang harus diperhatikan justru filter udara di ruang mesin. Bagian ini lebih rentan bikin mogok di banjir.
  5. Karena filter udara yang kemasukkan air (cipratan dari menerjang banjir) bisa bikin mogok. Maka dari itu perlahan saat melintas.
  6. Jika memungkinkan, hindari berhenti ditengah banjir. Karena saat mobil berhenti, permukaan air akan naik di ruang mesin.
  7. Pada dasarnya, mobil bermesin diesel lebih aman nerjang banjir dibanding mesin bensin. Diesel lebih bersifat ‘Waterproof’.
  8. Kenapa gak boleh terlalu di gas waktu lewat banjir? Karena filter udara semakin kuat nyedot udara. Makin berpotensi ngisep air.
  9. Selalu siaga dan cermat. Tanpa disadari, yang bikin mobil kita mogok justru terjangan ombak air berlebih dari mobil sebelah.
  10. Setelah melewati genangan, jangan langsung mengebut. Cukup berbahaya karena kondisi rem kita masih sangat licin.
  11. Cara mengeringkan rem setelah melewati genangan? Cukup lakukan rem kecil berulang hingga terasa menggigit kembali.
  12. Untuk mobil manual, usahakan menghindari menginjak kopling saat berada di genangan banjir. Mengapa?
  13. Menginjak kopling di genangan banjir membuat air masuk ke transmisi. Berpotensi merusak transmisi karena oli bercampur air.
  14. Jika belum familiar dengan jalan yang dilewati. Usahakan jangan melintas pinggir jalan. Mungkin saja ada selokan.
  15. *Mohon maaf Nambahin*; kalo mobil ngambang terseret arus, buka semua pintu biar mobil tenggelam dan ban dapat traksi maju.
  16. ⛔ Dilarang menggunakan seat belt.
  17. Kaca dibuka untuk jaga2 kalo harus evakuasi keluar mobil.
  18. Yg paling aman; ada banjir segera berhenti sebelumnya. Lebih baik menunggu daripada keseret arus atau kesetrum listrik PLN bocor.

Well, demikianlah mantemans Tips bagi mobil saat terjebak banjir dari Offroader nasional Julian Johan. Semoga bermanfaat dan bisa sukses melibas banjir tanpa mesin mati.

sumber : Aries Muharram > ‎ISUZU PANTHER &1001 PERMASALAHANYA

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5686 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

Be the first to comment

Monggo dikomeng gans..