Hadeeh…sebulan sekali ganti busi

busi NGK hitam dan NGK baru

Sebagai orang yang nol puthol alias awam dunia motor KHS cuma bingung dan geleng-geleng kepala saja. Motor Honda Revo keluaran 2007 punya istri sudah setahun terakhir ini hampir tiap 2 bulan bahkan pernah 3 minggu harus ganti busi baru. Ane gak paham apa penyebab pastinya yang jelas setiap busi ane buka selalu berwarna hitam legam bin kelam. Yah sudah tak terhitung lagi berapa jumlah busi yang ane habiskan bahwkan di Jok juga sudah tersedia.

Ketika susah distarter ane mengiranya bensin habis namun ketika ane cek masih terlihat penuh. Ane pun mencoba mengaktifkan choke namun tidak juga bisa membantu. Hingga akhirnya ane mencoba membuka businya (teringat dahulu ketika motor mogok dipinggir jalan ternyata businya mati) dan kondisi busi seperti yang ane sampaikan diatas.

Ane pernah sambat ke bengkel didekat rumah. mekaniknya hanya menyampaikan kalau settingannya terlalu boros sehingga perlu diatur ulang. Ane pun hanya menyerahkan saja biar diatur sedemikian rupa namun ternyata hal itu tidak bertahan lama alias busi secara periodik harus ganti. Ane pun sampai sekarang selalu menyediakan busi baik yang busi Honda Genuine Part (HGP) maupun yang merk NGK.

Seinget ane motor merah abu-abu 100 cc yang sudah berumur 6 tahun ini belum pernah servis besar. KHS gak paham ada keterkaitan atau tidak dengan kondisi busi motor sebagaimana ane ceritakan diatas. Motor ini dahulu pernah menemani KHS dan istri ketika ke-Sukoharjo, Jawa Tengah namun 3 tahun belakangan hanya dipakai kerja di sekitaran Gresik saja yang jaraknya hanya 3 km saja. Selama ini ketika servis ya hanya ganti oli rutin dan part-part fast moving seperti kampas rem saja.

Kondisi seperti ini ternyata juga dialami motor yamaha jadoel v75 punya Bapak dikampung. Menurutnya hampir setiap bulan juga harus ganti busi agar bisa ditunggangi dengan gejala seperti KHS sebutkan diatas yakni kondisi busi yang hitam legam. Nah mungkin manteman masbrow dan mbaksis yang paham beginian bisa dishare dimari, apa yang mesti diperbaiki. Maturnuwun sebelumnya.

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

No Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »