Tips ampuh biker lawan panas

Kumpulan meme biker dilarang turing oleh istri atau pacar

pulsar ug 4

Tips yang patut dicoba bagi manteman yang mudik dan balik pake R2 alias biker. Berhubung keselamatan dan kenyamanan berkendara adalah yang utama maka tak ada salahnya mencoba tips berikut. Cekidot :
KompasOtomotif – Hujan dan terik matahari bisa jadi musuh bikers yang melakukan perjalanan mudik. Dilansir about.com , ada tips agar pegendara terhindar panas berlebih dan tubuh mengalami dehidrasi, saat pergi atau balik dari kampung halaman.

Berikut rangkumannya:

1. Alirkan udara ke beberapa bagian tubuh. Misalnya selalu membuka ventilasi helm. Jika jaket sangat tertutup, sesekali geser resleting pada posisi setengah terbuka agar udara mengalir. Cara lain, berdiri sejenak untuk mengaliri udara pada bagian kaki, terutama pengguna sepeda motor ”laki” yang pahanya terus-menerus menjepit tangki bahan bakar plus terkena panas mesin. Cara terakhir ini juga diyakini memperlancar aliran darah.

2. Basahi tubuh. Jika merasa gerah, berhenti dan siram kepala dengan air bersih. Memang hanya sesaat, tetapi efek dingin yang sekejap itu sudah cukup menghilangkan ketidaknyamanan tubuh. Masih ingat adegan Jorge Lorenzo tahun lalu ketika menang di Jerez? Dia menceburkan diri ke dalam parit. Dalam konferensi pers, Lorenzo mengatakan tindakannya untuk menghilangkan panas di tubuh, selain merayakan kemenangan.

3. Pakai perlengkapan berkendara yang ”bisa bernafas”. Misalnya, sarung tangan yang ada lubang anginnya, atau juga jaket yang terdapat ventilasi. Jangan menggunakan jaket kulit yang tidak tembus udara segar.

4. Minum sebanyak mungkin. Kekurangan cairan berbahaya terserang dehidrasi. Berhenti sejenak dan minum lebih banyak dari kebiasaan. Dengan begitu, pikiran akan tetap tajam untuk mengontrol kecepatan dan refleks tetap terjaga.

Sumber : kompas.com (5/8)

Tambahan saja :

*Kalau memang cuaca panasnya tak tertahankan mending minggir, berteduh dahulu, istirahat sebentar, kipas-kipas sambil minum es tjendol :mrgreen:

Comments

comments

Tentang setia1heri 5685 Articles
Seorang Bapak dengan 3 anak. Suka jalan-jalan dan corat-coret tulisan perjalanan. Hobi berkendara menunggang roda dua. Tak paham kuliner namun tidak ada makanan yang dicela alias doyan semua...hehehe. Maturnuwun. follow twitter : @ setia1heri

4 Comments

  1. Asal bukan brenti di keteduhan bawah pohon di lampu lalu lintas dan bikin pengendara lain jadi ngantri dan kepanasan di belakangnya ya. Kalau udah kaya gini bikin emosi dan pengen marah yg di belakang.

Monggo dikomeng gans..