About these ads

Muncul bau hangus setelah bejek gas mobil dalam-dalam di jalan tol…ada apa?

Mungkin ada yang pernah mengalami muncul bau hangus atau semacam bau gosong ketika membejek gas terlalu dalam atau kisaran kecepatan diatas 100 km/jam. Apa ada yang salah atau kurang beres pada mobil?. Salah seorang kaskuser di Komunitas Calya Sigra Kaskus mengalami kasus tersebut di boil barunya yakni Daihatsu Sigra.  Bau hangus dimaksud seperti ada sesuatu yang terbakar dan masuk dalam kabin mobil. Nah mari kita lihat apa masalahnya.daihatsu sigra M MT warna silver

” Mohon maaf ane newbie, mohon pencerahan mungkin ada dari para suhu serta senior yang mengalami kasus yang sama,boil ane Sigra R AT, KM 2000 an, keluhan setelah akselerasi (ane bejek gas dalem2) hingga kecepatan tinggi sekitar 100-120 km/j di tol ane lepas gas (tanpa ngerem), tercium bau angus di dalam mobil seperti terbakar, posisi kaca mobil tertutup, bau angus seperti keluar dari Ac, namun dalam keadaan normal alias tidak akselerasi maka tidak tercium bau angus, mohon bantuannya.. trima kasih, salam hormat suhu semua serta para senior. ” tanya kaskuser ngengkiss.

Kaskuser lain mencoba menanggapi bahwa bau hangus tersebut berasal dari catalyc converter. ” Bantu jawab yaa gan, klo ga salah nih, itu bau angus dari catalyc converter yg ada di knalpot, memang bau itu akan tercium klo kita bejek gas dalem, itu kayak semacam saringan terakhir hasil pembakaran sebelum dibuang lewat knalpot..

masih dalam batas wajar, pengalaman ane pake Ayla juga sama, sampe sekarang udah punya sigra sendiri..” tutur kaskuser ardhiivabelino.

Kaskuser lain menjelaskan bahwa itu merupakan hal yang normal terlebih mobil dalam keadaan masih baru. “Bau katalik knalpot nya gan normal kok, nanti seiring bertambah nya kilometer dan usia mobil bau nya lambat laun hilang. Di CRV, Jazz juga gini kok gan bau gosong kalau di tol lagi dibejek2 ” terang kaskuser marama.Gambar detail mesin Daihatsu Sigra Tipe R MT Deluxe warna putih (kasta tertinggi)

” bukan bau kopling otomatis gosong, kan gan? ” tanya kaskuser  satriavzx.

” Bukan gan, itu emang bau dari catalytic converter, baunya khas kaya telor busuk. Biasanya Ayla ane bau begitu kalo speed lbh dari 100 kmph ato gas main bejek2 aja misal kondisi lagi kebut2an ato kejar2an dg mobil lain. Biasa sih kalo gas diurut gak akan timbul baunya. Kalo bau muncul dari arah kabin depan, coba dicek bagian firewall tempat kabel2 masuk dari bagian mesin, di-sealent ulang aja. Begitu pula kalo bau muncul dari belakang, tempat ban serep di sealant ulang, ato gak knalpot tambahin muffler biar agak panjang jadi asapnya gak masuk. ” jawab aipiesblue

Namun harap dipastikan bahwa bau gosong tersebut bukan berasal dari kampas kopling yang hangus.

Biasanya kalau kampas kopling hangus maka mobil tidak akan bisa jalan secara sempurna. Selain itu mungkin agar hati tenang tentram mending dibawa ke bengkel terdekat saja untuk memeriksa sumber bau hangus tersebut.

Well, demikian mantemans terkait bau hangus yang tercium dari knalpot mobil baru.

maturnuwun

baca juga:

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
About these ads

Comments

comments

2 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »