Di masjid al gani Ciamis, Jawa Barat ini anda dipersilahkan istirahat dan tiduran….. #antimainstream

Hampir sebagian besar masjid di Indonesia terutama di daerah Jawa terdapat himbauan atau larangan untuk tidur atau tidur-tiduran.  Himbauan tadi tentu mempunyai maksud dan tujuan tersendiri serta latar belakang tersendiri. Selain itu terdapat beberapa masjid yang hanya buka ketika waktu sholat tiba dan akan dikunci kembali ketika ibadah sholat telah selesai. Tentu kebijakan ini juga punya latar belakang tersendiri. Namun ada yang berbeda dengan sebuah Masjid Al Gani di Ciamis, Jawa Barat ini. Pihak Takmir terbuka sepanjang waktu serta ada fasilitas kopi teh serta area untuk istirahat…wah jos gandos tenan iki.

silahkan beristirahat di masjid algoni ciamisBeberapa foto viral diunggah oleh akun Uus Risdiana pada tanggal 11 Desember 2015 yang menggambarkan suasana dan fasilitas masjid Agung di ciamis tersebut. “Disaat hampir semua masjid tertutup rapat dan hanya “buka” saat waktu sholat, disinimah sebaliknya (masjid mana hayoooo? ” ujar uus memulai statusnya.  Terpantau dari foto yang disebar mengisyaratkan bahwa masjid tersebut terbuka untuk jamaah kapan saja. Bahkan disalah satu banner terdapat tulisan dipersilahkan untuk beristirahat, tiduran, santai makan-minum, dan mengisi baterai hape.

area istirahat di masjid ciamisBahkan pihak pengurus masjid juga menyediakan kopi dan teh hangat bagi jamaah atau orang yang berkunjung ke masjid. Terobosan ini tentu perlu diacungi jempol karena selain jamaah tambah betah juga menjadi ladang amal yang telah menyediakan ruang bagi orang-orang yang sedang dalam perjalanan alias musafir. 

masjid agung ciamis sedia teh dan kopi tahun 2015Semoga masjid-masjid di tempat lain juga melakukan terobosan serupa untuk mendekatkan kepada jamaah dan masyarakat umum. Karena fungsi masjid tidak hanya sebagai sarana ibadah untuk sholat saja……….hehehe.

gambar : uus rusdiana

Maturnuwun


***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

4 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »