Hadeeh…sebulan sekali ganti busi

busi NGK hitam dan NGK baru

Sebagai orang yang nol puthol alias awam dunia motor KHS cuma bingung dan geleng-geleng kepala saja. Motor Honda Revo keluaran 2007 punya istri sudah setahun terakhir ini hampir tiap 2 bulan bahkan pernah 3 minggu harus ganti busi baru. Ane gak paham apa penyebab pastinya yang jelas setiap busi ane buka selalu berwarna hitam legam bin kelam. Yah sudah tak terhitung lagi berapa jumlah busi yang ane habiskan bahwkan di Jok juga sudah tersedia.

Ketika susah distarter ane mengiranya bensin habis namun ketika ane cek masih terlihat penuh. Ane pun mencoba mengaktifkan choke namun tidak juga bisa membantu. Hingga akhirnya ane mencoba membuka businya (teringat dahulu ketika motor mogok dipinggir jalan ternyata businya mati) dan kondisi busi seperti yang ane sampaikan diatas.

Ane pernah sambat ke bengkel didekat rumah. mekaniknya hanya menyampaikan kalau settingannya terlalu boros sehingga perlu diatur ulang. Ane pun hanya menyerahkan saja biar diatur sedemikian rupa namun ternyata hal itu tidak bertahan lama alias busi secara periodik harus ganti. Ane pun sampai sekarang selalu menyediakan busi baik yang busi Honda Genuine Part (HGP) maupun yang merk NGK.

Seinget ane motor merah abu-abu 100 cc yang sudah berumur 6 tahun ini belum pernah servis besar. KHS gak paham ada keterkaitan atau tidak dengan kondisi busi motor sebagaimana ane ceritakan diatas. Motor ini dahulu pernah menemani KHS dan istri ketika ke-Sukoharjo, Jawa Tengah namun 3 tahun belakangan hanya dipakai kerja di sekitaran Gresik saja yang jaraknya hanya 3 km saja. Selama ini ketika servis ya hanya ganti oli rutin dan part-part fast moving seperti kampas rem saja.

Kondisi seperti ini ternyata juga dialami motor yamaha jadoel v75 punya Bapak dikampung. Menurutnya hampir setiap bulan juga harus ganti busi agar bisa ditunggangi dengan gejala seperti KHS sebutkan diatas yakni kondisi busi yang hitam legam. Nah mungkin manteman masbrow dan mbaksis yang paham beginian bisa dishare dimari, apa yang mesti diperbaiki. Maturnuwun sebelumnya.


baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

About setia1heri 3642 Articles
Seorang bapak dengan 2 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

38 Comments

  1. coba sesekali di kasih pertamax biar ambrol tuh kerak, atau yang sekarang lagi ngetrend seperti Yamalube Carbon Cleaner.

  2. Tanda2 setting pembakaran sudah gak beres tuh…kalau semua settingan beres, bisa coba ganti SPBU siapa tau SPBU tempat biasa ngisi bensin turun kualitasnya.

  3. servisken di Ahass yang maknyuss dulu mas..,
    settingan afr kacau itu…bensin terlalu kaya n miskin udara…
    solusi sementara..coba setelan gas digedhein rpmnya…n setelan angin di karburator dibuka dikit sampe ketemu putaran mesin yang bagus…diputer ke kiri pelan2…
    kalo ada waktu beli produk semacam foam…kalo boleh sebut merek..misalnya Nulon…foaming air intake cleaner…
    cara pakenya cukup panasken mesin kira2 lima menit, lepas busi, semprotken foam ke dalam mesin melalui lubang busi dan biarkan selama kurang lebih 30 menit
    stelah itu sediakan lap bersih trus pegangi lap di depan lubang busi sambil start engine beberapa kali untuk mengeluarkan sisa2 foam n kerak mesin yang rontok…
    pasang busi dan kabelnya..trus nyalakan mesin…
    knalpot akan menyemburkan asap berwarna putih pekat yang merupakan kerak mesin yang ikut terbakar saat mesin nyala…
    beberapa menit kemudian asap putih akan mulai berkurang n lama2 hilang… insya Alloh ruang bakar lebih bersih n tarikan jadi lebih ringan….
    demikian pengalaman saya sebagai nubitol mas…mohon maap kalo ada yang kurang berkenan…hanya berbagi aja….

