Hoax… serangga dari thailand yang menyebabkan tangan bolong-bolong

Menyebar secara viral via grup-grup Whatsapp yang memperingatkan agar berhati-hati dengan sebuah serangga dari Thailand. Dalam broadcast tersebut disebutkan bahwa dilarang untuk menyentuh sebuah serangga karena bila dilakukan maka tangan akan seperti dalam gambar (berlubang-lubang kecil yang menjijikkan). Entah siapa yang memulai yang menyebarkan berita hoax ini yang jelas serangga tersebut merupakan ‘makanan ringan‘ dari Thailand. Dan tidak hubungan antara tangan-tangan bolong tadi dengan serangga tersebut. Sedangkan serangga biasa dimakan sebagai sebuah jajanan di warung pinggir jalan bahkan toko waralaba. Serangga itu seringkali disebut sebagai Giant Bug Water.

berita hoax serangga dari thailandSerangga tersebut masuk dalam family Belostomatidae . Mereka biasanya ditemui di sungai air tawar dan kolam yang tersebar di Amerika Utara , Amerika Selatan , Australia Utara , dan Asia Timur. Panjangnya mulai dari yang kecil 2 cm hingga 12 cm. Nah serangga ini di Thailand dianggap sebagai camilan yang renyah karena di goreng dengan garing. Mungkin kalau di Indonesia ada yang suka makan jangkrik, belalang goreng atau laron goreng….hehehe. Ya masih sama-sama jenis serangga lah…

giant bug water

Bulatan-bulatan kecil dipunggung serangga itu adalah telur dari serangga tersebut yang biasanya ada pada jenis Abedus indentatus yang betina. Jadi mungkin yang disebar oleh BC via WA itu merupakan giant bug water yang telur-telurnya telah terinjak atau sengaja diinjak sehingga terkoyak.

penyakit trypophobiaSedangkan foto tangan yang turut disertakan itu sebenarnya bagian dari sebuah test penyakit trypophobia karena sejatinya dalam dunia nyata ‘penyakit sarang lebah’ tersebut belum pernah ditemukan. Menurut kajian urban dictionary, Penyakit Trypophobia bisa diartikan sebagai sesuatu ketakutan pada lubang kecil atau wujud asimetris lainnya yang dapat membuat seseorang mejadi gatal serta geli atau merinding di sekujur tubuhnya dan perasaan tidak nyaman. Atau lebih sederhananya, Trypophobia itu penyakit yang menyebabkan rasa takut saat melihat lubang-lubang kecil yang memiliki pola berulang, seperti sarang lebah, terumbu karang, sarang semut, kumpulan gelembung dan lainnya.

Jadi, jangan asal menyebarkan berita yang tidak jelas kevalidannya ya mantemans. Kasihan serangganya ….tidak lakukan apa-apa malah kena getahnya.

Maturnuwun


baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----


Comments

comments

About setia1heri 3640 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

14 Comments

  1. Tes trypophobia itu kita disuruh liat gambar lubang2 asimetris. yg merasa jijik/merinding dianggap punya penyakit psikis trypophobia.

    Cuma masalahnya gambarnya ada kulit yg diedit jadi bolong 2 kaya koreng (siapa yg kagak merinding coba) klo gambar yg alami kaya sarang tawon sih gw gak jijik. kacau nih tes, nyampur adukin gambar real sama gambar editan.

    yg bahaya sih gambar kulit bolong2 itu, klo yg gak tahan bisa kebayang mulu n stress lama2 bisa rusak tuh mental. Ini mau ngetes apa ngehipnotis ya?

    mending move on aja deh, gak penting juga n masih banyak hal lain yg lebih bermanfaat.

Monggo dikomeng gans..