Suzuki JIMNY reborn 2017, berikut harga dan spesifikasinya

Suzuki JIMNY reborn 2017, berikut harga dan spesifikasinya. Mobil offroad legendaris Suzuki Jimny dihadirkan kembali oleh PT SIS tanggal 12 Agustus 2017 di even GIASS 2017. Suzuki Jimny ini merupakan generasi ketiga dan dihadirkan langsung CBU dari jepang dengan banderol harga Rp. 285.000.000  OTR Jabodetabek. Monggo disimak Suzuki JIMNY reborn 2017, berikut harga dan spesifikasinya.

Sejarah Suzuki JIMNY, Kenangan Melegenda

Generasi pertama SUZUKI JIMNY di Indonesia lahir pada tahun 1979 dengan hadirnya JIMNY LJ-50 4×4, sementara LJ-50 dibuat khusus untuk pasar ekspor, termasuk pasar Indonesia.

Pada tahun 1976, dengan kinerja yang lebih kuat, Suzuki memperkenalkan JIMNY LJ-80 4×4.Dengan kapasitas mesin yang lebih besar berukuran 4 silinder, kendaraan ini bahkan dibuat secara lokal di Indonesia.

JIMNY SJ410 dan SJ413 menunjukkan kekuatan performanya dengan mesin yang berbeda, dari 1.000 cc sampai 1.300 cc dengan variasi dari Jimny Sierra ke Jimny Samurai.

Melanjutkan generasi kedua yang diperkenalkan di Indonesia di tahun 1990, yaitu SUZUKI KATANA 4×4, sampai akhirnya pada tahun 1998 ditutup dengan Caribian.

Suzuki Jimny generasi ketiga

EKSTERIOR
Sebagai mobil offroad, JIMNY tetap dikemas dengan bodi yang ringkas agar tetap lincah ketika melewati berbagai kondisi jalan, bahkan hingga yang ekstrim. Mobil off-road ini menggunakan jarak sumbu roda hanya 2.250 mm dengan panjang keseluruhan bodi mencapai 3.695 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.705 mm. Sementara lebar pijak antar roda disajikan 1.365 mm.

SUZUKI mencoba menghadirkan aksen grille generasi pertama namun lebih modern dan menunjukkan ketangguhan SUV, diapit oleh lampu depan multi reflektor. Ditambah pula dengan fog lamp sehingga menambah maksimal pandangan pengemudi.

JIMNY juga dilengkapi dengan Rail Roof Rack memberikan tampilan lebih kokoh namun juga tetap fungsional untuk menempatkan barang bawaan ekstra.

Bagian belakang JIMNY tampil tangguh sebagai SUV sejati dengan menampilkan ban cadangan tergantung di pintu belakang. Untuk memaksimalkan pandangan ke belakang, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan wiper. Bumper belakang tampil kokoh di dukung barisan lampu yang informatif sehingga mudah terpantau oleh kendaraan dari kejauhan.

JIMNY memiliki rahasia kelincahannya bermain di medan off-road berkat tinggi ground clearance mencapai 190 mm. Bumper depan yang pendek ini membuat JIMNY memiliki approach angle 340, ramp break over angle 310 dan bumper belakang yang juga pendek menyajikan departure angle 460.

Memiliki radius berputar 4,9 meter membuatnya mudah bermanuver ketika harus menghindari medan yang sempit. Sedangkan untuk pijakan ke permukaan jalan, JIMNY mengandalkan ban ukuran 205/70 R15.

Kemampuan JIMNY tak sekadar di dukung dengan bodi yang ringkas, namun paling utama adalah ketangguhan sasis generasi ketiga JIMNY. Designnya yang tetap mempertahankan konstruksi body-frame rigid sehingga lebih fleksibel dan kuat mengakut beban yang berat apalagi menghadapi berbagai guncangan.

Selain itu perangkat suspensi bagian depan dan belakang mengandalkan 3-Link rigid axle. Sistem ini membuat JIMNY lebih kokoh dan lincah melewati kondisi jalanan yang tak rata.

INTERIOR
Melalui dimensi JIMNY yang ringkas, kabin dibuat tetap menyajikan kenyamanan ketika digunakan. Mulai dari kompartemen penempatan barang yang ergonomis bagi penumpang dan pengendara. Kompartemen tersedia berlimpah untuk tempat penyimpanan, mulai dari glove box berlimpah, console box, floor console tray, dengan cup holder, tempat penyimpanan di pintu samping, penumpang belakang juga disiapkan tempat penyimpanan dan juga cup holder.


