Diantara pilihan aki GS Astra dan Yuasa (catatan nubi)

image


Ini pengalaman KHS yang buta akan dunia per-accu-an alias aki karena memang dasarnya gak paham. Bermula dari Milestone yang lagi mogok karena ada masalah aki maka KHS pun mencari aki yang pas. Berhubung pulsar motor laki maka awalnya KHS mencoba memakai aki jenis GS Premium 12N9-4B-1 dari seorang kawan namun aki ini tidak bertahan lama karena ada satu komponenenya yang bocor. “Ini elemennya bocor mas…habis di stroom pasti nanti tidak bertahan lama”tutur tukang stroom di kawasan Semolowaru Surabaya. Hal ini terlihat ketika si tukang stroom mau mengecek voltage namun terlihat busa-busa air di salah satu blok komponen. Dan KHS pun berpikir untuk menukarkan jenis aki yang sama dengan menambah nopek ceng.

Ya akhirnya KHS pun mengeluarkan 2 lembar uang warna merah untuk menebus aki GS baru ini. KHS pun langsung memakainya namun ternyata hanya bertahan sehari semalam. Milestone kembali mogok, KHS awalnya berpikir ada masalah dengan body com starter yang akhirnya terpaksa pagi itu harus telat berangkat ke kantor. Akhirnya solusi pake gaya dorong tidak bisa dipungkiri lagi :mrgreen: . Maklum servis terakhir sebulan sebelumnya body com starter nya memakai barang bekas tapi masih lumayan masih bisa dipake. KHS juga sempat mengira ada masalah dengan dinamo staternya….tapi mbuhlah 😀 .

KHS baru tahu kalau ternyata yang bermasalah adalah Aki GS Premium 12N9-4B-1 ini ketika hari sabtu (21/6) di bengkel bajaj gresik. Oia sebelumnya minta bantuan ibu negara buat dorong milestone agar bisa nyala ke bengkel. Sesampai dibengkel KHS lansung ngomong apa adanya dan sama kang basit langsung divonis ini masalahnya hanya pada akinya. “Loh ini baru saya pake 2 hari lho” sergah KHS. “Sudah banyak pengalaman temans-temans lain yang tekor pake GS kang, bahkan kaji xzy sudah 2 kali pake aki GS tekor smua” terang kang basit. Dan pernyataan ini diamini mantemans GPC yang saat itu lagi ada di bengkel. 🙁

KHS mencoba menegaskan apakah tipe GSnya sama yakni GS Premium 12N9-4B-1. ” Iya sama…”ujar kang basit. KHS hanya speechles mendengar penjelasan tersebut karena selama ini KHS bisa dikatakan termakan oleh iklan aki GS yang sering nongol dulu di televisi itu. …hiks..Akhirnya KHS disarankan oleh kang basit untuk ganti aki. “Coba ganti aki Yuasa aja kang..yang 9 Ah.”.

image

KHS pun mencari aki Yuasa di dekat  bengkel dekat beres gresik lama jalan usman sadar. Akhirnya langsung ngomong beli aki Yuasa buat Bajaj yang tidak berapa lama si penjual mengeluarkan aki yang dimaksud. Aki ini jenis Yuasa Yumicron YB9-B. Harganya emang 2 kali lipat aki GS tadi yakni 350.000 tapi tak apalah daripada tekor terus. Sesampai di bengkel langsung minta kang basit untuk mengisi air aki pertamax dan setelah dibiarkan 30 menit langsung dipasang di Milestone.

Ketika Milestone di starter langsung mak jreeeenggggggggggggggggggggg….. langsung ngacirrrrrrrrrrrrrrrrrrr……..dan kondisi aki sampai sebulan lebih ini tidak ada masalah apa-apa. Dan semoga awet dan bertahan lama. KHS emang pernah punya pengalaman juga dengan aki tekor merk Yuasa namun setelah ditelusuri ternyata aki Yuasa tadi mestinya buat motor bebek bukan motor laki. Ampere nya gak nututi..katanya begitoe..

Demikian mantemans cerita nubi mengenai aki GS dan Yuasa ini. Mungkin ini hanya apes nya KHS dengan aki GS Premium ini, jadi bisa jadi tidak bisa digeneralisir masalah ini :mrgreen:

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3570 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

51 Comments

  1. padahal kmaren abis beli buat supra 125 di toko KATANYA lebih bagus gs daripada yuasa, lebih mahal juga gs harganya.
    tapi saya di scorpio lebih sreg ori nya tiger yg merk gs beli di honda lek 250 tahun lalu, kira2 itu sama ga ama scorpio?

  2. Motorku Soul GT dulu juga pake GS Ast*a, baru dipakai 9 bulan udah tewas, motor pernah mogok ditengah perlintasan kereta api gara2 aki tekor. Aku pernah tanya ke mekanik beres, emang banyak kejadian aki merk itu cepat tewas. Sekarang pake Yuasa sdh dipakai lebih dari 1 tahun masih bagus. Emang payah tuh GS Ast*a.

  3. yuasa memang lebih recomended deh kayaknya, motor sy old vixion thn 2010 bulan januari, aki bawaan pake yuasa dan bertahan sampai 5 thn lebih, habisnya sih udah sekitar semingguan yg lalu, akhir april 2015 kemarin lah kira2, tp baru sempat ganti hari ini, hehe. komponen lampu2 sih standar semua cuma pas di tahun kedua mulai pakai klakson Denso keong plus relay, kemudian di tahun ketiga sih udah mulai ada gejala2 seperti jarum RPM sendut2an pas putaran langsam, trus lampu utama terkesan berkedip pas lampu stop/rem nyala, tapi elektrik starter masih normal jrengg yg membuat sy tdk ingin segera mengganti akinya, sampai akhir april 2015 kemarin aki betul2 habis, pas dikontak ON indikator netral udah gak bisa nyala, trus fuel-pump juga nggak sanggup nyala waktu dikontak, sampai2 puasa nggak main klakson, hehehe.
    sampai akhirnya sy ganti hari ini pakai yuasa lagi dan kembali jrengg…
    dapat harga 160rb, aki bekas dihargain 15rb, total bayar jadinya 145rb, posisi sidoarjo jatim.
    sekian, salam rider ^^

  4. Sebenarnya Yuasa lebih baik dari GS Astra gan,,,

    Tapi, marketing GS Astra itu bagus (Group Astra gitu loh),,,

    Tapi Yuasa berkali-kali mengungguli GS Astra,,,

    Sekarang seluruh Indonesia sadar kalau Aki MF itu sebenarnya Aki Basah yang diberi Seal. Ya Uasa yang membuka Mata mereka, dengan Inovasi Briliant,,, Aki MF yang didistribusikan dalam kondisi kering, dipaket penjual disertakan Air Aki Zuur Ready to Fill,, ketika mau digunakan, baru diisi Air Aki Zuur nya,,, Aki MF jadi Fresh,, dan jadi lebih awet,, karena umur aki = waktu kita ngisi Air Aki Zuur.

    Selama ini, banyak yg mengatakan Aki MF = Aki Kering.

    Yuasa dengan Inovasi Briliant nya itu, menjadikan Kualitas Aki MF menjadi lebih baik, tidak ada lagi untung-untungan dalam membeli Aki (dapet Aki MF yg udh lama terisi Air Aki Zuur), kecuali memang beneran Bad Luck dapat Aki yg cacat produksi.

    Ane, melihat ada Astra di Nama GS saja sudah bikin ane skeptis,,, Astra terkenal suka Overprice dan Downgrade Kualitas produk,,, contohnya AHM Oil, padahal diproduksi oleh Produsen Oli ternama sekelas Idemitsu, tapi yg namany Formulasi Khusus yg ditentukan Astra Honda Motor, AHM Oil jadi jelek,, yg kena imbasnya Idemitsu dikirap rodusen ecek-ecek.

    Banyak yg mengatakan Aki GS bagus cuma karena Iklannya,,,, tapi tidak banyak yg mengeluh seakan-akan Aki GS diprogram untuk pemakan tidak lebih dari 1 Tahun.

    Aki GS yang bagus itu Aki Basah yang biasa untuk Mobil gan,,,, kalo Aki MF Motor,,, hmmm,, dari yg udah-udah,,, biasa saja. meski tidak bisa ane sebut jelek juga.

      • Asal tau saja,,, GS dan Yuasa itu “segroup”,,, bedanya,, GS dikuasai Astra dan Toyota,, sahamnya,,, Yuasa dia berdiri sendiri,,,

        Yah kalo kita bandingkan, sama kayak Sepeda Motor Honda yang sebagian Sahamnya dimiliki Astra, jadilah AHM (Astra Honda Motor), dengan Mobil Honda yang dimiliki oleh Honda Prospect Motor, bukan Astra.

        Kalo soal Teknologi, keduanya bersaing, misal Accu MF Motor,,, sama-sama VRLA, sama-sama AGM, sama-sama Calcium, sama-sama Ceramic Filter,,,,

        Agan tau itu teknologi dari mana ?, dari Yuasa,,,

        GS dulu berdiri sendiri, Yuasa begitu juga,,, tapi GS dibeli/diakuisisi oleh Yuasa,,, jadilah GS Yuasa.

        Tapi keduanya masih bermain sendiri-sendiri pada industri Battery,, GS, dan Yuasa,,

        Sekilas, akan terlihat sama saja,,, tapi Yuasa lebih dikenal di dunia International, seperti Eropa dan Amerika,,,

        GS adalah singkatan dari Genzo Shimadzu, Pendiri Japan Storage Battery Co., Ltd.

        Ironisnya, Yuasa di Indonesia meski sudah lama, tapi masih dianggap sepele, masih kalah pamor dengan GS Astra.

        GS Astra memang unggul di Desain, coba bandingkan Accu MF GS Astra dengan Yuasa,,, pasti lebih “Cantik” GS Astra kan ?

        Tapi, dari sisi Kualitas “Daleman” nya, Yuasa lebih unggul, karena masih murni Jepang dibandingkan GS Astra.

        Pengalaman pun membuktikan Accu MF Yuasa pada Motor lebih lama usia pakainya dibandingkan Accu MF GS Astra.

        Tidak ada maksud mendiskreditkan suatu merk, hanya share pengalaman saja 😀

  5. saya beli aki GS astra premium untuk mobil saya baru 1 minggu udh ngajak olah raga,,untung pagi hari jdi gk pake emosi,,saya klaim,,kata marketing’y mobil saya klistrikan nya eror,,saya bwa k’auto 2000..kata mreka mobil saya tidak bermasalah,,otomatis saya balik lgi dong k’aki..saya ajk k’auto 2000 alasan ny gk smpet..beuuuhhh pinter bnget alasan ny

    skrng saya ganti pake Gforce,,menurut om2 gmn tentang Gforce..mohon pencerahan ny..yg jawab jjr insya allah rizki ny bnyak

1 Trackback / Pingback

  1. Penginnya beli aki GS ternyata dapatnya GS abal-abal | setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..