Cara mengatasi over heat pada Toyota Calya G Matic

Meskipun tergolong mobil baru, beberapa pengguna Toyota Calya terutama tipe G matic mengeluh mengalami overheat.  Mesin yang overheat berarti ada masalah pada sistem pendinginan masin. Ada pengguna Calya yang mengalami overheat disebabkan oleh masalah electrik fan-nya ngadat.  Berikut salah satu penggguna Calya yang mengalami overheat sebagaimana diposting dalam Komunitas Calya Sigra Kaskus berikut ini.


mesin-overheat-pada-toyota-calya-tipe-g-matik-tahun-2016

” Overheat Calya G Matic. Agan-agan semua saat ini Calya G Matic ane lagi di opname di Beres neh..Kemarin malem calya ane Overheat, Kipas mati, dan air radiator kurang… Padahal gak ane siksa calyanya cuma dipake jalan biasa mau jemput istri, tapi emang jalanan macet dan gak nanjak juga..Dan ternyata ada agan-agan disini yg juga ada kasus overheat yah..Apabila ada temen-temen yg ngalamin overheat juga kira-kira kenapa yah mobil baru bisa over heat gitu..  ?” tanya agan danphi.

Beberapa solusi overheat untuk Calya G AT

  • Mesin yg overheat berarti ada masalah pada sistem pendinginan masin. Beberapa post yg lalu ada agan-agan yg ngepost electrik fan-nya ngadat. Digetok2 pake obeng nyala lagi. Apakah ini ada pengaruhnya dengan kipas elektriknya yaa? (oleh agan b18no1)
  • serem banget kalau sampe overheat begitu. untuk saat ini umpama indikator udah nyala merah sebaiknya segera berhenti dibanding kenapa-kenapa. Mungkin butuh penyesuaian gan kayak mobil inreyen gak bisa dipaksa (oleh agan piekneoczy)
  • Makasih gan infonya..kemarin seperti itu gan yg ane lakuin..karena darurat akhirnya ane isi air cadangan radiator dengan air mineral..Diketok2 kipasnya jalan seh, tp pas sampe rumah mati lagi kipasnya, ane belum ngerti apa emang kipasnya itu periodik matinya atau gmn yah? (agan danphi)

gambar detail toyota calya G MT (kasta tertinggi) tahun 2016 (2)Cara mengatasi overheat by agan scarletwizz

Wah nih makin banyak yg ngeributin soal Overheat, udh 2 kasus dan smuanya Calya A/T entah kebetulan atw bgaimana…

Coba bantu jawab setau ane aja yah gan, ane gatau mesin tp berdasar pengalaman aja , mohon dikoreksi suhu2 disni klo2 ada yg salah ane gan, Berdasar pengalaman2 ane sebelumnya bgini :

  1. Pertama ada indikator overheat segera matikan Ac biar mesin engga lbh berat kerjanya (Ac biasa lsg terasa panas jg kl overheat) buka kaca biar ente gak kepanasan, segera menepi di bahu jalan atau pinggir jalan manapun. hindari panik berlebihan gan
  2. Jika tidak memungkinkan untuk berhenti buka kap mobil dlu (dibuka dlm arti tarik tuas aja sambil jalan) biar ada celah angin masuk dikit u/ mereduksi panas aja sambil tetap jalan & cari yg rada bs menepi ,nekat aja minggir dikit nyalain Hazzard, jangan nunggu ampe mesin berasap, fatal bree!
  3. Segera setelah menepi matikan mesin berhenti & biarkan dingin dlu , stlh dingin turun dan buka kap mesin anda, sblm itu coba nyalain bentaran bwt ngecek kipas radiator mati atw tidak , kalau mati ambilah benda keras tumpul yg ada di mbl aja kunci pas misalnya, coba diketok2 baling2nya (blm tentu berhasil tp kebanyakan kasus ini yg terjadi kl overheat, krn faktor kipas mati bs bermacam2)
  4. Setelah itu Cek Air Radiator, pastikan mesin mobil ente udh dingin! Sangat Berbahaya , buat jaga2 meski udh dingin buka tutup radiator pakai lap yg dibasahin (selalu bawa lap kering serbaguna dan air minum dlm botol ya gan saat berkendara) sambil jaga jarak jg jangan deket2in muka ente ke tutup radiator, bisa bahaya kl nyembur itu kena badan buka pelan2 klo msh keluar asap stlh dibuka tolong dibiarin dulu ampe dingin. Klo mendesis jangan dibuka langsung semuanya gan, buka sedikit dlu sambil ditahan tutup radiatornya ampe desisan ilang, kl msh mendesis ente buka smw tutupnya bs kesembur keluar gan bahaya

  5. Cek Air radiatornya kalau berkurang banyak ya ambil aja air minum dlm botol yg ente punya atw beli bentaran di minimart/ warung terdekat, Perhatian jangan Tuangkan Air ke dalam radiator saat mesin msh panas ataw mendesis atw msh keluarin uap dr dalam Air radiatornya, mesin bisa rusak breee! Jangan pake Air Es juga ya gan, Pake Air yg suhu biasa, Tuangin pelan2 ke dalam, kl bisa separah2nya pake Air mineral jgn pake Air keran ya gan, tar bs berkerak & menyumbat di dalam, klo kondisi gawat darurat kan ga mungkin kita bawa2 Coolant Radiator kemana2 jg kan soalnya jd ya pake aja Mineral water sementara waktu. Jangan lupa cek selang radiator jg, bs jadi selang bocor jg penyebab overheat krn air radiator habis…

  6. Masuk ke mobil udh adem lanjut aja sambil ke arah pulang lbh baik drpd terjadi apa2 atau langsung ke bengkel atw hubungi Call Centre bwt tanya2 soal ini, hindari ngebut & ugal2 an dlu, disarankan pelan2 & speed rendah aja biar lbh aman, hindari macet yah

Dalam kasus ekstrim, beberapa mesin akan tetap menyala saat ente mematikan kunci kontak karena mesin terlalu panas sehingga pengapian tetap terjadi tanpa api busi. Pada kondisi bgini ; angkat rem tangan, masukkan gigi persneling. ini biasanya akan menghentikan mesin.
Jangan lupa stlhnya kuras lg Air darurat yg dimasukan ke radiator beserta smuanya yg tercampur & diganti pake full Air Coolant khusus Radiator biar engga berubah senyawanya dan berkerak di dalam.

Jika tidak diperlukan atau Ente Cukup yakin dgn kondisi mobilnya ataw males/takut ngotak ngatik ya udh nekat menepi aja trus matiin ampe dingin trs kl adem jalan lg gt aja..trus bsk siapin pidato & ocehan wat bengkel resmi suruh perbaikin ampe clear…

cmiiw y gan

 


Demikian mantemans cara mengatasi overheat yang terjadi pada mobil Toyota Calya Tipe G matik. Sebenarnya agak lucu juga sih karena tergolong mobil baru sehingga mestinya hal ini tidak perlu terjadi. Bila hal ini banyak yang mengalami oleh pengguna maka tentu pihak pabrikan perlu melakukan evaluasi,

maturnuwn

baca juga:

\Contact KHS/
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3611 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

6 Comments

Monggo dikomeng gans..