Kopdar HBD Jatimotoblog ke-5 tahun 2016 di Lereng Gunung Lawu bikin terharu

Kopdar HBD Jatimotoblog ke-5 tahun 2016 di Lereng Gunung Lawu bikin terharu
Syukur alhamdulillah Kopdar Hari Lahir, HBD alias HUT Jatimotoblog ke-5 telah sukses digelar tanggal 17-18 Desember 2016. Acara anniversary komunitas blogger dan komentator di Jawa Timur ini dihelat di padepokan lereng gunung lawu mbah bonsay (bonsaibiker.com) tepatnya di Dusun Burikan RT 17 RW 4 Desa Banjarejo Kec. Ngariboyo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Belasan blogger turut meramaikan acara akhir tahun ini. Yuuk simak cerita seru dan haru perjalanan menuju kesananya yah…

Perjalanan bermula dari acara undangan test ride dan launching Honda CBR250RR di Kota Pahlawan hari sabtu, 17 Desember 2016. Pagi hingga sore mantemans blogger memenuhi undangan PT MPM Honda Jawa Timur ini dan selanjutnya sore hari baru meluncur ke Magetan yang berjarak 200 km dari Surabaya. Perjalanan menuju padepokan mbah bons ini difasilitasi mobil elf dan akomodasi ditanggung semua oleh MPM Motor …Yups semacam dukungan buat HBD Jatimotoblog ke-5 gitu.

Perjalanan dimulai jam 16.15 wib dari Surabaya Town Square [sutos] dengan rute jalur utama yakni Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun dan terakhir Magetan. Berhubung akhir pekan maka perjalanan begitu padat di beberapa ruas jalan. Terutama jalanan kota Surabaya hingga Krian, Sidoarjo. Sekitar jam 22.02 WIB rombongan mencari makan malam di Warung Pak Tomi Nganjuk. Perjalanan pun dilanjutkan hingga memasuki kediaman mbah bons pada dini hari yakni hari Minggu (18/12) jam 00.29 WIB.

Minggu dini hari justru semakin seru dan ngeri. Obrolan dan sharing yang bermula dari tanya kabar, seputar roda dua, semakin hangat beranjak ke pembicaraan tempat-tempat angker dan pesugihan di Jawa Timur . Ditemani teh hangat serta rawon setan versi magetan maka obrolan semakin gayeng. Disela-sela obrolan beberapa mantemans tetap menyempatkan mandi kembang tengah malam untuk mengusir bau badan yang seharian nempel tak tertahankan. Meskipun dekapan udara dingin lereng gunung lawu tetap menyelimuti. Sayup-sayup obrolan semakin menghilang ketika waktu menunjukkan pukul kurleb jam 03.00 WIB.

Minggu (18/12) pagi jam 07.30 wib mantemans sudah bersiap untuk melaksanakan agenda yang sudah tersusun. Diawali dengan mandi pagi, sarapan nasi pecel dan bhakti sosial di masjid al-faqih deket rumah mbah bons. Alhamdulillah dari saweran dan transferan dana yang terkumpul sekitar 1,5 jeri. Lumayanlah buat bantu sedikit renovasi masjid terutama sisi tempat si dulu.

Pasca baksos sekitar jam 08.45 WIB rombongan bersama elf menuju spot wisata selanjutnya yakni Waduk Gonggang yang berada di Desa Janggan, Kecamatan Poncol, Magetan. Perjalanan ditempuh sekitar 30 menit dengan medan tanjakan dan tikungan khas pegunungan. Beberapa ruas jalan mengalami perbaikan sehingga rombongan tidak bisa segera sampai tujuan. Sesampai di bendungan alias waduk kita disuguhi dengan pemandangan air membentang dan banyak mancing mania dipinggiran. Wisata alternatif gratis yang cocok untuk refreshing murah meriah baik sendirian maupun berkeluarga. Namun sayang sepertinya spot wisata ini kurang terawat terutama fasilitas umumnya seperti ruang sholat dan toilet.


Waktu menunjukkan pukul 10.45 dimana saatnya beranjak ke spot selanjutnya Candi Simbatan yang berjarak 30 km. Medan menuju Candi Simbatan dan Patung Dewi Sri ini berupa turunan dan landai menuju arah Madiun. Setelah perjalanan sekitar 59 menit akhirnya rombongan tiba dilokasi yakni Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan. Awalnya ragu karena tidak ada tanda candi namun setelah bertanya kepada juru kunci yakni pak suparlan ( kalau gak salah inget…hehehe) akhirnya baru paham bahwa ini memang benar situs arca dewi sri.

Kenapa bingung? Karena dilokasi hanya ada kolam yang berisi ikan seperti ikan mas dan lele. Menurut pak juru kunci memang sepeti itu keadaan Candi Simbatan yang selalu terisi dengan air namun pada tiap Jumat pahing bulan suro akan dikuras untuk upacara. Praktis kita kita tidak bisa melihat seperti apa kondisi candi yang mempunyai kemiripan dengan Candi Tikus di Mojokerto dimana letaknya berada di bawah tanah. Namun untungnya masih ada sisa-sisa artefak yang berhasil diangkat dan diselamatkan.

Di area Candi simbatan Patung Dewi Sri inilah proses potong tumpeng ultah ke-5 Jatimotoblog dilakukan. Dalam suasana kesederhanaan dan penuh kekeluargaan dilakukanlah rembugan mengenai Jatimotoblog kedepannya. Dari obrolan sekilas disepakati bahwa Kopdar resmi Jatimotoblog akan dilaksanakan per semester yakni setahun 2 kali. Sedangkan regenerasi Ndase Jatimotoblog akan dibahas pada tahun mendatang. Tumpeng yang sederhana ini pun dinikmati bersama dalam suasana guyub rukun sesama dulur. Berhubung pak suparlan dan anaknya malu malu untuk bergabung keroyokan bersama maka kami menyisakan sebagian untuk santap siang.

Sekitar jam 13.00 WIB serangkaian acara Kopdar Jatimotoblog ke-5 telah usai dan kami bersama sama menuju kampung halaman masing-masing. Perjalanan balik yang cukup melelahkan karena ditempuh selama 7 jam plus istirahat di perjalanan…hehehe.

Blogger yang hadir

Berhubung ini berangkat secara rombongan dan bareng-bareng yang difasilitasi oleh Honda maka blogger yang bergabung cukup banyak. Ada mbah wiro (nyobamoto.com), kang fauzi (motomaxone.com), cak Andi (aslimalang.com), cak anang (anangcoz.com), kang priyo (otobalancing.net), cak mario (mariodevan.com), kang sugi (sugimasihada.com), kang gesang (potretbikers.com), kang marnu (warungbiker.com), kang agus (motomazine.com), KHS (khsblog.net) serta mas novan dari HC3 MPM. Sedangkan secara kewilayahan ada dari Malang, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kediri dan Ponorogo. Selain itu dokter alfian yang kebetulan tinggal di Ngawi juga turut merapat di hari kedua Kopdar Jatimotoblog.

Apa yang buat haru?

Mbah Wir (nyobamoto.com) dalam kondisi sakit menguatkan diri bersusah payah untuk berangkat dari Malang dimana setiap 8 jam sekali mesti CAPD alias cuci darah mandiri. CAPD ini kadang dilakukan ditengah tengah perjalanan sambil menenteng cairan semacam infus ini. Sedangkan Mbah Mukhsin alias mbah bons mesti menolak dan membatalkan 3 acara pabrikan sekaligus. Maklum sebagai blogger kondang tanah air sehingga banyak undangan kepada blogger yang tinggal di cirebon ini. Namun itu semua ditolak untuk mensukseskan acara HUT Jatimotoblog ke-5 😅

Well, KHS selaku ndase Jatimotoblog mengucapkan rasa terima kasih buat PT MPM Honda Jawa Timur dalam hal ini Pak Bondan dan Mas Novan dari divisi HC3 atas dukungan dan fasilitasi yang diberikan, terucap pula maturnuwun buat mbah bons dan keluarga yang telah kami repotkan selama kopdar, buat mantemans blogger yang telah meluangkan hadir serta mantemans blogger lain yang telah mensupport acara HBD Jatimotoblog ke-5 ini hingga sukses. Tanpa kalian semua komunitas paguyuban blogger ini hanyalah sekedar nama….

Salam seduluran sak kapok e

Maturnuwun

foto : mantemans jatimotoblog

Baca juga :

\Contact KHS/
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0
©©©©©©©©©

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3642 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Comment

Monggo dikomeng gans..