About these ads

Diduga jumping terlalu tinggi supermoto KTM ini ambrol velg jari-jarinya.

Diduga jumping terlalu tinggi supermoto KTM ini ambrol velg jari-jarinya.

2 buah motor KTM mengalami ambrol velg jari-jarinya diduga akibat jumping terlalu tinggi. Peristiwa tersebut terjadi dalam balapan Supermoto hari sabtu, 23 Januari 2016 di Brigif Bandung sebagaimana diposting dihalaman facebook KTM Racing Indonesia. “Jumping nya terlalu tinggi ” ujar admin KTM Racing Indonesia.motor KTM Supermoto ambrol velg jari-jarinya di balapan Brigif Bandung 23 Januari 2016

Dari sisi bahan yakni hubs dan rim nya sebenarnya sudah bagus namun mungkin kurang kontrol atau longgar dimana tidak seimbang dengan kecepatan motor serta ditunjang dengan tinggi jump menyebabkan ambrolnya velg tersebut.

Menurut Toriq Indira Arie Paringgie yang ada ditekape menyatakan bahwa kalau dilihat dari krinologi kejadian sepertinya bukan jumpingnya yang terlalu tinggi. Akan tetapi panjang jari-jari dirasa kurang sehingga nipple yang nyantol di bagian tromol kurang besar. “Mau merk mahal atau bagus, kalu masangnya kurang atau salah bisa fail bro” tambahnya.

Admin KTM Racing Indonesia menjelaskan bahwa kemungkinan besar jari-jari kurang pas. “Tapi kita punya pengalaman Buat balapan Asian Supermoto bersamaan pembalap jepang tahun 2013 dii PRJ. Tinggi jumpingan pengaruh juga soalnya makin tinggi makin bahaya, belum ditambah durasi balapan” tambah keterangan nya.

Analisa berbeda disampaikan oleh brow Budi Redwolf Eko Saputro yang memyatakan penyebab ambyarnya velg karena adanya gaya gesek dan hentakan yang datang bersamaan.

“Kalau masalah itu hancur.. yang jelas.. tekanan dari jumping di teruskan ke roda diredam oleh suspensi baru selebihnya ke jari n tromol. Karena ini pakai single suspensi.. maka hentakan yg diserap pun banyak yang lepas n diserap oleh roda… beda dgn spdmotor dgn 2 suspensi. Kalaupun ini karena gesernya jari karena durasi atau lifetime nya.. saya kira memang pengaruh tapi tidak bgtu signifikan. Karena hentakan inilah yang membuat jari itu hancur.. bandingkan saja berat pilot dan spedamotor ditambah hentakan yg tidak semua di serap suspensi dan tenaga yang dibalikkan oleh tromol kembali lagi ke jari.. apalagi jari yg dipakai diameternya kecil. Setelah ban nyentuh tanah .. gaya gesek yg sangat besar sekali main disana. Gak tau ini ktm brp cc yg jelas ini motor pasti special engine. Nah gaya gesek inilah yang datang bersamaan dari hentakan itu.. membuat jari nya ambyar… *hipotesa pribadi “ujarnya secara panjang lebar.

Merespon hipotesa bro Rudi, KTM Racing Indonesia merespon bahwa intinya kekuatan suspensi, putaran mesin dengan kekuatan wheel set nya tidak seimbang ditambah kurang kontrol setelah babak qtt kemungkinan ada yang longgar yang menyebabkan kejadian tersebut. “Di motoross saja kadang terjadi seperti ini yang notabene semua motor nya special motocross , Di Supermoto masalahnya spek motocross hanya Ganti wheel sets Supermoto yang sebagian ada buat gaya Bukan buat Balap Supermoto ” tambahnya.

“Ini juga jadi pelajaran untuk pintar memilih wheel set baik hubs, rim atau ban yang mana buat gaya dan mana buat balap pro ” pungkas KTM Racing Indonesia.

Dalam sebuah balapan kesalahan teknis maupun non teknis pasti ada namun semua berharap kedepan bisa lebih baik. Safety first for safety riding…

Maturnuwun

Sumber : facebook KTM Racing Indonesia

\Contact KHS/
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8
©©©©©©©©©

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----
About these ads

Comments

comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »