Tips tanjakan buat mobil tipe FWD/ Penggerak Roda Depan

Inilah tips tanjakan buat mobil tipe FWD/ Penggerak Roda Depan agar tidak selip mantemans.  Seorang kaskuser membagikan pengalaman terkait menghadapi tanjakan dengan menggunakan Mobil tipe sistem penggerak roda depan (FWDFront Wheel Drive). Agan hudsonraves yang tergabung dalam Komunitas Calya Sigra Kaskus membagikan pengalamannya ketika menggeber  Daihatsu Sigra R M/T Silver.  Kuncinya pada tekanan angin pada ban depan dan belakang untuk roda ring 14 ini. Yuuk disimak masbrow dan mbaksis…

Tips biar gak spin/selip ban depan pas lagi nanjak (secara ini kan FWD), usahakan ban depan tekanannya jangan lebih dari 30 psi, dan ban belakang 36psi, Insya Allah grip ban depan di tanjakan bakalan gak selip/spin. Berhubung masih banyak yg ragu2, penjelasannya gini:

  1. Standar tekanan Ban 36 Psi depan belakang di manual itu tujuannya biar empuk saat diisi 7 orang + barang, jadi kalo diisi kurang dari itu, maka bantingan shocknya akan terasa keras (kecuali pelan2), dan saat nanjak, ban depan juga cenderung slip saat kehilangan traksi dengan jalan karena ban tidak elastis di tekanan 36 Psi, sehingga tidak dapat mengikuti kontur jalan;
  2. 30 Psi di depan bertujuan agar ban tidak terlalu keras tekanan anginnya agar ban lebih elastis mencengkram jalan, sehingga grip/cengramannya lebih kuat untuk menghindari spin/slip;
  3. Ban belakang sebaiknya jangan disamakan tekanannya dengan ban depan, buat lebih tinggi untuk mengurangi beban roda depan saat menarik beban belakang, 36Psi sesuai buku manual sudah cukup ukurannya, kalo disamakan dengan ban depan maka akan lebih berat bebannya, sebagai contoh: saat kita menarik/mendorong gerobak dengan ban kempes dan ban keras, mana yang terasa lebih berat?;
  4. Tragedi ban sobek dikarenakan ban terlalu keras makanya saat gasruk ke trotoar, berhubung tekanan bannya keras jadi ban tidak elastis mengikuti objek yang digeseknya sehingga mengakibatkan robek ban.

CMIIW


<

p class=”entry-title”>Tips macet ditanjakan buat yang baru belajar mengendarai mobil bertransmisi MANUAL.

(Hindari main setengah kopling karena akan menyebabkan bau hangus dan kampas kopling cepat habis, selain itu hindari juga fast switch antara rem kaki dan gas karena kalau belum terbiasa maka mobil PASTI akan mundur dulu saat mau maju)

Sebelumnya, karena jarak main kopling Calya/Sigra ini terlalu pendek, dan kalau dari baru ga pernah di setel koplingnya, hal pertama yang harus dilakukan adalah setel/pastikan dulu setelan kabel kopling diputar ke kiri dari arah depan 2-3 putaran (biar ada jarak antara full kopling dan release). Pas nanjak jangan gunakan kopling, kalo tanjakannya curam dan merayap, pastikan gunakan gigi 1, tetep jangan maen kopling pas merayap di tanjakan, gas aja perlahan, mesin ga akan mati kok, kecuali kalo terpaksa stop di tanjakan, caranya:

1. tekan dan tahan kopling barengan sama rem kaki,
2. Terus tarik tuas rem tangan,
3. habis itu rem kaki boleh dilepas (kopling tetap ditahan kecuali gigi sudah di pindah posisi netral),
4. pas yg didepan sudah maju, tahan kopling, masuk perseneling gigi 1 (abaikan jika sudah di posisi gigi 1 / sebelumnya anda tetap menahan kopling dan belum di pindah ke netral), lepas kopling amat sangat perlahan berbarengan dengan tekan pedal gas perlahan2 juga (usahakan jangan sampai mesin mati),
5. pas kerasa mobil sudah mau maju (kerasa narik), lepas/turunkan rem tangan (kopling dilepas perlahan dari setengah sampe terlepas total) dan biarkan mobil melaju dengan kecepatan merayap (gas perlahan, tidak terlalu full, kalo full nanti loncat mobilnya).
6. Ulangi ke step 1 saat keadaan memaksa untuk berhenti di tanjakan.

(NB: lakukan semuanya dengan santai dan under control, jangan terburu-buru, dan JANGAN SAMPAI GUGUP saat kendaraan dibelakang kita mengklakson, anggap aja angin lalu, biarkan yg di belakang nunggu, hehe)

Bisa latihan di tanjakan yg agak curam dan kosong dan dicoba nanjak dan berhenti ditengah tanjakan lalu maju lagi dan berhenti lagi, ulangi sampai mahir (bensin pada saat latihan sampai mahir ga akan abis 50rb kok, hehe…).

***
Demikian mantemans sedikit tips dan trik ketika mengendarai mobil tipe FWD dengan medan jalan tanjakan. Selain itu juga tips ketika mesti menghadapi macet di tanjakan agar terhindar dari koling gosong.
Maturnuwun
baca juga:

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

4 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »