Kegunaan Overdrive Gear dan Tombol O/D pada Tuas Transmisi serta Indikator O/D Off di Mobil Matic

Kegunaan Overdrive Gear dan Tombol O/D pada Tuas Transmisi serta Indikator O/D Off di Mobil Matic. Sebuah postingan menarik dari mbah Akbar Fitrahadi di grup facebook ‎Motuba pada tanggal 06 November 2017. Beliau mengulas mengenai Kegunaan Overdrive Gear dan Tombol O/D pada Tuas Transmisi serta Indikator O/D Off di Mobil Matic. Berhubung KHS awam mengenai sisi teknis mobil matic maka berikut selengkpanya apa itu overdrive gear dan tombol O/D.

****

 

Info MOTUBA
Sebelum membaca alangkah baiknya melihat gambar-gambar dan caption yang disertakan.

Apa Guna Overdrive Gear dan Tombol O/D pada Tuas Transmisi serta Indikator O/D Off ?
==================================

Pada mobil kita, ada yang dinamakan transmisi otomatis dan transmisi manual.

Manual 5 speed ada 1-2-3-4-5-R
Matic 4 Speed adanya cuman PRN -> D-2-1 atau L
Logika saja… 3 nya kemana… O/D Off lah jawabannya.

Djaman Dahoeloe Kala, pabrikan memberi 1 speed tambahan utk turunkan RPM saat cruising di jalan panjang. Masih ingat Kijang 4 speed dan berikutnya menjadi 5speed? Gigi ke 5 atau terakhir itulah yang dinamakan OverDrive gear. Disingkat menjadi OD. Sehingga, O/D off artinya mematikan gigi tertinggi

Apa guna Tuas D – 2 – 1 pada kendaraan dengan transmisi otomatis?
Dan apa pula itu tombol O/D dan Indikator OD Off pada Instrumen?
Itu adalah gear maksimum yang diperbolehkan oleh ECU atau mekanikal valve pada Transmisi AT.

D = 1-2-3-4
D+OD off indikator menyala pada dasbor = 1-2-3
2 = 1-2
L / 1 = 1
OD Off hanya berfungsi Pada Selector Gear D. Selebihnya tidak berfungsi.

Menjawab pertanyaan yang sering dibahas, mengapa begitu OD off Indikator menyala pada dasbor, tenaga lebih enak dan bisa digunakan untuk menyalip…

Saya akan jelaskan mengapa full gear 4 speed ga bisa lebih kencang drpd hanya gunakan 3 speed (indikato O/D off menyala di dasbor).
Perbandingan gear 1 adalah yg terkasar, maka dari itu dia akan mudah naik tetapi speed pelan. Itu mengapa gear 1 dgunakan untuk menanjak/menurun maksimum.
Naik gear 2 untuk meningkatkan speed kendaraan.
Kemudian naik lagi gear 3.

Mengapa speed bisa naik tetapi rpm tetap sama?
Misal :

1 – 3000rpm – 30kmh
2 – 3000rpm – 60kmh
3 – 3000rpm – 100kmh

Itu karena perbandingan gear makin halus. Itulah mengapa diciptakan transmisi dan perbandingan rasio gigi. Pada gear paling tinggi… 4, 5, atau 6 speed pada manual atau automatik 4/5/6 gigi, biasanya sudah diberikan rasio gigi yang digunakan untuk efisiensi bbm. Ingat, 1 rpm, rotasi per menit, akan membuat seluruh sistem berputar 1 putaran. Contoh :

1 putaran -> intake – kompresi – kombustio/pembakaran – exhaust

Anggap saja 1 putaran menggunakan 1 unit.
Intake 1 unit udara + 1 unit bensin
Lalu piston naik (kompresi meningkat)
Kombustio (busi memercik api) lalu bensin dengan segala macam RON nya akan terbakar
Exhaust hasil ini tadi akan dibuang melalui sistem exhaust yaitu catalytic converter yang lalu dilanjut ke knalpot dan seterusnya menjadi gas buang.

Bila 1rpm menggunakan 1 unit, maka 3000rpm menggunakan 3000unit bbm. Tentunya semua akan menanyakan pertanyaan sejuta umat atas sebuah mobil… Yaitu “Bensin nya 1L berapa KM yaa? Boros gak?…” Dan sebagainya

Bayangkan bila anda konstan 60kmh di tol dengan kondisi :
Gear 1 di 7000rpm

Gear 2 di 4000rpm

Gear 3 di 3000rpm

Gear 4 di 2000rpm

Tentunya anda ingin irit bukan?
Oleh karena itu… Diciptakan lah yang dinamakan sistem overdrive. Penambahan 1 GEAR RATIO dengan TUJUAN Efisiensi.

Itulah mengapa… Penggunaan maksimum yang dirasa enak dan sanggup mengail tenaga maksimum terbatasi pada Gear 3 (OD Off indikator menyala pada dasbor) akan membuat tenaga terasa menyalak dan menghentak tiba-tiba.
Bila ada yang berkata bahwa dengan D mobil hanya bisa masuk 160kmh tetapi bila OD Off indikator menyala pada dasbor jadi bisa 170-190kmh….
Itu karena Gear 4 ditujukan untuk efisiensi, oleh karena itulah mengapa 3speed terasa makin kencang, karena masuk gear 4 rasio giginya terlalu berat untuk dikail tenaganya oleh mobil anda… Lha wong memang tujuannya untuk efisiensi.

Beda cerita bila mengganti mesin dengan 5.0L V8 misalnya pada kendaraan kita tanpa mengganti rasio gigi transmisi, saya yakin gear 4 mau speed mentok juga boleh jadi mudah tercapai.
Itulah mengapa juga, Kalah irit dengan AT 5speed, dan juga CVT yang punya rasio fixed, tetapi lebih variable sehingga dapat menciptakan rentang rasio yang cukup tarikan di kecepatan rendah dan di kecepatan yang lebih tinggi dapat menurun rpm lebih lebih rendah daripada geared conventional AT.

=============================
Semoga dapat memperjelas semuanya… Happy driving, keep safe.

****

Warganet pun menanggapi postingan bergizi tersebut. “OD off berarti gigi tertinggi di matikan. Bila 4speed maka hanya main di gigi 123. Dipakai di jalan yg penuh, ramai, sering berhenti. Katanya lebih hemat bensin dan kopling. Kalau posis gigi 2, 3 atau L, berguna di jalan banyak turunan, ada efek pengereman dengan mesin. Menghemat kanvas rem juga agar rem tidak terbakar pada turunan yg panjang” ujar Enang Komara turut menjelaskan.

Warganet pun curcol mengenai mobil maticnya terkait OD OFF ini. Yudi Bala bertanya, “Punya cucu blm lm ini tdk berfungsi knp ya Mbah..? Tiba2 sj pas mau di gunakan di tol ga berfungsi… Waktu dipencet lampu indikator tetap berfungsi tp dr lampu OD OFF jd on Tp knp gear ratio-nya tdk berfungsi ya Mbah… Krn berasa bgt bedanya kalo kecepatan diatas 80 OD diaktifkan mesin jd LBH halus tp ini tdk…Kira2 penyebab kerusakannya ada dmn ya Mbah? -matursuwun sblmnya..”tanyanya. Hal ini langsung di respon oleh mbah Akbar Fitrahadi, “Mungkin waktunya turun transmisi… Bisa jadi body valve nya kotor… Atau kampasnya habis… atau sealnya getas…” pungkasnya.

sumber : Akbar Fitrahadi > ‎Motuba

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »