Advertisements

Beda penampakan disc brake rem ABS dan non ABS pada motor (khusus pemula)

Inilah beda penampakan disc brake rem ABS dan non ABS pada motor ya mantemans. Mungkin ada yang bingung dan belum tahu seperti apa bentuk dan bedanya piringan rem alias disc brake pada motor yang mengaplikasikan antilock brake system (ABS). Sengaja KHS membuat postingan ini bagi pemula atau nubi seperti KHS yang juga pemula didunia permotoran ini…hehehehe. Yuuk disimak beda penampakan disc brake rem ABS dan non ABS pada motor (khusus pemula) ini.

“Malem guys.. yg CBR250RR nya tipe ABS, boleh dong. Sharing poto mtornya masing2 utk disc depannya. Mau tau aja punya agan2 yg kiri apa yg knan disc nya.. gituh.. hehehe. Thanks and piece ✌ ” tanya Rhomy Rhomastry di forum HONDA CBR250RR INDONESIA pada hari rabu, 4 januari 2017. Maklum Honda CBR250RR terdapat 2 versi yakni ABS dan Non ABS masbrow dan mbaksis sehingga biasanya orang awam binung membedakan.

Sebelumnya kita perlu tahu bahwa ABS itu kepanjangan dari antilock brake system yang seringkali dipakai didunia balap motor. Secara sederhana, rem ABS adalah fitur keselamatan yang membuat rem tidak terkunci jika dilakukan pengereman mendadak. Fitur ini sangat berguna, misalnya, di jalanan basah atau pasir.

Jadi pengereman dilakukan secara sempurna dan membuat roda tidak terkunci secara mendadak meski handle ditekan habis sebagaimana rem non ABS pada umumnya yang langsung ngunci.

Nah sistem ABS ini dikendalikan oleh sensor dan dikomputerisasi gans…Sistem kerja rem ABS sendiri memiliki empat komponen yang saling terkait yakni sensor kecepatan, katup pengereman, pompa dan kontroller.

Nah dari gambar diatas dari disc brake tersebut carilah yang ada sensor di piringannya yang berwarna hitam gans. “Orang sih nyebutnya “pulser ring”, sensor magnetic buat ngukur berapa rpm rotasi ban… cmiiw” jelas masbrow Hendri KenRockwell. 

Biasanya rem ABS cocok bagi yang suka speed alias speed freak alias orang yang gila kecepatan meskipun sebenarnya ini juga fitur keamanan yang setiap orang mengharapkan. Dan biasanya pada motor terdapat selisih harga yang lumayan sekitar 3- 5 jeti antara motor ABS dan Non ABS.

Namun begitu terdapat kekurangan juga pada rem ABS ini. “rem tidak pakem di jalan berkerikil, atau kontur jalan tidak rata, atau saat rem basah terkena air. Dalam tiga keadaan ini rem ABS tidak berkerja optimal.” ujar Sutomo Paguci ujarnya di forum internet sebagaimana dilansir otomotif.liputan6.com (05/05/2016).

Well, secara fisik rem ABS itu ada sensor yang biasanya warna hitam melingkar ya gans….sedangkan yang non ABS biasanya bersih alias cuma piringan doang sebagaimana disc brake pada umumnya….hehehe

maturnuwun

baca juga :

—\Contact KHS/—
Main blog : http://www.setia1heri.com

Secondaary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----
Advertisements

Comments

comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »