Patung Lembu sura dan kisah mistis seputar meletusnya gunung kelud

image

Gambar diatas merupakan personifikasi lembu sura dalam legenda gunung kelud. Menurut beberapa informasi Patung dari semen diatas dibuat sekitàr tahun 80an oleh mahasiswa yang sedang KKN dan lokasi patung ada di gandusari, Blitar. Selepas gunung kelud meletus 3 minggu silam obrolan-obrolan hangat mengenai penampakan lembu sura dan kejadian-kejadian aneh seakan tak habis menjadi bahan-bahan obrolan di warung-warung kopi terutama sekitaran gunung kelud sendiri.

Beberapa obrolan yang sedang hangat dibicarakan sekitar warga kelud yakni :

  • Mengenai patung lembu sura diatas sebenarnya sudah ada sejak lama tahun 1980an namun isu yang berkembang ditemukan satu lagi secara tiba-tiba pasca kelud meletus di sekitaran aliran lahar. Sebenarnya menurut beberapa sesepuh sekitar kelud adalah hal yang tabu alias pantangan menggunjingkan patung lembu sura saat atau pasca kelud meletus.
  • Menurut legendanya, letusan Gunung Kelud yang keberapa gitu (lupa) lembu sora keluar dari kuburnya. Letusan Pebruari 2014 kemarin ada yang lihat penampakan lembu sura deket gunung gedang persis sebelahnya gunung kelud. Terutama yang sering lihat penampakan ini adalah warga Sepawon.
  • Penampakan lembu sura di Sepawon dan Nglegok inilah yang membuat daerah tersebut tidak separah letusan sebelumnya yang katanya material dan abu vulkanik ke tiup lembu sura ke arah kediri.
  • Ada yang melihat juga awannya kemarin berbentuk kepala lembu dengan dua tanduknya dari utara berbelok ke barat menuju ngayukjokarto. Karena dinilai Jogja turut membantu kediri untuk ‘merebut’ gunung kelud dari blitar.
  • Ketika kelud meletus dilarang senter-senter atau bermain senter mengarahkan ke gunung kelud. Gak tahu alasannya tetapi kang sugi (sugimasihada.com) punya pengalaman tidak mengenakkan waktu kecil. “Ngertine mung ra oleh senter2 pas gunung kelud meletus, soale pernah dulu diilokno temenan karo mbah kakung trus dengan tiba2 petir nyambar batang pohon kelapa pas diakarnya yg ada disebelah tempat sembunyi.”
  • Banyak yang bilang sebelum meletus kisaran jam 9-an, ada sekelebat sepasang sinar yang bertarung dari timur menuju barat dan ketimur lagi. Kejadian ini persis ketika kelud mau meletus tahun 2007 silam.

Demikian mantemans cerita sekilas obrolan hangat mengenai sisi-sisi lain gunung kelud. Mungkin mantemans yang asli sekitaran gunung kelud bisa dishare dimari. Maturnuwun

Tak semua harus dijelaskan dan diterima oleh logika
#tapi itu bisa saja terjadi dan nyata

*disarikan dari obrolan hangat di grup WA jatimotoblog

Diposting dari WordPress seti@0ne-droid

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

38 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »