Perbandingan konsumsi BBM pertamax dan premium di Honda Spacy PGM-FI (injeksi)

ktm indonesia

Begini perbandingan konsumsi BBM di Honda Spacy PGM-Fi dengan memakai jenis Premium dan Pertamax.  Seorang kawan biker Aan Trifolium mencoba membandingkan konsumsi BBM premium dan pertamax di Honda Spacy PGM-Fi keluaran 2013 silam. Dia menegaskan uji perbandingan ini tidak menggunakan style econo riding namun dipergunakan seperti biasanya. Hasilnya ? menurut bapak satu anak ini menyebutkan bahwa Honda Spacy lebih irit memakai premium…hehehe. Yuuk disimak..

honda-spacy-memakai-bbm-pertamax

” Iseng membuat komparasi FC dengan memakai pertamax dan premium di Honda Spacy Injection. Mesin standar, no eco riding. Tak dinyana menggunakan premium lebih irit. Ketika menggunakan pertamax FC di 1:44 sedangkan dengan premium FC di 1:46.  Ini cuma sekali percobaan, untuk lebih akurat memang harus dilakukan beberapa kali percobaan” ujarnya dilaman facebooknya hari selasa, 15 November 2016.

Dilihat dari angka diatas terlihat memang premium lebih irit bila dibandingkan dengan pertamax. KHS sendiri pernah memakai Honda Spacy  sendiri konsumsinya secara feeling lebih irit dibandingkan dengan Vario. Atau lebih boros sedikit dibandingkan dengan BeAT lawas.  Namun perlu dipahami bahwa konsumsi BBM dipengaruhi dengan riding berkendara, beban berkendara serta medan berkendara.honda-spacy-memakai-bbm-premium

Beda Honda Spacy karburator dan Spacy PGM-FI

Honda Spacy PGM-FI memiliki kapasitas yang sama dengan versi karburator yakni 108 cc, namun versi injeksi tenaganya sedikit lebih agresif dari karburator. Versi PGM-FI mampu menghasilkan tenaga 8,67 PS pada 8.000 rpm sedangkan karburator bertenaga 8,54 hp pada 8.000 rpm. Demikian pula dengan torsinya versi PGM-FI didapat 8,93 Nm pada 6.500 rpm juga sedikit lebih besar dari karburator dengan 8,04 Nm pada 6.500 rpm. Disisi lain AHM mengklaim konsumsi BBM-Spacy Injeksi lebih irit hingga 17% dari karburator. Selain itu agresifitasnya lebih responsif.

Yang membedakan lagi dari Spacy Karburator, kapasitas tangki bahan bakar Spacy PGM-FI bisa terisi 5,5 liter lebih banyak 0,5 liter dibanding Spacy karbu. Untuk bobotnya Spacy karburator lebih ringan 2 kilogram (97 kg) dan Spacy PGM-FI 99 kg, lebih berat karena ada penambahan komponen-komponen injeksinya.


 ilustrasi isi bensin di SPBU

Demikian kira-kira mantemans konsumsi BBM jenis pertamax dan premium untuk Honda Spacy PGM-FI. Nah jadi bisa dipertimbangkan memakai keduanya sesuai dengan keinginan mantemans.

Maturnuwun

baca juga:

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3673 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Comment

Monggo dikomeng gans..