Ini penjelasan teknis…mengapa mobil terjebak di rel kereta api akan mengalami mesin mati

Mantemans mesti pernah mendengar atau membaca berita dimana terjadi kecelakaan antara kereta api dan  mobil. Nah biasanya salah satu point beritu itu yakni mesin mobil mendadak mati ketika berada diperlintasan kereta api. Kecelakaan ini biasanya disebabkan mobil yang memaksa nyelonong meskipun kereta akan lewat atau mobil melintas diperlintasan kereta api tanpa ada penjaganya. Terlepas ada anggapan perlintasan yang angker, ada penampakan atau alasan-alasan mistisnya namun berikut penjelasan teknis ilmiahnya mengapa mesin mobil mendadak mati.

jangan menerobos palang pintu perlintasan kereta apiMerunut penjelasan secara viral via WA yang disebar oleh orang bernama Bagas Senoadji yang merupakan PPNS Perkeretaapian.  Broadcast yang berjudul PERLU DIPERHATIKAN dan DIPATUHI ! ini secara gamblang dan sederhana menjelaskan mengapa mobil mendadak mati ketika diperlintasan kereta api.

Penjelasan teknis 
Dilokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utama adalah dinamo. Di dalam dinamo ada unsur magnit yangg cukup besar, contohnya jika ada lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yang terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1 km dari lokomotif. Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA dimana biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tidak memindahkan gigi mesin yang lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yang ada dapat mati seketika akibat faktor medan magnit boggie KA yang dihantarkan oleh rel KA.

“Oleh karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yang berjarak kurang dari 1 km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yang sudah lemah dapat mati ” ujar Penyidik Pegawai Negeri Sipil bidang Perkeretaapian.


Bagaimana kalau mobil mendadak mati?

Bila terjadi mesin mendadak mati maka segera keluar dari mobil karena mesin mobil akan susah untuk di stater kembali. “ Maka disarankan jangan melintasi rel KA bila sudah terlihat KA walaupun masih berjarak 1 km dari perlintasan sebidang demi keselamatan anda. Ingat KA tidak bisa mengerem mendadak karena roda dan rel terbuat dari baja sehingga tidak ada friksi, rata rata KA akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem” pungkas Bagas.

Nah sudah paham kan mantemans mengapa mobil mendadak mati di perlintasan kereta api? karena adanya medan magnet yang sangat besar pada rel sehingga menyebabkan dinamo kendaraan dan koil mati. Jadi bukan karena perlintasan tsb angker/kurang sajen dan kemenyan/ada demit dll ya mantemans….hehehe

Jadi biar sama-sama enak agar terhindar dari kecelakaan ketika diperlintasan KA, maka :

sumber bacaan : BC WA


*diposting dari Xiaomi Redmi Note 2 🙂

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3609 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

4 Comments

Monggo dikomeng gans..