Advertisements

Diantara pilihan aki GS Astra dan Yuasa (catatan nubi)

image

Ini pengalaman KHS yang buta akan dunia per-accu-an alias aki karena memang dasarnya gak paham. Bermula dari Milestone yang lagi mogok karena ada masalah aki maka KHS pun mencari aki yang pas. Berhubung pulsar motor laki maka awalnya KHS mencoba memakai aki jenis GS Premium 12N9-4B-1 dari seorang kawan namun aki ini tidak bertahan lama karena ada satu komponenenya yang bocor. “Ini elemennya bocor mas…habis di stroom pasti nanti tidak bertahan lama”tutur tukang stroom di kawasan Semolowaru Surabaya. Hal ini terlihat ketika si tukang stroom mau mengecek voltage namun terlihat busa-busa air di salah satu blok komponen. Dan KHS pun berpikir untuk menukarkan jenis aki yang sama dengan menambah nopek ceng.

Ya akhirnya KHS pun mengeluarkan 2 lembar uang warna merah untuk menebus aki GS baru ini. KHS pun langsung memakainya namun ternyata hanya bertahan sehari semalam. Milestone kembali mogok, KHS awalnya berpikir ada masalah dengan body com starter yang akhirnya terpaksa pagi itu harus telat berangkat ke kantor. Akhirnya solusi pake gaya dorong tidak bisa dipungkiri lagi :mrgreen: . Maklum servis terakhir sebulan sebelumnya body com starter nya memakai barang bekas tapi masih lumayan masih bisa dipake.

KHS juga sempat mengira ada masalah dengan dinamo staternya….tapi mbuhlah 😀 .

KHS baru tahu kalau ternyata yang bermasalah adalah Aki GS Premium 12N9-4B-1 ini ketika hari sabtu (21/6) di bengkel bajaj gresik. Oia sebelumnya minta bantuan ibu negara buat dorong milestone agar bisa nyala ke bengkel. Sesampai dibengkel KHS lansung ngomong apa adanya dan sama kang basit langsung divonis ini masalahnya hanya pada akinya. “Loh ini baru saya pake 2 hari lho” sergah KHS. “Sudah banyak pengalaman temans-temans lain yang tekor pake GS kang, bahkan kaji xzy sudah 2 kali pake aki GS tekor smua” terang kang basit. Dan pernyataan ini diamini mantemans GPC yang saat itu lagi ada di bengkel. 🙁

KHS mencoba menegaskan apakah tipe GSnya sama yakni GS Premium 12N9-4B-1. ” Iya sama…”ujar kang basit. KHS hanya speechles mendengar penjelasan tersebut karena selama ini KHS bisa dikatakan termakan oleh iklan aki GS yang sering nongol dulu di televisi itu. …hiks..Akhirnya KHS disarankan oleh kang basit untuk ganti aki. “Coba ganti aki Yuasa aja kang..yang 9 Ah.”.

image

KHS pun mencari aki Yuasa di dekat  bengkel dekat beres gresik lama jalan usman sadar. Akhirnya langsung ngomong beli aki Yuasa buat Bajaj yang tidak berapa lama si penjual mengeluarkan aki yang dimaksud.

Aki ini jenis Yuasa Yumicron YB9-B. Harganya emang 2 kali lipat aki GS tadi yakni 350.000 tapi tak apalah daripada tekor terus. Sesampai di bengkel langsung minta kang basit untuk mengisi air aki pertamax dan setelah dibiarkan 30 menit langsung dipasang di Milestone.

Ketika Milestone di starter langsung mak jreeeenggggggggggggggggggggg….. langsung ngacirrrrrrrrrrrrrrrrrrr……..dan kondisi aki sampai sebulan lebih ini tidak ada masalah apa-apa. Dan semoga awet dan bertahan lama. KHS emang pernah punya pengalaman juga dengan aki tekor merk Yuasa namun setelah ditelusuri ternyata aki Yuasa tadi mestinya buat motor bebek bukan motor laki. Ampere nya gak nututi..katanya begitoe..

Demikian mantemans cerita nubi mengenai aki GS dan Yuasa ini. Mungkin ini hanya apes nya KHS dengan aki GS Premium ini, jadi bisa jadi tidak bisa digeneralisir masalah ini :mrgreen:

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----
Advertisements

Comments

comments

52 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »