Cara Menghitung Biaya Perjalanan Turing

Begini Cara Menghitung Biaya Perjalanan Turing dengan Motor. Pak De Riza Amrullah membagikan pengalamannya terkait cara menghitung estimasi biaya perjalan turing. Estimasi biaya tersebut diantaranya uang bensin, uang makan dan uang menginap. Namun itu semua bisa di-akali sehingga biaya perjalanan turing semakin hemat. Monggo disimak brosis…

Menghitung Biaya Perjalanan

Perjalanan yang baik adalah yang terencana secara rinci dan disusun secara harian. Untuk itu, sebaiknya jadwal dibuat berdasarkan kapasitas kemampuan fisik pengendara dan motor.

Waktu tempuh harian tidak melebihi dari 10 jam berkendara, termasuk waktu istirahat dengan pola 120/15. Artinya 120 menit atau 2 jam berkendara diselingi waktu istirahat selama kelipatan 15 menit. Istirahat pertama 15 menit. Kedua 30 menit. Ketiga 45 menit dan seterusnya.

Jarak tempuh maksimal adalah 300 km, tergantung faktor hambatan berupa macet, sekolah, pasar dan berbagai kegiatan penduduk di daerah yang dilintasi.

Gunakan Google Maps atau Garmin Mapsource untuk menyusun rute.

Berdasarkan informasi jarak tempuh dari rute, akan didapat angka konsumsi bensin harian. Yaitu jarak keseluruhan dibagi jarak tempuh per liter bensin.

Jumlahkan keseluruhan konsumsi bensin harian, lalu dikalikan dengan harga bensin. Misalkan total jarak tempuh adalah 2000 km. Total konsumsi bensin adalah 50 liter (konsumsi 1 liter 40 km) lalu dikalikan harga bensin premium 6550, maka akan didapat biaya bensin sebesar 327,5 ribu. Bulatkan menjadi 350 ribu.

Jumlahkan keseluruhan biaya makan berdasarkan kebiasaan makan harian. Misalkan setiap hari menghabiskan 60 ribu. Total hari perjalanan adalah 10 hari. Maka akan didapat biaya makan sebesar 600 ribu.

Jumlahkan keseluruhan biaya menginap harian. Misalkan setiap hari memerlukan 100 ribu untuk biaya penginapan. Maka akan didapat biaya penginapan sebesar 1 juta.

Biasakan membeli asuransi kecelakaan setiap kali hendak melakukan perjalanan. Polis seharga 55 ribu akan memberikan jaminan kecelakaan sebesar 3 juta yang berlaku setahun.

Jangan lupa untuk membawa Surat Jalan dari Kepolisian Resort tempat kita berdomisili. Agar perjalanan kita lebih aman. Untuk pembuatan surat ini tidak dipungut biaya, namun, cadangkanlah uang 50 ribu sebagai imbalan bagi petugas Pelayanan Masyarakat

Rincian biaya perjalanan adalah:
– bensin: 350 ribu.
– makan: 600 ribu.
– penginapan: 1000 ribu.
– asuransi: 55 ribu
– surat jalan: 50 ribu

Jumlah keseluruhan: 2055 ribu. Genapkan menjadi 2500 ribu. Selisihnya dapat digunakan sebagai cadangan biaya tak terduga. Menginap di pom bensin atau masjid, akan mengurangi biaya yang signifikan.

Semoga berkenan.***

Tulisan : Riza Amrullah di Komunitas Motor Box Indonesia

KHS sendiri pernah mencoba membuat rencana dan penggunaan dana ketika blakrakan ke Pulau Lombok tahun 2012 silam. Monggo dicek saja yah…hehehe. Intinya bila bekal pas-pasan maka mesti berusaha berhemat disetiap perjalanan…hehehe.

Maturnuwun


baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

2 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »