About these ads
Home > Tips n Triks > Terkesima lihat proses tambal ban tubeless di tukangnya.

Terkesima lihat proses tambal ban tubeless di tukangnya.

pulsar tambal ban tubeless

Ini pengalaman pertamax bagi KHS melihat proses penambalan ban tubeless Milestone [Pulsar 180 UG IV] yang KHS tunggangi beberapa waktu lalu. Awalnya sudah terdeteksi ban bocor alur dirumah pagi hari sebelum berangkat kerja. KHS pun memakai trik dengan cara di lem dengan lem power glue/ alteco yang banyak beredar di pasaran. Proses pengeleman ini tentu dilakukan setelah area ban yang bocor tadi dibersihkan.  Setelah menunggu sekian menit akhirnya proses penambalan selesai maka langsung ane pompa dan buru-buru berangkat kerja.

Sampai kantor ternyata ban kempes lagi, ane merasa mungkin tambalan pagi tadi kurang sip karena terburu-buru proses nambalnya. Akhirnya KHS mencari tukang tembel ban tubeless yang ada di sekitaran kantor.  Setelah berputar-putar maka KHS mendapati tukang tambal ban tubeless yang ada di sekitaran pertokoan Nginden. KHS kembali ke kantor untuk membawa Milestone ke tukang tambal ban tubeless tadi.

alat tambal ban tubelessIni merupakan bocor pertamax setelah hampir 3 tahun motor ane tunggangi. Sempat beberapa kali tertusuk paku namun tidak sampai bocor. Lha ini gak tahu kenapa kok bocor alus seukuran  peniti saja.  KHS langsung terperangah ketika lihat proses nambalnya diawali dengan melubangi dulu dengan alat besi sebesar jari kelingking untuk memasukkan sejenis karet/serabut warna orange. Dalam hati KHS menjerit melihat ban yang diperkosa untuk nyumpel lubang yang bocor tadi.

Terlihat beberapa kali tukang tembel ban ngambil napas panjang dan istirahat untuk memasukkan karet orange ini. Beberapa kali pula lubang yang awalnya kecil tadi dikoyak-koyak dengan alat besi tadi. Emaaakk….apa bannya gak tambah rusak yah komponnya. Ya tetapi mau bagaimana lagi ternyata itu merupakan prosedur tetap dalam menambal ban tubeless.  Setelah karet orange tadi masuk dan dipotong kelebihannya selanjutnya tinggal di pompa dan sudah beres deh. Oia ongkos tambal bannya sepoeloeh riboe roepiah dalam waktu pengerjaan 15 menit.

tambal ban tubelessJujur ini pengalaman pertamax KHS dan merujuk beberapa pengalaman kawan yang sudah tambal ban tubeless di tukangnya memang tidak direkomendasikan. Karena tadi perilaku ‘kasar’nya bisa merusak komponen ban oleh karena itu lebih baik ditembel sendiri seperti cara diatas. Seandainya bocornya dirumah lagi KHS sudah siap dengan proses yang lebih teliti dan tidak merusak komponen ban seperti ini.

Duh semoga sekali ini saja. Mending nambal sendiri kalau memungkinkan kawan yang lebih ramah dan penuh kasih sayang :mrgreen:

Maturnuwun.

link terkait :

About these ads
  1. July 19, 2013 at 5:35 AM | #1

    tuambah gede, xixixxxxxxx

  2. July 19, 2013 at 6:36 AM | #3

    mengerikan . . .

  3. July 19, 2013 at 6:58 AM | #5

    kalau bnyak tambalan terasa seperti jalan di batu

  4. July 19, 2013 at 8:22 AM | #9

    lubangnya tambah besar

  5. July 19, 2013 at 8:55 AM | #11

    kalau sdh tahu caranya kan tinggal beli alatnya dan praktekkan..

  6. jofrin
    July 19, 2013 at 8:58 AM | #13

    hehehehe…terkesimanya aq malahan pas tambal lagi mo duduk taruh helm eeee uda selesai ternyata….si bapak langsung bilang 10 rb ongkosnya mas…..bener2 gak terasa abis tambal ban :)

    • July 19, 2013 at 9:00 AM | #14

      wah..kayak sulapan saja :-D

      • jofrin
        July 19, 2013 at 9:03 AM | #15

        lha kagak ada 5 menit bro….uda cekatan bgt tuch bapak…cuma modal air sabun buat cari yg bocor terus langsung ditambal gitu…kelar dech….salut sendiri liatnya hehehehe

        • July 19, 2013 at 9:10 AM | #16

          xixxi…bisa dipidio in ke youtube dengan title “tambal ban tercepat” :mrgreen:
          btw, kok blognya masbrow kena suspend y?

          • jofrin
            July 19, 2013 at 10:21 AM | #17

            hehehe…belum diaktifin kok….lagi belajar ngeblog :)

            • July 19, 2013 at 10:32 AM | #18

              ups…selamat belajar..hehehe :-D

            • jofrin
              July 19, 2013 at 2:42 PM | #19

              matur tengkyu :P

  7. July 19, 2013 at 9:11 AM | #20

    mending ditambal sendiri…pake sekrup yang ulirnya dilapisi isolasi pipa pvc(putih tipis fleksibel ) trus disekitar lubang ditetesi power glue,nah masih basah sekrup diputar masuk smpe rapat…tidak merusak ban dan cepat

    • July 19, 2013 at 9:13 AM | #21

      wah nais share brad

    • debu biru
      July 19, 2013 at 11:19 AM | #22

      sekrupnya dicabut lagi atau ditinggal ?

      • July 21, 2013 at 3:08 AM | #23

        sekrup itu pengganti karet tambalan jadi jangan dicabut..kepala sekrup bakal ilang sendiri bergesekan dengan aspal,jadi awalnya agak aneh lama2 malah gak terasa dan terlihat sudah ditambal :mrgreen:

  8. July 19, 2013 at 9:13 AM | #24

    tubeless repair kit yang kubeli pensiun sebrlum sempat digunakan karena trik diatas lebih gampang dan minim resiko merusak kompon ban

  9. July 19, 2013 at 11:34 AM | #25

    kalo pake lem power glue tidak bertahan lama mas,, paling beberapa hari bocor lagi..

  10. July 19, 2013 at 2:04 PM | #27

    Kalo gagal pake power glue, pake lem UHU aja. Kebetulan ane dah coba
    titip mas
    http://motogokil.wordpress.com/2013/07/19/diy-alternatif-nambal-ban-tubeless/

  11. July 19, 2013 at 4:19 PM | #29

    BOTJORR….BOTJORRR…BOTJORRRR wkwkwkwkwkwkwk :D

  12. July 19, 2013 at 4:27 PM | #30

    pengalaman ane tambal ban tubeless emang gitu, 2x tambal tubeless di tempat isi Nitrogen Pertamina juga kurang lebih sama carnya. dilubangi dulu dengan besi lancip lalu dimasukkan karet yang padat kedalamnya. alhamdulillah udah 1tahun berlalu tidak ada gejala bocor halus

  13. deidara
    July 19, 2013 at 7:20 PM | #31

    pake lem g aja,,, hihi

  14. stevant
    July 19, 2013 at 8:55 PM | #32

    Sebenarnya ada model tambal ban tubeless yg lebih bener dan lebih di rekomen sama pabrik ban yaitu yg model tip top (patch dari dalam) tapi entah mengapa yg punya tambal lebih seneng nambal ban mobil ketimbang ban motor. Kalau model pake cacing/ditusuk gitu rekomen pabrik hanya buat sementara saja….kalau pengalaman saya cacingnya mudah lepas kembali kalau ban sering basah…..

  15. July 20, 2013 at 9:10 AM | #33

    “Ini merupakan bocor pertamax setelah hampir 3 tahun ane tunggangi.”

    wow….3 tahun ditunggangi masih perawan ajaaah… *buka buku sakti #eh :lol:

  16. July 21, 2013 at 2:59 AM | #35

    Kalau bocornya cuma kecil emang ada baiknya tambal sendiri pakai lem, namun ketika udah lumayan besar itu tidak mampu menahan. Akhirnya terpaksa nambalin yang begituan, udah sering PB alami :D

  17. tronjol
    July 28, 2013 at 8:44 PM | #36

    ban nya ampe menjeritt….emaaaakkkk ane di jejelin nihhhh

  18. August 5, 2013 at 6:06 AM | #38

    Memang kasian juga tuh bannya. bocor kecil malah di perkosa. haha.
    tips aja nih. kalo mau ini ban tublessnya dengan cairan anti bocor, sudah banyak dijual seperti M-One, Tire Guard, Michel dan lain lain. kalo udah diisi ini, ketusuk paku pun tinggal cabut aja pakunya. nanti cairan ini akan menambal ban anda secara otomatis dari dalam.
    Coba baca ini:
    http://vagabondwolf.blogspot.com/2013/06/tentang-ban-motor.html

  19. adhi
    August 27, 2013 at 3:16 PM | #39

    Mas ane puya pulsas 200, cuma rantainya sering kaku di beberapa mata.jadi bagaimna cara mengstasi rantai yg ada beberapa yg kaku Tersebut… Terimakasih.

    • September 4, 2013 at 2:55 PM | #40

      Klo masih pakai rantai asli p200 ya lem biru aja masbro. Klo udah pakai rantai substitusi indopart untuk tiger (potong 2 mata aja kok), rendam di oli bekas seharian. sambil sering2 di lenturin bagian mata rantai yang keras.

  1. No trackbacks yet.

Dipersilahkan berkomentar (^-^)! , Ngapunten kalau gak sempat membalas :-D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,476 other followers

%d bloggers like this: