Bonceng anak hadap belakang iku jelas bahaya lurr….tapi mengapa kemauan anak masih dituruti?

Namanya anak kecil biasanya suka bereksplorasi dan mencoba – coba sesuatu namun kendali tetap pada ortu. Terdapat sebuah jepretan soorang netizen Nuning Singadimedja pada grup facebook info cegatan jogja pada hari Kamis (5/11) di sebuah jalanan Jogja dimana memperlihatkan seorang anak kecil yang dibonceng menghadap belakang. Semua sudah paham bahwa tindakan ceroboh ini sangat membahayakan baik bagi sianak maupun pengguna jalan lain di sekitarnya.

bahaya bonceng anak naik motor hadap belakang“Daerah Berbah lagi wae Lur. Tetep bahaya. Mboceng madep mburi, banter maneh”ujar nuning dalam caption foto yang diunggah tersebut. Tindakan tersebut mengingatkan anak KHS yakni Sakti yang kadang merengek pengin dibonceng hadap belakang seperti dalam foto tersebut. Entah dapat contoh atau inspirasi dari mana yang jelas seringkali Sakti merengek rengek minta dibonceng posisi hadap belakang tersebut. KHS dengan tegas dan sedikit suara agak keras menjelaskan terkait dengan bahaya bila dibonceng dalam kondisi tersebut. “Awakmu iso njungkel le nek mbok terus-terusne ngono… (kamu bisa jatuh bila posisi bonceng seperti itu)”ujar KHS.

“Nek bapak ngerem mesti awakmu iso kejlungup (ketika tiba-tiba ayah melakukan pengereman kamu bisa terjatuh nak)” tambah panjang lebar penjelasan ane. Meskipun dengan agak kecewa dan grundel dalam hati akhirnya Sakti mau menuruti nasihat ane. Dan dengan sigap ia merubah posisi duduknya dari menghadap belakang menjadi menghadap kedepan sebagaimana membonceng pada umumnya.

KHS tidak menampik dahulu ketika kecil juga punya keinginan serupa. Dahulu memang hadap belakang akan tetapi cuma memakai sepeda jengki sehingga kecepatan yang dikayuh pun tidak seberapa. Namun pengalaman hampir jatuh dari sepeda itu pernah ada yang membekas hingga kini.

Nah bisa dibayangkan bila hal ini menggunakan sepeda motor yang kecepatannya sangat kencang serta kontur aspal yang keras. Maka tentu akan fatal bila terjadi kecelakaan dijalanan misalnya bila tiba-tiba mengerem mendadak. Wajah dipastikan bundas bahkan gigi bisa sampai tanggal kawans……..Hal ini belum bisa kondisi lalu lintas padat yang menyebabkan kecelakaan beruntun…ngeri dan sadis mantemans….

Mungkin bagi beberapa orang tua dan anak memiliki kebiasaan yang sangat membahayakan ini namun selayaknya hal tersebut tidak patut ditiru. Tidak setiap kemauan anak mesti dituruti karena kita sebagai orang tua mesti bijak yang harus tahu mana yang terbaik buat anak. Safety first masbrow….


Maturnuwun

——————-

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3571 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

3 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Wow banget…mamah muda ini bonceng balita pakai ninja didepan tanpa helm plus kondisi gerimis – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..