Ingat, Pajak Kendaraan Bermotor tidak naik tetapi biaya penerbitan STNK, BPKB dan TNKB tahun 2017

Kenaikan biaya penerbitan STNK, BPKB dan TNKB tahun 2017 dan pengurusan SIM A,B,C,D tahun 2017 membuat beberapa orang salah paham. Mereka mengira yang naik adalah Pajak Kendaraan Bermotor yang dibayarkan setiap tahun tersebut. Kenaikan biaya penerbitan STNK, BPKB dan TNKB merupakan implikasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Polri yang berlaku efektif per 6 januari 2017. Karena kesalahpahaman ini membuat masyarakat menyerbu samsat terdekat untuk membayarkan pajak kendaraan mereka.

Beberapa informasi yang dihimpun terdapat kepadatan dibeberapa samsat seperti di Kantor Samsat Kota Tasikmalaya di Jalan Ir H Juanda, kemarin (5/1)dimana tidak cukup menampung warga yang membeludak. Hingga Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota AKP Sofyan Efendi turun tangan menjelaskan kesalahpahaman terkait pajak motor dan kenaikan penerbitan STNK, BPKB dan TNKB tahun 2017. Selain itu dibeberapa samsat corner juga dilaporkan terjadi kepadatan karena masyarakat berbondong-bondong membayarkan pajak motor mereka meskipun belum memasuki jatuh tempo. 

Sebelumnya perlu dipahami bahwa Pajak Kendaraan Bermotor merupakan pajak kewenangan daerah dalam hal ini pemerintah provinsi.  Oleh karena itu besaran tarif pajak tersebut ditentukan oleh pemerintah provinsi setempat. Sebagai informasi di Jawa Timur, KHS ketika membayar pajak motor tahun 2016 kemarin tidak mengalami kenaikan namun untuk pajak kendaraan roda empat atau mobil mengalami kenaikan sekitar 5 % .

Nah sekarang tanyakan kepada pemerintah daerah setempat apakah tarif pajak kendaraan bermotor tahun 2017 ini mengalami kenaikan atau tidak sehingga akan lebih jelas. Sedangkan yang mengalami kenaikan adalah biaya buat SIM, STNK, BPKB dan plat nopol kendaraan (TNKB) tahun 2017 yang mengalami kenaikan antara 2-3 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Well, semoga bisa memahami perbedaan Pajak Kendaraan Bermoto dan biaya penerbitan STNK, BPKB dan TNKB tahun 2017.

Maturnuwun

baca juga:

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

3 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »