Restorasi Honda GL 100 lansiran 1995…orikintil gans…xixixixi

Restorasi Honda GL 100 lansiran 1995…orikintil gans…xixixixi. Diantara varian Honda GL series yakni GL Max, GL 100 dan GL Pro yang muncul tahun 1990an ini terdapat seorang warganet yang melakukan restorasi atau bangun ulang. Honda GL K 100 menjadi pilihan bro Sidikh Nurul asal Tasikmalaya ini untuk dilakukan restorasi originisasi meskipun niat awal ingin dimodif Honda CB...heheheh. Monggo disimak gans restorasi orikinthil Honda GL 100 ini…

Ceritanya tahun 2011 bro Sidikh Nurul sedang lewat sebuah showrom mobkas dan tergelitik untuk mencoba restorasi ini motor “Pas lewat depan showroom mokas (lelangan bekas BPR), ko liat ada GL nangkring, iseng tak tanyain, ternyata harga masuk. Yaudah boyong aja… tadinya mau dibikin CB wanabe,,, tapi bgitu dapet bahan joosss… lgsg bikin projek restore…” ujarnya mengawali cerita restorasi Honda GL 100 lansiran 1995 di grup facebook Motuba , 17 Juni 2017.  Infonya mokas GL 100 itu cuma dibungkus dengan mahar 2,8 jeti  saja dalam kondisi apa adanya.

Untungnya Honda GL 100 ini secara keseluruhan masih tergolong original. “Itu juga beruntung dapet bahan bagus, Cat ori, Striping ori, Emblem utuh, Kabel body utuh,Mesin utuh OS O, cuman ganti ring piston dan skir klep sama paking set saja ” ujar pria yang pernah belajar di Politeknik Negeri Bandung ini. Kondisi motor saat itu minus di spakbor depan pake GL pro, halu2 bocor, kunci kontak doll, jok sobek, ban gundul semua, rem gak fungsi, mesin dekil dan bodi kumel

Berhubung motor bekas maka untuk menuju original look perlu diganti beberapa part diatas serta yang lebih penting dibersihkan terlebih dahulu agar terlihat lebih kinclong. “Bersihin mesin seharian dari pagi sampe maghrib cuman dapet sebelah doang ….Sirip mesin penuh dengan lumpur mengerak… Bangunnya juga stengah modiar untuk ukuran anak kuliahan waktu itu… proyek nostalgia buat bapak sih” katanya saat bercerita saat melakukan restorasi

Keseluruhan part memang bukan original dalam artian barang bawaan asli dan awal mula motor namun dipastikan bahwa part yang tertempel replace merupakan asli part Honda. “Gak mungkin, karena barang bawaan udah usang, wkwkwk… buat saya, kalo kendaraan udah ganti parts, ya gak ori… meskipun sama part genuine… hihihi… klo perlu bensin sama olinya masih bawaan pabrik… itu baru orikintil, wakakakak….” tambahnya.

Beberapa part yang tidak origininal diantaranya Ban, Flaser sein, Kunci kontak set, Accu, Mika sein dan TL, Chaincase, Spakbor depan, HL depan, Spion, Bungkus jok, halu2 depan (as shock saja) dan fast moving parts.”Rem depan masih fungsi,,, nyari kampas nya stengah modiar… ” tambahnya.

Dari keseluruhan proses restorasi tersebut yang lumanya susah adalah mengembalikan fungsi rem depan beserta kampas remnya. “Yg susah itu mengembalikan fungsi rem depan (cakram kabel), karena bengkel skrg pada gak bisa benerin itu, untung ada kenalan mekanik tuwir… Hunting kampas rem depan cuman dapet 2 set sekota saya (Tasik) ” tambahnya yang mengaku melakukan restorasi sendiri diakhir pekan habis pulang kuliah di Bandung.

Selain itu juga mencari spakbor depan original yang cukup menyita waktu. “Yg lama juga nyari spakbor depan, sampe pesen ke toko buat pesenin ke surabaya. Karena spakbor depan GL jarang yg nyari, jd susah, klo spakbor depan cb banyak ” ceritanya.

“Sektor mesin cuman ganti ring piston dan packing set, oh iya, sama per kopling pake tiger, biar nampol,,, tenaganya josss… irit, bisa jengat2, cuman ngeri di rem nya, cakram tp pake kabel, gak pakem, malah lebih pakem tormbol blakang ” tambahnya.

Keseluruhan biaya dan beli part untuk proses restorasi ini menurut bro Sidikh sekitar 2 jetian brosis. “Restor abis 2jtan ” ujarnya. Namun sayang karena kondisi maka motor restorasi orikinthil ini mesti dijual ulang pada tahun 2013 dengan harga yang cukup murah yakni 5,1 jeti saja. “Dijual karena kasian bapak, mmg projek buat nostalgi bapak, tapi stelah diamati, kasian juga orang tua mesti ngengkol motor (gak ada eletrik starter) ” pungkasnya. Padahal saat ini motor serupa dibanderol seharga 1 unit motor honda beAt baru di sebuah situs jual beli. 

Demikianlah mantemans cerita bro Sidikh Nurul dalam melakukan restorasi Honda GL K 100 lansiran 1995 yang original look alias orikinthil…xixixi

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

One Comment

Monggo dikomeng gans..

Translate »