Ketika anak kita yang dibawah umur merengek minta belajar motor

ilustrasi : putra mas mulyanto (http://hourex150l.wordpress.com/)
ilustrasi : putra mas mulyanto (http://hourex150l.wordpress.com/)

Bagi mantemans yang punya anak baik laki maupun perempuan pasti suatu saat pernah mengalami atau akan mengalami hal diatas. Anak kita yang beranjak remaja merengek meminta untuk belajar naik motor atau bahkan sekalian minta beli motor baru.  Bagi orang tua yang paham keselamatan berkendara atau safety riding tentu akan bersikap bijak menanggapi rengekan anak tercinta ini. Nah berikut cerita bang Andry Berlianto [pakar safety riding] merespon permintaan sang anak yang beranjak ABG ini  . 😀 .Cekidot

KHS mendapatkan informasi ini dari update status fb bang andry hari sabtu (9/8) dimana beliau sedang mengajarkan anaknya yang berumur 12 tahun mengenai ‘pelajaran bersepeda motor yang benar’. Beliau tidak langsung mengajar naik motor tetapi diawali dulu dengan ‘berkenalan’ dengan motor terlebih dahulu. Bahkan si anak di minta menuntun si motor bebek ini agar lebih kenal dan dekat dengan calon tunggangannya. Sesuatu hal yang perlu dicontoh  masbrow dan mbaksi.

Berikut update status di fb bang andry

# share # safety
# training01
Agak sulit menolak semangat seorang putra, 12 tahun, yang meminta diajarkan mengendarai sepeda motor. Dia melihat teman-temannya sudah bisa berkendara sementara saya sedikit bersikeras bahwa usianya belum cukup.
Akhirnya, di tempat tertutup dan terkendali, saya serahkan motor bebek untuknya, untuk dipelajari, untuk belajar berat motor, untuk belajar standar motor dan untuk belajar duduk di atas motor.
Meski mengeluh, tampaknya dia senang-senang saja meskipun menerima fakta diminta untuk mendorong motor dan berjalan tanpa mesin menyala selama tiga hari.
Semoga bermanfaat
# roadsafety • cc Iyas Tristan

KHS pun tertarik lebih detail terhadap apa materi yang diajarkan bang andry kepada buah hatinya ini. Pria yang hobby adventure alias  turing keliling beberapa pulau ini dan sekaligus pemilik blog http://andryberlianto.wordpress.com/  tidak segan dan pelit berbagi ilmu. Nah berikut mantemans materi agak detail yang diberikan kepada sang anak ketika merengek belajar naik motor.

Saya tidak serta merta menjawab YA atas permintaan anak untuk langsung belajar mengendarai motor, langkah yg syambil kemarin adalah sbb :
1. Naik motor ga gampang, kenalkan anak pada bahaya dan risiko nya,
2. Lihat televisi ttg kasus2 tabrakan sederhana ygkerap muncul di acara CCTV Tr*$&7, pinta dia memahami bahaya dan risikonya,
3. Ajak ke motor, kenalkan piranti2 nya mulai dr stang, rem dll beserta fungsinya,
4. Pinta dia duduk di atas motor, standar tengah, ajarkan cara memegang stang dan posisi duduk yg benar,
5. Pinta dia menaik turunkan standar samping, kalo cukup kuat sampai standar tengah,
6. Pinta dia naik ke motor, kita dorong secara manual dan biarkan dia mengendalikan arah motor atau pinta dia mendorong motor tanpa mesin
menyala, semata-mata membiasakan diri dengan berat kendaraan.
7. Fase berikutnya baru mengenalkan lebih jauh dengan mesin menyala dan gunakan area tertutup misal pekarangan luas dan sejenisnya.

“Kurang lebih itu mas” pungkas motorcycle safety instructor

Nah demikian mantemans pengalaman bang andry dalam merespon dengan bijak ketika anak lagi merengek minta belajar motor.Begitupula contoh kang mulyanto yang menasehati anaknya agar bersabar ketika tergoda ingin nunggangi ninja 2 taknya. Dengan bijak dia selalu menasihati untuk bersabar terlebih dahulu :-D.  Tuh foto diatas :mrgreen:

Namanya anak tentu secara emosional masih labil sehingga peran orang tua untuk mendampingi dan mengawasinya. Jangan sampaik kejadian kecelakaan menimpa anak kita karena keteledoran orang tua.


Maturnuwun

Posted from WordPress for BlackBerry Z3tia1heri

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3571 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

22 Comments

  1. Ane malah udah belajar bawa mobil sejak umur 8 tahun, dan ikut kejuaraan speed offroad d umur 13 tahun…..
    Tp tetap oleh orang tua ane, ga boleh bawa mobil d jalan, d komplek aja ga boleh apalagi d jalan.
    Anak ane 11 tahun udah punya minitrail sendiri….. Tp kalo sekolah ttap pk sepeda.
    Ga perlu dilarang, tp diarahkan, itu yg benar.
    Suka ngebut, ajak ke track resmi….
    Terkadang ada untungnya anak bisa bawa kendaraan sendiri.
    Saat kita sakit, istri-suami ga ada d rumah…. Anak bisa kita minta tolong antarkan k RS. Ini pengalaman ane pribadi…. Tp kalo ga yakin bisa mengendalikan anak….
    Jangan kenalkan (ajari) kendaraan sampai 16 tahun…… Itu pesan ane.

  2. Reblogged this on [ berbagi ] and commented:
    Terimakasih banyak mas sudah di re-share, semoga kita semua dapat menjadi orangtua yang bertanggung jawab soal keselamatan berkendara. #safety for all.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Anak SD bawa motor kena razia tetapi berani bentak polisi…..xixixixi – setia1heri.com
  2. Anak naik motor tewas kecelakaan setelah adu kambing di Bali – setia1heri.com

Monggo dikomeng gans..