Kepraktisan berkendara memanfaatkan transmisi otomatis. Tuas mudah dijangkau dan memilih sistem penggerak roda 4WD-L, 4WD atau 2WD bisa melalui tombol di dashboard.

Penyejuk kabin memakai sistem tombol putar. Terdapat juga pilihan sebagai pemanas kabin ketika berada di kawasan pegunungan. JIMNY dilengkapi perangkat audio yang nyaman ketika menemani perjalanan selama berpetualangan.

Masi dalam ruang pengemudi, JIMNY memiliki kombinasi meter cluster antara analog dan digital serta lampu indikator. Lampu indikator ini secara lengkap menunjukkan kesiapan ABS, airbag, temperatur mesin, pengingat pintu hingga sistem penggerak empat rodanya.

JIMNY dapat memuat empat orang dewasa dengan jok pengendara dan penumpang belakang dibalut oleh material fabric yang dilengkapi head rest. Demi keselamatan, jok sudah terdapat sabuk pengaman serta terdapat ISOFIX Child Seat sebagai pengait khusus untuk tempat duduk bayi. Guna mengakomodir muat barang di kabin, jok belakang pun dapat dilipat dengan format 50:50.

MESIN
Keandalan dan ketangguhan SUZUKI JIMNY didukung oleh mesin empat silinder dengan material  alumunium. Sehingga bobot lebih ringan dan berdampak pada efesiensi bahan bakar. Selain itu, Suzuki menjanjikan mesin sangat responsif di berbagai kondisi jalan.

JIMNY ditunjang dengan mesin empat silinder DOHC berkode M13A, memiliki kapasitas 1.328 cc dengan VVT 16 katup. Diameter ruang bakar tepatnya 78 mm dan langkah pistonnya 69,5 mm dengan rasio kompresi 9,5:1. Untuk memberikan performa yang handal, JIMNY menghadirkan 82 PS pada 5.500 rpm, sedangkan torsi 110 Nm pada 4.500 rpm.

FEATURE & SAFETY

Meski JIMNY punya kemampuan bermain di medan off-road, Suzuki tak melupakan bahwa keamanan di permukaan jalan juga menjadi perhatian. JIMNY sudah mengandalkan sistem pengereman Antilock Braking System (ABS). Adapun rem depan menggunakan cakram berventilasi dan belakang memakai drum, leading & trailing.

Keselamatan berkendara lainnya yang juga menjadi peranti standar JIMNY adalah Dual SRS airbag untuk melindungi penumpang dan pengendara.

Selain itu, agar pengemudi benar-benar terlindungi di dalam kabin ketika alami benturan dari depan, JIMNY sudah mengadaptasi Collapsible Stering Column. Batang stir akan patah ke bawah, sehingga meminimalisir pengendara terhimpit oleh lingkar kemudi.

Untuk meredam benturan keras dari samping, JIMNY telah disematkan Side Impact Beam pada bagian pintu samping. Konstruksi Side Impact Beam sendiri terbuat dari batang baja yang tidak menyulitkan penumpang membuka pintu ketika terjadi benturan.

Seperti keunggulan mobil Suzuki lainnya, JIMNY sudah dilengkapi peranti kunci Immobilizer yang memberikan keamanan maksimal ketika parkir dari tangan pencuri. Dengan sistem kunci Immobilizer ini, mobil hanya bisa dihidupkan oleh kunci aslinya.

SUZUKI JIMNY didatangkan secara utuh atau CBU (Completely Built Up) dari Jepang yang ditawarkan dengan harga Rp 285.000.000 untuk tipe A/T dengan harga on the road Jabodetabek. Sedangkan pilihan warnanya ada dua yakni Superior White dan Bluish Black 3.

Well, demikianlah mantemans Suzuki JIMNY reborn 2017, berikut harga dan spesifikasinya. Suzuki Jimny reborn 2017 ini merupakan edisi terbatas dimana hanya diberikan kuota 88 uni namun ternyata yang minat hingga 200an. Terdapat beberapa ubahan Suzuki Jimny untuk pasar Indonesia terutama sektor mesin, warna dan ruang bakar yang menyesuaikan kondisi.

foto :  @suzukiindonesia dan http://www.viva.co.id/otomotif/mobil/

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3532 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Comment

Monggo dikomeng gans..