Waspada tindak penipuan nomor dengan nomor telepon +62282, +62111, +62252 …

Waspada tindak penipuan nomor dengan nomor telepon +62282, +62111, +62252 … . Terdapat warganet yang mengaku menjadi korban penipuan yang menggunakan 4 digit nomor diatas. Kebetulan korban memakai mobile banking sehingga tabunganya ludes karena penipuan ini. Belum diketahui kebenaran info ini namun tiada salahnya kita waspada agar tidak jadi korban selanjutnya. Monggo disimak kronologis berikut ini yang dishare di facebook Alindo Store ini. 

***

Alindo STORE

Hati-hati kalo ditelepon nomer ini, +62282
Tolong dibaca dan share agar yang lain tahu
Saya copas dari fb teman, dan pernah juga ditelpon sama nomer di atas tapi kebetulan gak diangkat karena gak denger, Alhamdulillaah.

Yukk baca

Ini kejadian baru hari ini tgl.5/1/2017 pukul 17..kronologisnya : “saya terima telpun nomor tak di kenal awalnya yg mengaku dari Indosat. Dia bilang kalau kartu Nomor HP mau di non aktifkan karena tdk mengunakan layanan 4G.


Sekarang semua harus pakai layanan 4G,terus dia suruh saya kirim sms ke 4949 dg ketik “ganti” setelah itu akan terima sms dari Indosat. Nah isi sms itu ada nomor PIN dari Indosat utk penggantian kartu 4G.

Selang waktu 1 menit ada telpun masuk kembali dan mengaku dari Indosat utk bilang mau bantu pengaktifan 4G lalu dia minta nomor PIN yg di-sms dari Indosat. Terus dia minta nomor HP kita yg lain yg dpt dihubungi selain nomor ini, karena nomor Indosat ini akan mati sementara, Sebelum pengaktifan kembali.

Nah Setelah Nomor Indosat kita langsung ngeblank No Signal, begitu no signal terus perasaan nggak enak nih, begitu ditinggal mau mandi tiba-2 terima sms di nomor Simpati isinya passcode untuk login M-banking niaga.

Saya bingung kan nggak ada transaksi kok bisa login ke M-banking Niaga kok ada sms passcode. Lebih nggak nyaman lagi nih perasaan. Akhirnya saya langsung croscek semua rekening saya lewat internet banking dan ternyata benar tabungan saya BCA & MANDIRI udah ludes uangnya. Dan itu orang masih berusaha mau masuk ke M-banking niaga tapi nggak bisa karena passcode terkirimnya ke nomor telepon yg berbeda bukan Indosat.

Semoga bermanfaat,,,,
Membantu/meneruskan saja dari TEMAN yg baru hari ini Kamis tgl 5/1/2017 jam 17 mengalami MUSIBAH dengan Kecanggihan I.T semoga bermanfaat ya teruskan…trimakasih.

ADA BAIKNYA KALIAN WASPADA DAN TOLONG DI SHARE KE SEMUA SAUDARA KITA AGAR TIDAK TERTIPU.!!


Nomor 4 digit tersebut sebenarnya merupakan nomor operator seluler yang menawarkan promo-promo atau program lain namun mungkin bisa jadi ada juga oknum yang ada niatan menipu konsumen. “Teman-teman terlepas dari berita ini hoax atau tidak, setidaknya ini bisa dijadikan pelajaran. Karena nyatanya, penipuan dengan cara dan media apapun semakin marak, dan ada saja korbannya. Sehingga dibutuhkan kewaspadaan. Admin mohon maaf apabila ada yang tidak berkenan dengan post tsb, salam santun semua ” ujar Alindo STORE dilaman facebooknya (30/5).

