Waspadalah, Ban gundul atau ban botak bisa kena tilang mantemans

Waspadalah, Ban gundul atau ban botak bisa kena tilang mantemans.  Bagi brosis yang memiliki ban kendaraan gundul, botak atau ulir yang sudah tipis maka siap-siap saja kena tilang bila apes ada razia. Warganet di Cirebon yang terkenal dengan Kota Tilang mendapatkan pengalaman berharga ketika ketilang karena ban motornya gundul. Faim Achmad mengunggah postingan terkait pengalaman ketilang polsek Lemah Abang Cirebon pada tanggal 27 Agustus 2017 Kemarin. Monggo disimak gans…

Ceritanya Faim Achmad merasa lengkap dengan SIM dan STNK namun kok tetap kena tilang dengan alasan ban botak alias ban gundul. “Kejadiannya kemarin tgl 26 agustus di jalan desa sigong… Saat POLSEK LEMAHABANG kabupaten Cirebon menggelar razia, adek sy ketilang dengan alasan ban roda motor gundul, padahal adek sy memakai helm n surat lengkap..,Mau nanya guys, sebenarnya ban motor gundul masuk KUHP ga sih? Klo iya digambar ini apa termasuk kategori gundul yg pantas ditilang?? “ujar Faim Achmad di laman facebooknya pada 27 Agustus 2017.

Warganet pun menanggapi beragam postingan diatas. Ada yang memihak karena polisi dianggap cari-cari kesalahan terlebih Cirebon yang terkenal dengan sebutan kota tilang diatas. “Iya tuh oknum polsek lemah abang kerap razia dgn Tujuan keuntungan semata. Bukan mengedepankan ketaatan hukum. Low bs kompak masyarakat jgn ngasih duit low ada yg ketilang. Ikuti aja aturan (sidang). Biar mentalnya pd bener jgn aja mengejar target tah. gak musim jaman sekarang brow. Low bisa cabut aja tuh sprin lakalantasnya tuh untuk polsek lemah abang dr pada jadi bumerang. Hingga citra polisi jelek di mata masyarakat. Untungnya tuh yg ketilang gara2 ban gundul bukan selepel. Hadeuuuh..”
terang Gun To.

Warganet lain mengamini komentar diatas. “Di cirebon itu lucu,, kalo pengendara yg langgar marka jalan, lampu merah, ga ditilang tapi hal-hal yg kecil langsung di tilang.. Lebih lucu lagi di Arjawinangun tmen ku waktu SMA pagi” udah nilang motor lah anak SMA pada kena 😅 kapan yeee nilang tuh yg jelas salahnya ngelanggar peraturan lalu lintas, klo hanya karna ban gundul bisa dikasih tau ko toh kalo buat kenyamanan pengendara orang juga bisa maklumin. Jangan dikit” duit apalagi tanggal tua hh.. Malu cirebon dikenalnya kota tilang..” kata Rizky Art

Namun warganet lain mencoba memberikan analisan dan penjelasan terkait dengan kondisi gambar ban botak alias ban gundul diatas. “kalo liat gambar bannya. Emang itu udah kategori gundul. Alur d bagian tengah udah abis.
Ada di undang2 btas minimal ketebalan alur ban” kata warganet Muhammad Nafis Ridhwan. Warganet lain mengamini pendapat tersebut.”Dasar hukumnya ada, pasal 285. Teknis untuk tau ban udah gundul ato belom mesti liat indikator TWI di ban. Kalo ban udah sejajar sama TWI, berarti udah dianggap ban gundul. “jelas Tri Wahyudi.

Sementara aga warganet lain yang melakukan komunikasi dan klarifikasi langsung mengenai tilang ban gudul ini ke Polsek dimaksud. “Kepada para pemirsa yang terhormat, hasil komunikasi dan pengecekan dimako Polsek Lemahabang terdapat tilangan pada tgl 26 Agustus 2017 atasnama Abdul Jamil Desa Luwung Mundu Kab. Cirebon jenis motor Suzuki Satria FU E 3359 NK warna hijau hitam tahun 2013 dan bukan jenis Matic seperti postingan di atas. TKP jalan raya sigong kecamatan lemahabang kab cirebon dengan pasal 285 ayat 1. Demikian hasil konfirmasi yg saya dapat dari mako polsek lemahabang..salam santun ” ujar Panglima Lemahabang.

Ban gundul atau ban botak memang kena tilang

Berbicara ban gundul bagi kendaraan dianggap bahwa kendaraan tersebut tidak layak untuk berada di jalan raya. Hal tersebut melanggar ketentuan Pasal 48 ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU LLAJ”), setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan harus memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. Sementara terkait ban botak diatur teknis pada Pasal 73 PP No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan yang menyatakan bahwa kedalaman alur ban tidak boleh kurang dari 1 millimeter.

Sementara terkait dengan denda dan hukuman mengenai ban gundul diatur dalam Pasal 285 ayat (1) UU LLAJ:

Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Lah kok polisi bisa seenaknya nilang tanpa ada ukuran pasti dimana mungkin hanya memakai perkiraan semata. Ingat, Petugas Kepolisian yang melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor secara insidental dilakukan terhadap pelanggaran yang terlihat secara kasat indera atau tertangkap oleh alat penegakkan hukum secara elektronik (Pasal 14 ayat [3] PP No. 80 Tahun 2012.

Well, Demikianlah masbrow dan mbaksis terkait diskusi ban gundul atau ban botak kena tilang pak polisi ini. Semoga ban yang sudah gundul hendaknya segera dipacul alias diganti ban baru agar keselamatan berkendara dijalan raya bisa terjamin. Kalau ban slick tidak termasuk ban gundul lho yah…hehehe. Semoga pak polisi memahami juga hal ini. 😀

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

3 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »