Waspada penipuan modus lama : mengabarkan via telepon kerabat kecelakaan atau berurusan dengan polisi terus minta transfer uang.

Waspada penipuan modus lama : mengabarkan via telepon kerabat kecelakaan atau berurusan dengan polisi terus minta transfer uang.

Modus penipuan dengan cara mengabarkan via telepon bahwa kerabat mengalami kecelakaan atau berurusan dengan polisi terus ujungnya minta transfer uang sebenarnya merupakan modus lama. Namun ternyata modus ini masih berkeliaran dengan menyasar orang – orang dari berbagai kalangan baik desa maupun kota. Dan tidak sedikit korban yang percaya dan terperdaya sehingga secara gegabah transfer sejumlah uang ke pelaku penipuan tersebut.penipuan modus kabar kecelakaan

KHS sendiri memang belum pernah mengalami secara langsung modus penipuan diatas. Namun beberapa cerita kawan dekat menceritakan modus diatas yakni ada pelaku yang menelepon untuk mengabarkan bahwa anak kawan saya tadi mengalami kecelakaan dari sekolah, posisi sudah dirumah sakit dan butuh uang untuk membeli alat untuk operasi. Untung kawan saya tadi sigap kalau anaknya baik baik saja di sekolah sehingga mengabaikan berita palsu ini. Yah selamat….

Pengalaman lain kawan pernah juga di telepon pelaku bahwa anaknya sedang berada di polisi karena terjerat narkoba sehingga meminta tebusan agar tidak dipenjara. Parahnya kawan tadi masih belum kawin sehingga dia malah mendamprat balik pelaku penipuan tersebut. Dan akhirnya juga terbebas dari modus penipuan ini.

Pengalaman serupa dishare oleh netizen Laily Nisf ‎di grup GRESIK SUMPEK hari Sabtu (7/5) :
Dulur2 ada yang kenal no ini??
081264907404
Waspada penipuan,
No tsb dini hari ini tgl 07-05-2016 pukul 02.45 WIB telah menelpon orang tua sy di Gresik, bilang bahwa anak perempuan nya telah kecelakaan dan nabrak orang sampe mati (na’udzubillahi min dzalik/padahal sy tidur tenang di kosan),
Dari cerita ayah saya,No tsb meminta uang sebesar 200jt. Ketika di tanyain, posisi ada di Polsek mana, dia engga ngaku, malah nyuruh nunggu di depan Alfamart saja.
Otomatis, Ayah sy kan mau telp sy, nah.. sama pelaku engga dibolehin.
Akhirnya nelp. Pake HP adik sy.
Makanya sy kaget, karena sewaktu sy angkat, ayah cuma nanya, “kamu Gapapa ta nak??”, alhamdulillah juga sy langsung kebangun waktu itu, soalnya biasanya paling susah dibangunin.
Kasian ibu saya sampe shock berat sebab beliau yg pertama ngangkat telp dr pelaku.
Alhamdulillah ada Ayah di rumah, coba kalau tidak, pasti udah ketipu.
Maaf sy sharing di GS, untuk semuanya agar lebih waspada lagi.
***

Nah semoga kita terhindar dari penipuan modus via telepon ini. Bila mendapatkan kabar mengenai kecelakaan atau berurusan dengan polisi maka berikut beberapa langkah sebelum mengambil tindakan gegabah seperti transfer uang via ATM. Yakni
1. Usahakan pikiran tetap tenang dan cool…hindari kalut dan terburu-buru
2. Ajaklah pelaku untuk mendetailkan informasi ‘anak anda’ yang mengalami kecelakaan atau berurusan dengan polisi. Biasanya akan ada detail informasi yang janggal….
3. Hubungi anak anda via telepon. Namun kebanyakan pelaku sudah menghubungi anak anda untuk menonaktifkan no hapenya dengan alasan pemeliharaan jaringan. Bila tidak bisa maka hubungi teman dekat, guru atau orang yang ada didekat anak anda.
4. Kalau sudah tahu itu modus penipuan maka tidak ada salahnya ada ngerjain balik si penipu dengan diajak bicara ngalor ngidul…atau digertak bahwa nomor hape pelaku sudah disadap dan dilock GPS sehingga posisi sudah diketahui untuk selanjutnya diserahkan kepihak polisi….hehehehe.

Nah demikian mantemans modus lama ini, semoga kita dan keluarga kita dijauhkan dari segala tindak kejahatan.

Maturnuwun

\Contact KHS/
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : [email protected]; [email protected]
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8
©©©©©©©©©

Comments

comments

Tentang setia1heri 5684 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

1 Comment

1 Trackback / Pingback

  1. Waspada tindak penipuan nomor dengan nomor telepon +62282, +62111, +62252 … – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..