(mendadak) Rekreasi keluarga di Taman Safari Indonesia II

aquatic land taman safari indonesia 2Ini sebenarnya pengalaman sebulan yang lalu tepatnya tanggal 17 Agustus 2013 kemarin. Hari Sabtu itu kami sekeluarga mengantarkan adik ketiga (affajri.wordpress.com) yang akan kuliah di Universitas Negeri Malang. Berangkat dari Gresik sekitar jam 07.WIB berharap agar terhindar dari macet di jalanan Lumpur Lapindo Porong Sidoarjo namun pagi itu semuanya lancar jaya tanpa kendala. Nah ketika melewati Pandaan-Prigen kok ternyata masih cukup pagi maka KHS menawarkan ke keluarga untuk sejenak mampir rekreasi di Taman Safari Indonesia II di Prigen-Pasuruan ini. Akhirnya tanpa persiapan dengan ide mendadak ini maka kami mlipir ke destinasi dimaksud dimana merupakan pengalaman pertamax bagi kami semua…hehehe.

hewan di TSI 2Pagi itu ternyata Taman Safari Indonesia II belum buka meskipun KHS nyampe sana jam 08.45. Ternyata menurut petugas bukanya jam 09.00 WIB sehingga kami harus menunggu sekitar 15 menit diantrian mobil-mobil ini. Oia masbrow sepanjang jalan 5 km dari bawah ke atas ini banyak pedagang yang menawarkan wortel sebagai makanan untuk hewan-hewan didalam nanti terutama hewan Rusa. Berhubung kami gak paham maka ya tidak ada yang beli sama sekali meskipun nanti didalam lokasi juga ada yang menawarkan lagi…hehehe. Oia lagi pastikan BBM kendaraan nawak-nawak semua dalam level aman ketika akan naik dan menyusuri taman safari ini.

beruang di TSI 2Tepat jam 09.00 WIB Taman Safari Indonesia dibuka yang dibarengi dengan antrian panjang didepan loket masuk. Waktu itu untuk tiket biasa reguler harganya Rp.70.000 sedangkan yang tiket terusan plus sekitar Rp. 110.000. Berhubung kami hanya mengisi waktu luang sebelum bertolak ke Malang maka KHS membeli tiket yang biasa saja. Setelah mendapat nota tiket dan guide map maka kami pun langsung menuju wahana-wahana yang ada di Objek Wisata Nasional dan Lembaga Konservasi ex-situ ini.

taman ular safariTaman Safari Indonesia II ini berada di lereng gunung Arjuna dengan luas wilayah konservasi 340 hektar. Terletak di desa Jatiarjo Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Di Taman Safari ini terbagi menjadi 3 zona yakni Safari Advanture, Baby Zoo dan Recreation Area. Zona Safary Adventure kita akan melihat langsung kehidupan satwa liar dari berbagai belahan dunia dengan jumlah sekitar 200 spesies. Di Zona Baby Zoo kita akan melihat kebun binatang kecil dengan anak-anak binantang yang imut dan lucu bahkan kita bisa berfoto bersama dengan mereka. Sedangkan Zona Recreation Area kita akan disuguhi tidak kurang 23 wahana permainan mulai dari Roller Coaster, Bom bom cae, Rio Bravo dan lain-lain. Oia wahana terbaru kemarin 4D Cinema Evil Land.

harimau di taman safari indonesiaKHS bersama rombongan langsung menuju Zona Safary Adventure dimana terbagi menjadi beberapa hewan yang berasal dari beberapa benua. Memasuki zona safary adventure kita bisa melihat lebih dekat hewan-hewan liar tadi dari mobil dan kendaraan dilarang terlalu lama berhenti di lokasi satwa karnivora. Beberapa hewan terutama rusa sudah ada yang jinak bahkan mereka sudah paham kalau ada mobil yang berhenti pasti memberikan ke makanan ke mereka. Terlihat mereka bergerombol dan mendekat ke mobil-mobil yang datang. Oia di zona safari adventure ini kita diminta mendahulukan satwa yang melintas bila mereka sedang dijalan. Pagi itu hewan-hewan masih banyak yang malas-malasan mungkin karena baru bangun tidur kali ya trus hawanya masih dingin...hehehe. Disetiap bagian hewan antar benua selalu dipagari dua pintu untuk menghindari saling srobot wilayah soalnya ntar bisa jadi saling bertarung dan saling memakan..hehehe.

