Ini tuntutan buruh aksi 1 September 2015

Besok 1 September rencananya akan ada aksi besar-besaran dari kaum buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Indonesia (GBI). Aksi ini sebagai bentuk respon dan keprihatinan buruh terhadap kondisi perekonomian dan perburuhan terkini terutama ancaman  PHK. Aksi 1 September ini akan diikuti elemen buruh di Jabodetabek dengan tujuan Istana Negara. Sedangkan beberapa propinsi lain akan mengadakan aksi serupa. Nah berikut tuntutan ya.

aksi buruh 1 september 2015Berikut tuntutan buruh dalam anksi 1 September 2015.

  1. Turunkan harga barang Pokok (Sembako) dan BBM.
  2. Buruh menolak PHK akibat melemahnya Rupiah dan perlambatan ekonomi.

  3. Tolak masuknya Pekerja Asing atau Tenaga Kerja Asing harus wajib berbahasa Indonesia.

  4. Naikan upah minimum 2016 sebesar 22 persen guna menjaga daya beli dan komponen hidup layak (KHL) sebesar 84 item.

  5. Revisi Peraturan Pemerintah (PP) tentang jaminan pensiun yaitu manfaat pensiun buruh sama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS), bukan Rp300 ribu perbulan setelah 15 tahun.

  6. Perbaiki pelayanan Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan dengan menghapus sistem INA CBGs dan Permenkes No 59 tahun 2014 yang membuat tarif murah. Tolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan, tambah dana PBI menjadi Rp30 Triliun, provider RS atau klinik di luar BPJS bisa digunakan untuk COB.

  7. Bubarkan pengadilan buruh atau PHI dengan merevisi UU 2/2004 tahun ini juga.

  8. Penjarakan Presdir PT Mandom Bekasi yang telah mengakibatkan 27 buruh meninggal serta copot Menaker yang tidak berbuat apapun

Sebagai informasi, Gerakan Buruh Indonesia (GBI) merupakan gabungan dari elemen buruh seperti KSPI, KSPSI AGN, KSBSI, SBTPI dan berbagai elemen pekerja lain.
Buruh Sedunia Bersatulah…..
—-+++——

Posted from WordPress for Andromax Zetia1heri

Comments

comments

Tentang setia1heri 5687 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

3 Comments

  1. Yah sebagian tuntutannya ada yg masuk akal tapi karena bikin macet memang kurang menarik simpati jadinya….

Monggo dikomeng gans..