Miris….57 % kecelakaan di tahun 2014 melibatkan pengemudi tanpa SIM

ilustrasi kecelakaan
ilustrasi kecelakaan

Data Korlantas Polri menyebutkan jumlah kecelakaan lalu-lintas di Indonesia sepanjang 2014 mencapai 91.000 kejadian. Dan yang lebih miris yakni 57 persen di antaranya atau lebih dari 52.000 kejadian melibatkan pengendara kendaraan yang tak memiliki SIM. Demikian data yang ada sebagaimana KHS kutip dari tribunnews (18/2) yang bila diperinci dari data KompasOtomotif yakni dominan pengguna SIM C atau sepeda motor dengan 21.000-an kejadian. Sedangkan pengguna SIM A atau pengendara mobil dengan 7.500-an kejadian.

Kejadian diatas tentu harus menjadi kewaspadaan semua pihak. Tidak hanya terkait dengan permasalahan hukum ketika seseorang keluar rumah dengan berkendara tanpa SIM. Namun terkait pula dengan sikap mental, kedewasaan dan safety riding ketika seseorang memutuskan berkendaraan diluar rumah.

Lebih khusus kepada anak-anak yang sudah bisa berkendara motor namun terkadang malah bangga. Padahal mestinya orang tua harus memberikan pengawasan ekstra kepada anak-anaknya yang belum dewasa tetapi sudah bisa mengendarai kendaraan bermotor.

”Banyak orang tua yang bangga, kalau anaknya yang masih usia SMP sudah bisa bawa motor ke mana-mana. Kami di Kepolisian tidak mungkin bisa mengawasi sekian banyak orang-orang yang tak punya SIM,” ujar Kombes Pol Indrajit selaku Kabid Bin Gakkum Korlantas Polri (tribunnews/s1h)

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

8 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »