Kumpulan hasil review Suzuki Ignis tahun 2017 oleh Kaskuser

Kumpulan hasil review Suzuki Ignis oleh Kaskuser tahun 2017

Kumpulan hasil review Suzuki Ignis tahun 2017 oleh Kaskuser.  Pertengahan April 2017 PT SIS memperkenalkan Suzuki Ignis. KHS sendiri telah melihat mobil SUV yang sporty dan stylish ini wira-wiri di seputaran Gresik dan Surabaya. Oleh karena itu tidak salah bila ada yang kepincut memberikan nama Ignis pada seorang anak. Berikut review dari kaskuser yang tergabung dalam Indonesian Ignis Community (IGNITY) di forum kaskus. Cekidot…

Suzuki Ignis dibekali mesin K12M berkapasitas 1.200 cc dengan konfigurasi empat silinder segaris, DOHC, VVT. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 83ps pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pda 4.200 rpm. Terdapat 6 pilihan warna dengan 3 varian yakni GL,GX dan GX AGS . Dibanderol mulai Rp 139,500,000 hingga Rp 169,500,000,-OTR Jakarta.

Review Suzuki Ignis oleh Kaskuser


“Halo agan2 ijin nanya…Yg udah punya atau pernah test drive/nyobain, pengalaman menyetir dan handling nya gimana? terutama untuk transmisinya yang AMT. Pengalaman jelek sama AMT punya smart fortwo kasar banget pindah giginya dan handling ga enak. Kalo ignis ini gimana? Buat parkir dan radius putar bagus? Feedback setirnya gimana? Tertarik beli tp msh ragu..makasih gans” tanya kaskuser Robocol 

Kaskuser ignity mencoba menangggapi pertanyaan diatas dengan menjelaskan secara gamblang seperti dibawah ini.

“Salah satu postingan di group WA ignity, Ags auto mode, biar enak mesti diakalin pas mau naik gigi pijakan gas diangkat biar halus banget. AGS ini buka matic konvensional, tp manual yg dimatikin. Ags manual mode. Buat ane ini ueeenaaak tenaaan ” ujar Ignity mengawali pembicaran.

Secara umum AGS ini jangan disamakan dengan matic konvensional karena memang beda. Ini manual yg dikasih modul kopling otomatis. Jadi perlakuannya juga kayak bawa mobil manual hanya kita ga bejek kopling.

D mode
Untuk perpindahan gigi2 awal 1-2-3 kalau belum terbiasa akan kerasa hentakannya, di gigi 3-4-5 lebih halus hentakannya. Hentakan ini akan jauh signifikan berkurang kalau kita udah lama beradaptasi dan pada saat pindah gigi tuas gas kita lepas dulu sejenak. Hasilnya perpindahan gigi bisa hampir ga terasa sama sekali.

Perpindahan gigi saat kita bejek gasnya slow terjadi pada RPM antara 2000-3000 jadi pada RPM tersebut siap2 aja angkat gas dikit biar perpindahan giginya smooth.

AGS cenderung menaikkan transmisi lebih cepat dari yang seharusnya, membuat pada kecepatan rendah 50an km ignis akan sudah berada pada gigi 5, hal ini membuat mobil serasa kurang bertenaga.

Kick down akan membuat modul AGS memerintahkan mesin bekerja pada RPM lebih tinggi dan kadang membuat transmisi berpindah ke gigi lebih rendah. Misalnya saat di kecepatan 60km dan transmisi di gigi 5 sementara kita mau mendahului, kickdown akan memerintahkan transmisi menurunkan gigi (bisa ke gigi 3 atau 4, tergantung RPM dan gigi saat itu) (raungan mesinnya seksi kata orang2), dan berakselerasi dengan baik.

M mode
Kalau mau merasakan istimewanya transmisi AGS, mulai pelajari M mode ini. Di sini perpindahan gigi kita sendiri yang atur. Kalau pada mode D kita rasa perpindahan gigi terlalu dini, kita bisa atur sendiri di RPM berasa transmisi mau dinaikkan giginya. Jadi secara umum akselerasi mobil lebih smooth dan kalau udah terbiasa akan sangat istimewa perpindahannya.

Di Mode M ini, AGS membantu kita secara otomatis menurunkan gigi saat kita rem dan kecepatan merendah (misalnya saat u-turn atau berbelok), kalau dirasa masih belum cukup rendah tinggal turunkan lagi secara manual.