  4. bagian pembakaran yang ga bener om, bisa jadi karbu, tapi klo karbu sudah dstel standar masih gitu bisa jadi pengapian yang ga bener, coba check koil sapatau koil lemah, efeknya ga jauh beda sama keborosan stelan karbu soalnya….

  5. sudah 6 tahun.. sudah waktunya servis besar kang.. cek deh odometernya, kemungkinan dah waktunya ganti ring piston, skur klep, sama bersihin ruang bakar

  6. kalo isi silinder pernah diganti (piston dan ringnya)dan masih normal
    maka kemungkinan maslah ada pada karburator yg terlalu boros settingannya atau bisa juga filter udara tersumbat sehingga karburator seolah2 ter”choke”

  7. waktu dicek businya masih ada percikan apinya gak mas? kalau sampek gosong gitu biasanya setingan karbunya kekurangan udara. yang bagus kalau warna businya merah bata. kalau setingan karbu udah dirubah tapi tetep aja, ja berarti diservice besar aja mas (service besar gak mesti turun mesin loh ๐Ÿ˜‰ ) cukup bersihin ruang bakar aja, sama sekur klep udah cukup kayaknya ๐Ÿ˜€

    http://athleteriders.wordpress.com/2013/08/19/jalan-sore-manasin-mesin-si-ijo/

  8. 1. Ada keluar asap di knalpot ngga bro, klo motor udah usia, biasanya kena di silinder or ring piston nya.
    2. Setel karburator di bengkel resmi
    3. Apa gaya berkendara anda jalan pelan dengan gigi tinggi, misalkan gigi 4 di 40kpj. Gaya berkendara seperti itu bikin fouling/kerak di ruang bakar. Sesekali geber tuh mesin ala italian tuning, biar kerak2 rontok kena derasnya arus masuk bahan bakar n pembakaran. Tahi mampet di kloset ngga akan bersih di siram pake air segelas. Coba pake air sebaskom, baru bisa bersih.

  9. tu mungkin pilot n main jet nya udah kegedean lobangnya,ganti repair kit yg baru,,ato karet sil di ujung baut setelan angin udah rusak,biasanya walo udah di setting kyk apa jg msi tetep boros walo stelan angin udah mentok ke kiri,,,ganti pke sil di korek api gas!!! Soalnya tuh sil kecil bgt,,gak ada yg jual,,di dlm repair kit jg gak ada,

  10. hitam legam tapi kering tandanya udara thd bbm ga ideal, ato keborosan! Kalo yg rada gawat, hitam legam tapi rada mengkilat, tandanya ada oli lolos ke ruang bakar! Coba ganti busi baru terlebih dahulu! Terus panasin motor selama 5 menit, iddlenya cenderung turun apa nggak! Kalo cenderung turun, coba kendarai dengan gaya italian tune up, minimal 3km nonstop. Kemudian menepi, lihat knalpot, berasap ga? Kalo berasap hitam,tandanya pasokan bbmnya bermasalah! Amit2 kalo berasap putih, ya kudu overhaul!

      • kalo asapnya hitam..kemungkinan bengsin tidak terbakar seluruhnya waktu proses pembakaran mas…kalo oli terbakar itu asapnya warna putih…yah, setel n bersihken karbu…biar lebih nyoosss..,preteli karbu n rendam pake thinner A..setelah itu bersihken lagi pake karburator cleaner… bersihken ato ganti busi… n langkah selanjutnya bersihken ruang bakar pake cara yang saya share di atas….. kalo pengen lebih mantap..lepas knalpot n bersihken dalemnya pake cairan pembersih biar kerak di knalpot juga bersih….

  11. penyakit busi gosong melulu spt motor anda itu penyebabnya adalah kabel bodi yang ke massa (kabel grounding) itu putus ditengah. jadi harap dicek sambungan kabel bodi yang ke massa (chassis) karena akibat kabel grounding putus ditengah maka arus yg masuk ke busi berlebihan dan busi jadi hitam dan minta diganti terus2an.
    saya yakin pasti ini penyebabnya.

Monggo dikomeng gans..