singa diatas mobilBerikut mantemans hewan-hewan yang ada di Zona Safari Adventure. Di kawasan benua Amerika-Eropa kita akan disuguhi hewan Llama, Byson, Kalkun, Elk, Beruang coklat, Singa, Maned Wolf dan harimau Bengala. Kawasan Benua Asia terlihat ada hewan Rusa Tutul, Rusa Timor, Banteng Jawa, Orangutan, Blackbuck, Siamang, Beruang Himalaya, Beruang Madu, Tapir, Rusa Bawean, Kasuari, Macan Tutul, Buaya, Komodo dan Babi Rusa. Dan terakhir di kawasan Benua Afrika hidup beberapa fauna yakni Watusi, Zebra, Eland, Gnu, Gajah Sumatra, Badak Putih, Kambing Gunung, Pelikan, Onta, Kuda Nil, Sable Antelope, Burung Onta, Jerapah, Lechwe, Waterbuck, Jenjang Mahkota dan Schimitar Oryx.

burung ontaKami sangat menikmati pemandangan hewan-hewan tadi termasuk memberikan pelajaran tentang nama-nama hewan bagi anak KHS, Sakti. Terlihat Sakti sangat menikmati sekali karena bisa melihat lebih dekat hewan-hewan yang beberapa nama masih terdengar asing ditelinga itu. Berhubung Sakti sukanya Singa maka kami cukup lama di kawasan singa ini dan bercanda dengan Sakti untuk membangunkan singa yang masih malas-malasan tadi. Yah tentu cara membangunkannya hanya lewat teriakan dari dalam mobil saja…hehehe. Kalau turun dari mobil tentu bisa berabe urusannya…xixixixixi.

komodo di TSI 2Selanjutnya mobil pun diparkir dan kamipun berjalan kaki untuk menyusuri Zona Baby Zoo. Di zona ini beberapa wahana belum buka karena mungkin masih terlalu pagi sekitar jam 11.00 WIB. KHS sempat mencatat Penguin Humboldt dan Australian Outback jam segitu belum buka sehingga kami sekeluarga harus gigit jari karena masih terkunci…hiks..hiks… Di zona baby zoo ini kita bisa melihat hewan-hewan sekaligus beberapa hewan bisa diajak berfoto alias wahana foto satwa. Tentu harus daftar dulu dan didampingi pawang nya biar gak diganggu atau digigit…hehehe.. Di zona baby zoo ini terdapat beberapa hewan yakni buaya muara, mandrill, cheetah, bekantan, muntjak, landak, tarsius, harimau benggala, binturong, orangutan, simpanse, taman burung, taman reptil, penguin humboltd, macan dahan, golen cat, australian outback, hutan burung, marmoset, dan armadillo. Di sekitaran baby zoo ini juga terdapat Rumah Minang Education Center dimana didalamnya terdapat segala hal seluk beluk terkait ranah minang tersebut.

rusa mendekat mobilDi zona baby zoo ini sebenarnya terdapat beberapa panggung pertunjukan seperti panggung elang, panggung harimau sumatra, panggung gajah dan panggung aneka satwa. Dari beberapa panggung tadi yang mulainya awal hanya panggung aneka satwa yakni jam 11.30 WIB. Sedangkan panggung yang lain baru mulai sekitar jam 14.00 dan jam 15.00 sehingga KHS tidak mungkin menunggu karena memang tujuan utama ke Malang…hehehe. Akhirnya KHS bersama keluarga menyempatkan melihat pertunjukan aneka satwa setelah naik turun perbukitan. Maklum arena taman safari indonesia II ini memang kontur tanahnya perbukitan karena memang dilereng gunung…hehehe. Oia pertunjukan ane satwa ini menceritakan orang mencari harta karun tetapi dengan merusak ekosistem hutan. Untung ada tarzan bersama mantemans nya mampu menyelamatkan hutan tersebut. Berhubung namanya aneka satwa maka beraneka ragam hewan dilibatkan dalam show ini. Terlihat ada anjing, tikus, kera, monyet, burung-burung, bebek, kucing, dan hewan-hewan yang lain KHS lupa..hehehe.

jembatan buaya taman safariTepat jam 12.15 pertunjukan aneka satwa selesai dan KHS harus bergegas menuju Malang karena kwatir sudah macet maklum kondisi sedang weekend. Jadi KHS tidak sempat menjangkau zona recreation area karena terbatasnya waktu kwatir juga pulang ke Gresiknya juga terlalu malam..hehehe. Oia sebelum turun gunung sholat dahulu di Masjid yang ada di dekat parkiran mobil ini. Masjid ini cukup besar untuk menampung sekitar 100 jamaah masih muat. Demikian mantemans kangmas dan mbakyu cerita singkat KHS rekreasi keluarga (anak istri, adik, ortu dan mertua) yang tak terjadwal dan lintasan pikiran mendadak ini…hehehe

maturnuwun.

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

29 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »