Solusi ngelu alias dewa mabuk ngilangin folder snowfoxcr di Xiomay Redmi Note 2…hiks…

Cerita ini bermula dari KHS meminang Xiomay Redmi Note 2 akhir Oktober 2015 di sebuah toko handphone di WTC Surabaya dengan mahar sekitar 2,4 jeti. Entah ini redmi note 2 aseli atau palsu yang jelas ini garansi toko dengan label distributor B-Cell, PT Global Mobile Technologie. Habis beli skalian dikasih aplikasi apk dalam sebuah folder sekitar 4 GB. Nah ketika sampai rumah lha kok banyak iklan popup bermunculan bahkan aplikasi apk  autodownload yang tersimpan di folder snowfoxcr…. Hiks…hiks….

folder snowfoxcr di redmi note 2KHS tidak paham mengapa muncul iklan popup (muncul pas enak2 ngetik atau baca berita) dan aplikasi apk yang terdownload secara otomatis. KHS juga gak tahu mungkin install aplikasi apa yang menyebabkan malware yang cukup mengganggu ini. Keberadaan iklan pop up tanpa ada tombol close (dipaksa install) dan aplikasi apk yang terdownload secara otomatis ini tentu membuat baterai cepat habis dan paketan data internet cepet ngowos…hiks…hiks….

Awalnya KHS mengira malware ini bermula dari aplikasi bawaan yang terinstall. Oleh karena itu KHS menonaktifkan beberapa aplikasi bawaan seperti 9apps, Mobomarket, KK Browser, DC Share yang dicurigai pembawa malware ini. KHS sempat mencoba menonaktifkan App Store Mi namun ternyata gak bisa…hehehe. Berhubung solusi diatas tidak ada efeknya maka KHS dengan bangga melakukan tindakan factory reset alias install ulang ala pabrikan…hehehe. Sukses ? Ternyata tidak semudah itu kawans….

iklan malware di redmi note 2 tahun 2015Pasca factory reset memang iklan pop up telah hilang namun malware berbentuk autodownload aplikasi apk ini tetap berjalan. Apa gak geregetan yah?. Aplikasi yang terdownload ini merupakan aplikasi lokal baik aplikasi belanja, berita atau bahkan game. Semua apk yang autodownload ini tersimpan rapi di lemari yakni Penyimpanan Telepon > Android > Data > Snowfoxcr.  Malware inilah yang menyebabkan baterai cepat habis dan paketan terkuras muspro alias sia-sia belaka…hiks…hikss….

KHS mencari tahu terkait folder snowfoxcr ini via mbah google. Ternyata problem snowfoxcr yang autodownload ini juga menghinggapi beberapa user Redmi Note 2 di China, Perancis dan beberapa negara lain yang terpantau dari forum diskusi android. Beberapa orang orang menyarankan menginstall aplikasi hehehehe. KHS mencoba menginstall Avast Mobile tapi ternyata juga cantik tidak terdeteksi…..hehehehehe… Mungkin karena versi gratisan kali yah….ahihihi…

menonaktifkan aplikasi bawaan xiomay redmi note 2Berhubung sudah mentok gak menemukan solusi maka pakai solusi ngelu (pusing 7 keliling). Yupz..solusi ngelu ini yakni memakai jurus dewa mabuk dengan men-delete secara rutin kemunculan folder snowfoxcr ini. Capek sih, namun bisa menghemat data dan menghilangkan aplikasi sampah yang terdownload secara otomatis ini.

Ribet pasti ya? Itoe betoel adanja masbrow dan mbaksis karena mesti ngecek secara berkala karena meskipun dihapus nanti beberapa menit lagi akan muncul. Lha mo gimana lagi? Lha sampai sekarang KHS belum menemukan solusi….hehehehe. Oia biar gak autodownload malam hari maka sebelum tidur data internet di Off kan dulu yah….

menghapus folder snowfoxcr di redminote 2Maturnuwun

Comments

comments

Tentang setia1heri 5687 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

2 Comments

  1. Itu gan…
    Ane pernah dikasih Redminote palsu…
    Antututu benchmark cuman 9rebu,,,
    Untung ketahuan jadinya digenti yg ori
    cek pake antutu gan… kalau asli scorenya tembus di atas 30rebu…

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara ngilangin folder snowfoxcr pada Redmi Note 2 : Update ROM atau Flashing gans… | setia1heri.com
  2. Cara ngilangin folder snowfoxcr pada Redmi Note 2 : Update ROM atau Flashing gans… | setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..