Review sekilas knalpot SARP Cobra pada Suzuki GSX R 150

Review sekilas knalpot SARP Cobra pada Suzuki GSX R 150.  Inilah review sekilas menggunakan knalpot atau muffler pada Suzuki GSX R 150 yang dirilis suzuki beberapa waktu lalu. Knalpot yang disebut Full System Exhaust seharga 1,5 jeti ini memang komponen High Performance Product. Nah berikut pengalaman anggota grup facebook Suzuki GSX-R 150 Indonesia.

Hans Pratama Tioparta Simanihuruk > ‎Suzuki GSX-R 150 Indonesia (31/5)

Review singkat Knalpot SARP:
-Performa oke
-Top speed naik 5-7kph
-Akselerasi terasa lebih smooth dan cepat, sering kena limiter di gigi 2 dan 3. Waktu pake knalpot standar hampir gak pernah.

Negatif :
Suaranya kenceng 😅
Agak brebet di RPM 2.000 😟
Kesimpulan : ini knalpot cocoknya buat di sirkuit, haha..


Mengutip rilis dari Suzuki menyebutkan bahwa Full System Exhaust yang merupakan komponen racing ini diklaim mampu menaikkan power sebesar 1,4 HP dan torsi sebesar 0,5 Nm dari standarnya. “Dari performa gak ada keluhan sih. Cuma suaranya yg gede dan agak brebet di rpm bawah ” tambah Hans Pratama.

Warganet lain menanggapi postingan tersebut terkait brebet di putaran bawah. “Smart riding aja mas TS…kl dah pernah naik motor karbu and make knalpot racing apalagi dah pernah make PE28 brebet di 2-3rb rpm mah eces…hihihi ” tegas Joko Prasetyo Subangun-Bantal

“Dari awal pasang.. sampe sdh di buat db killer.. aman gak ada brebet2 nya. Ada cuma di 12 sd 13rb aja hehe ” tutur Tjoeng Soen Kiong Kimkim

” kebetulan saya hari ini juga pasang SARP,.. puas tp suara bagusnya pasti ngajak berantem sama polisi ” ujar Anak Tetangga Sebelah.

Dari beberapa penuturan diatas secara performa tidak ada yang menyangkal knalpot SARP ini namun dirasa suaranya terlalu menggelegar. Tentu hal ini sangat mengkwatirkan ketika diajak riding di jalan raya dan pas ada razia…hehehe. Solusinya tentu memakai db killer untuk menurunkan tensi suara yang galak. “Kena 60rb an aja buat db nya ” ujar Tjoeng Soen Kiong Kimkim yang mengaku membuat db killer dibengkel knalpot pinggir jalan ini.

“(posisi db killer) Dari luar.. dalem nya cuma pipa panjang. Ujung full tutup las. Nah pinggir2 pipanya di bolongin aja kecil2.. luar nya bgt.. bawah sarp di bolongin.. buat pasang buka dl nya.. kencengin pake skrup aja ” terang Tjoeng Soen Kiong Kimkim lagi.

Berapa top speed pakai knalpot SARP ?

Ada warganet yang penasaran dengan topspeed ketika memakai knalpot freeflow ini. “top speed dapet brp om? ” tanya Junior Alferus. Hans pun menjawab mungkin disekitar 150km/jam dimana sebelum ganti berada di kisaran 140 km/jam. “147 om, berat saya 80kg. Itu belom sampe pol rpm nya. Mungkin pol2an di 150 ” terangnya.

Sekedar catatan untuk bermain di topspeed memang tidak hanya knalpot saja yang di otak-atik namun perlu juga setting ulang gear set. “Memang masuk akal, knalpot itu utk menambah power biar akselarasi lbh cepat. Utk top speed mainnya di gear set juga selain power ” pungkas Ciang Ch

Pengalaman warganet lain knalpot

“Sy pake Leovince Cobra brebet pas pertama pasang stelah saya tes geber trs di transmisi 2 dapat 3 kali geber Alhamdulillah setelah itu mau rpm rendah ataupun tinggi g brebet lagi ” ujar Abi Raesagama

Well, itulah mantemans Review sekilas knalpot SARP Cobra pada Suzuki GSX R 150 dimana diketahui bahwa muffler ini cocok buat sirkuit atau kondisi yang bebas hambatan sehingga bisa menggeber maksimal. Sementara suara yang dirasa terlalu kencang untuk ukuran standarnya maka perlu ditambahi db killer agar terhindar dari tilang pak polisi ketika ada razia.

Maturnuwun

sumber : grup fb Suzuki GSX-R 150 Indonesia

baca juga :

Comments

comments

Tentang setia1heri 5687 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Njajal numpak Suzuki GSX R 150 wira-wiri Gresik – Surabaya – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..