Izin absen rumah baru  [kaskuser biliadi]

Salam kenal,saya pengguna Ignis gx amt grey posisi denpasar.
Sudah coba rute denpasar-singaraja lewat bedugul.
Rata2 konsumsi bbm 15.7km/lt,pertamax.
Suspensi memang agak keras,tapi masih nyaman.
Recana pasang velg old mazda 2 ring 16″ ban 195/50.
Nanti foto menyusul.
*****
Kaskuser FaCa_Bdg  [28-05-2017 11:12] :
Nyoba duduk sebagai penumpang depan ignis….
Empuk banget…. Luas pula….
Jok belakang juga empuk. Ga nyoba duduk di bag supir soalnya ada bapak2 dan ibunya lg nyoba2 jg. Mereka bilang jg luasRuang kepala masih nyisa 10cm lebih dibanding splash yg nyisa paling 5cm. Efek bentuk atap yg lebih kotak jd ignis lebih luas head roomnya.

Kesan dashboardnya simple. Menurut mata ane kelihatan seperti pendek jarak ke kaca depan macam katana. Tp ruang kaki tetap luas, katana krn mobil mini ruang kaki kecil. Dibandingkan wagon dashboard wagon keq lapang bola 

Di bandung yg laris gx ags dual tone, hitam n putih kt salesnya. Kl gx gl manual bisa ready lebih cepat menurut penuturan sales.

****
Kaskuser kramus [28-05-2017 13:44]:
ikut nimbrung ya agan-agan..baru merapat 1 hari yg lalu ignis di garasi sebagai mobil pertama..lsg tes drive deket-deket rumah (sekitar Rawamangun Jakarta Timur) mantaaaap lah rasanya..
sayang belom dipinjemin plat sama salesnya jadi belom berani jauh2..dan juga monitor head unit nya belom juga ready katanya masih indent..overall puas dan cocok bgt sama design nya luar dalem..sedikit yang kurang menurut mata gw (fitur2..bukan permesinan) :
1. jok belakang yg fiturnya disunat gabisa reclining & maju-mundur..jadi agak tegak posisi duduknya
2. kualitas sound system kurang nampol…calon kena upgrade sih itu
3. tampilan antena yg keliatan agak mengganggu,kayak nongol dikit gitu tapi gak tegak seperti antena umumnya..bisa diganti dgn model sirip hiu kah?
4. rumor yg katanya untuk monitor head unit itu belom bisa diganti di luar suzuki, pastinya sedikit mengecewakan..karena kalo dibandingin sama india yg monitornya begitu, di indo masih terkesan agak murahan tampilan dan feature head unit nya

kurang lebih itu sih yg kasat mata keliatan dan gw rasain..sisanya untuk sensasi berkendara dll memuaskan lah, terlebih ini mobil pertama jadi sebenernya kurang begitu ngerti sensasi berkendara dan permesinan sedetail agan-agan yg udah master bgt buat nyobain macem-macem jenis mobil..

paling kalo ada info buat upgrade Ignis ini jadi lebih oke diinfo aja ya gan..terlebih untuk sound system dan head unit monitor butuh info yg recommended merk2 dan tempat jual / instalasinya..yg dari suzuki sepertinya kurang worthed dgn harga up to 6jt-an kualitas head unitnya masih nanggung gitu CMIIW

oke gitu aja dulu sementara, nanti bakal gw update lagi sejalan dgn gw explore lagi sensasi berkendaranya..tengkyu!!