Beberapa warganet yang mengaku pernah mendapatkan telepon 4 digit diatas. “Aku jg pernah dapat tlp kaya gitu alhamdulilahnya aku gak angkat ternyata penipu makasih mbak infonya  ” ujar Bunda Naya. Selain itu juga ada yang lain Riski Zakiah, “Aku juga sering di telp no itu,diangkat sih,,tapi untung aku nggak punya M banking,jadi aman

Sementara warganet lain menghimbau agar jangan memberitahu kode verifikasi kartu kita kepada orang lain agar tidak terjadi tindak penipuan. “Jangan mudah mengasikan kode verifikasi yg masuk ke nomer hp kita ke orang lain karena penarikan di atm bisa menggunakan no tlp tanpa memasukan kartu atm dengan penarikan menggunakan no tlp..sekalilagi bila anda tiba menerima sms kode jangan perna di kasih ke orang sekalipun itu di minta ” tegas  Herlambang Wicaksono

Warganet lain juga menghimbau agar waspada dan berhati- hati bila ada yang minta nomor PIN. ” Bekali diri kita dengan pengetahuan agar tidak mudah ditipu. Nomor 4949 itu untuk meminta PIN agar kita bisa pakai SIM baru dengan nomor yg lama. Harusnya kita langsung curiga kalo ada yg meminta PIN tersebut, pasti untuk disalah gunakan (dalam hal ini untuk mengalihkan nomor hape kita ke kartu sang penipu, sehingga mereka bisa tau pasword m-banking kita dll). Ingat, petugas bank pun gak pernah minta PIN kita, begitu juga dengan petugas2 pada layanan berbasis akun lainnya. ” tegas  Bias Purbandaru

Sanggahan orang yang kerja di Operator

Menyikapi nomor yang diduga digunakan untuk melakukan penipuan yakni +62282 ternyata ada warganet yang bekerja di Indosat dan mencoba memberikan klarfikasi. “Ah info dari mana tuh? Q sering di telfon no itu ga cuma satu provider aja tapi banyk provider lain kya axis.xl.indosat dll…itu cuma panggilan promo dari operator yg rata2 menawarkan dan menyediakan layanan ganti suara saat telfon..dan juga promo2 lain..” ujar Ryan Black Screamo

“Mf bukanya saya sok tau tapi saya kerja di grapari indosat dan hp saya malah pake kartu axis..jadi saya tau langkah2 krjanya…dan kalo sampe ada tindakan merugikan itu brarti ada oknum tertentu dan bukan dari provider…Kalo ada apa2 masih kurang jelas datang aja ke grapari kami di jkt.rawamangun jl.kincir raya..Sekian dan makasih. ” tambahnya

Well, KHS sendiri juga pernah mendapatkan telepon dari 4 digit diatas. Selama ini telepon yang masuk terkait dengan kabar promo-promo terbaru atau menawarkan upgrade paket. Selama ini pula KHS tidak pernah menghiraukan tawarannya karena memang tidak membutuhkan. Mantemans patut curiga bila 4 nomor digit diatas bertanya nomor PIN verifikasi anda takutnya menjadi korban penipuan.

Semoga mantemans tidak paranoid dengan telepon 4 digit diatas karena itu merupakan telepon operator. Bagi operator telepon mestinya bertindak bila ditemukan penyalahgunaan wewenang oleh oknum yang merugikan konsumen.

Yupz…selalu waspada mantemans…terutama yang suka belanja online dan memakai internet atau mobile banking…

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3639 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

9 Comments

  1. saya pernah, tp dari nomor biasa
    kebetulan pakai kartu halo
    dia minta pin yg dikirim untuk verifikasi katanya kalau tidak mau kena biaya abonemen perbulan 200rb (yg awalnya cuma 50rban)

    setelah cek sms, memang ada. dan ada info lain bahwa pin tsb tdk untuk diberitahukan ke pihak manapun. Baru saya ngeh, rupanya onkum tsb berusaha bobol akun My telkomsel saya. Mungkin mau dipakai beli pulsa dll entahlah. yang jelas bakal merugikan.

    semoga yg lain bisa berhati hati 🙂

  2. Saya baru hari ini dapat TLP dari no 4 dijit (+6224147) tapi ngak saya angkat, karena kebetulan hp nya tinggal di kamar, baru malam ini saya cek hp ternyata ada panggilan masuk, ceper deh saya Googling dan ketemu artikel ini, makasih gan artikel nya berguna banget

Monggo dikomeng gans..