****
Kaskuser anjun3006 [29-05-2017 23:29]
Salam Kenal Ignity..
Ane udh terima unit ignis dari tanggal 07 Mei 2017. Ane ambil ignis di Suzuki Depok – Margonda..Ignis yg ane ambil warna silky silver metalic..hampir sebulan ane pake ignis ada berapa plus minus sbb :
Plus :
1. Tampang depan ok banget.
2. Fitur berlimpah..
3. Bensin lumayan irit
4. Kabin kedap.
5. Design cluster speedometer keren dan mid paling lengkap dikelasnya..értiga aj kalah..
Minus :
Unit yg diterima quality kontrolnya dari suzuki kurang ok.. baru sadar h + 1 setelah terima unit ada baret yg dalem bgt di mika spedoometernya..udh komplain dan ditanggapi cuma udh hampir sebulan belum ada tindakan nyata utk selesai komplain ane..
Overall diluar komplain di atas, ane puas ambil ignis .
****
Kaskuser duryudana [30-05-2017 08:38]
Setelah sekian lama jadi SR pengen nulis juga..
Salken semua gan ane user GX MT silky silver dapet mobil dari armada grup so far mereka cepet banget ane DP sabtu senin sudah ada nomor rangka sama mesin, selasa sudah siap antar mobilnya tapi ane lebih suka ambil sendiri di hari sabtu berikutnya lumayan bonusnya kf depan sama talang air, obu+emoney.
Buat harga jual ignis apa yang didapat tidak ada yg bisa dikomplain.. ane udah research juga dengan merek tetangga. kelebihannya lumayan banyak yah.. body paling tebel dikelasnya, cat juga lumayan tebel, sparepart juga kayaknya paling murah sama tetangga. klo selera interior sama eksterior ignis sih masuk selera ane. dari sisi pengendaraan emang masih dipegang br*0.
Perasaan build quality sih sama ajah baik yg ane test drive atau yg sampe rumah, memang fit and finish tangan orang india ga serapih tangan orang Indonesia, tapi kadang CBU lebih reliable dibanding CKD pengalaman swift GT sama ST terus grand vitara yg CBU japan. ckd kadang pinter dikurangi2 bahan2nya (no offense) walaupun fit and finishnya lebih baik tapi ntar kaki2 sama dashboard2 bunyi2 duluan. tuh HRV banyak kasus juga.
*****
Kaskuser ignity [30-05-2017 09:26]
Copas review salah satu user Ignis GX AGS di group FB Ignity
Selamat pagiiii….
Mau numpang lewat, unit ignis GX AGS sudah di tangan.AGS ini sangat unik, tidak seperti matic kebanyakan, karena AGS ini di desain manual otomatis.

Banyak yang bilang AGS ini dut dut an….yapp betulllll awal pakai dut dut an karena belum tahu cara pengendalian yang benar.

Saat perpindahan gigi, misal dari gigi 1 mau pindah ke gigi 2, pada rpm 2000 sebaik nya lepas gas sedikit lalu injak gas lagi ( perlakukan AGS sama seperti menggunakan mobil manual, saat suara mesin sudah mulai meraung, pindah gigi beda nya tanpa perlu menginjak kopling )

Awal nya saya juga punya kekhawatiran yang sangat berlebihan, karena belum dapat feel nya saja. Setelah unit datang, saya coba, dan hasil nya fantastis….

Jadiiii…..ga perlu takut ambil ignis type AGS. Dengan harga di bawah 200 jt, ignis memang special, start engine nya halussss sampai ada teman yang bilang seolah naik pesawat 😀😀

#review pribadi

****
Kaskuser 123Go [01-06-2017 17:10]

Setelah sebelumnya test drive yg MT, tadi tes drive yg AMT…kesannya perpindahan 1 ke 2 dan ke 3 terasa banget ada jeda dan agak nyundul.. jalan sebentar tau2 posisi gear sudah di 4 jadinya kalau mau akselerasi malah ngeden dan agak tertahan di gigi yg tinggi, kalau mau fun mending pakai mode Manualnya.. tapi agak ribet harus mentengin layar mid utk tau posisi gear. overall karakter amt ini buat yg biasa manual bisa jadi annoying dan ga nyaman. tapi yg biasa at konvensional ‘jadul’ mungkin bisa maklum.

tadinya saya mau ambil yg amt tapi setelah test drive jadi batal deh… mending nanti aja nunggu cvt nya kalau ada.

satu hal lagi yg bikin down si ignis ini adalah setirnya… feedback hambar sekali dan sangat ringan dan ga balik sendiri setelah belok..agak kagok saat u turn.

terlepas dari kekurangan amt dan setirnya saya kagum dengan peredamannya. suara mesin halus dan dashboard yg rapih.

overall kalau mau ambil si ignis saya rekomen yg manual daripada amt.

****
Kaskuser Mejahijau

Kebetulan ane pakai GX AGS dan punya impresi yg beda beda agan. Sebelumnya ane pernah pakai innova AT, xenia MT dan innova MT

Untuk awal sebelum ane beradaptasi memang kendala yg agan ceritakan betul banget, tp setelah bisa memahami karakter AGS saya bisa bilang transmisi ini unik dan bisa ditaklukkan. Terlebih untuk mode M, di mana kita bisa pake mobil dengan pergantian gigi spt MT tanpa harus nginjak kopling.

Perpindahan gigi pun suka2 kita, artinya gak harus di RPM 2000an seperti di AGS, tanpa harus liat MID karena udah biasa denger raungan mesinnya skrg udah tahu kapan waktu yg tepat naik/turunin gigi.
Overall ane sangat suka mode M di AGS ini.
*****
Kaskuser BoysBe [05-06-2017 11:44]
Salam agan2…pengguna gx mt…mau sharing pengalaman make ignis selama 2 hari keliling2 beli takjil
First impression ketika terima unit drmh…wah kok kecil bgt yah gak kyk pas waktu liat di showroom…tp stelah masuk kedalam…wuih legaa (utk ukurannya)
Utk BQ sebenarnya gak ada masalah…tp gara2 habis nntn salah satu review…jd “mencari2″…n ternyata mmg bener…ada yg ga rapet di handle door… plastik dashboard yg membel kedalem klo ditekan(siapa jg yg mau neken2 dashboard…tp menurut ane sih gak terlalu masalah…secara BQ masih cukup solid n designnya yg retro2 modern gtuh keren bgt…banyak sentuhan detail yg cukup utk dpt di apresiasi…
Sperti 3 stripe yg ada dideket perseneling…padahal klo di dlm ga akan keliatan jg..tp salut buat suzuki for the extra mile…ohya…didekat ac pojok kanan kiri ada jg 3 stripe itu…dan ternyata setelah ane baca buku manual..itu berfungsi sebagai defogger kaca samping……utk audio systemnya…wuihh suaranya termasuk bagus ditambah kabin yg cukup kedap suara…( ane dulu pengguna f*rd f*esta yg audionya jg jempolan…mirip2lah klo dr telinga ane )
Keyless entry sm push to start enginenya…wuiiihh…berasa pake mobil harga diatas 200jt…drlnya keren bgtt…lampu projectornya bisa diatur dr dlm…mesin jg halus…so far dibawa jalan2 keliling komplek cukup reliable…tenaga cukup…hanya mmg handlingnya kurang menurut ane…terlalu enteng dan minim feedback to my taste… terutama pas muter balik…
Tp ane jg kurang paham…kadang2 feedback itu muncul…cmn ane gak tau knp bs bgtu…mungkn musti membiasakan diri dulu…secara baru make 2 hari…cmn ane blm nyoba klo di jalan toll kyk gmn?katanya sih klo kecepatannya diatas 60 stirnya bisa lebih stabil krn karakter eps…
Kesimpulan ane…dengan harga 160jt…sangat worth it dengan fitur2 yg ada baik fitur gimick macam keyless entry…sampai fitur safety macam abs,isofix,airbag…ane cukup puas dgn ignis…mudah2an biaya maintenance gak mahal yah..
*****
Demikianlah mantemans Kumpulan hasil review Suzuki Ignis oleh Kaskuser yang KHS himpun dari trit official Official Lounge Indonesian Ignis Community (IGNITY) di laman kaskus.
Maturnuwun
baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

  1. Nich gan OTR’nya , beserta rincian kredit wilayah Jakarta – Tangerang.

    SUZUKI IGNIS GX M/T Rp. 159.500.000*
    TDP. 24.722.500 Angsuran. 13.208.000 (12x)
    TDP. 25.520.000 Angsuran. 7.274.000 (24x)
    TDP. 26.158.000 Angsuran. 5.392.000 (36x)
    TDP. 27.115.000 Angsuran. 4.473.000 (48x)
    TDP. 27.753.000 Angsuran. 3.959.000 (60x)

    SUZUKI IGNIS GX A/T Rp. 169.500.000*
    TDP. 26.272.500 Angsuran. 14.014.000 (12x)
    TDP. 27.120.000 Angsuran. 7.718.000 (24x)
    TDP. 27.798.000 Angsuran. 5.685.000 (36x)
    TDP. 28.815.000 Angsuran. 4.714.000 (48x)
    TDP. 29.493.000 Angsuran. 4.176.000 (60x)

    More Info :
    PT. Maju Niac Motor
    087771411126

Monggo dikomeng gans..