Iseng lihat kecepatan kuda besi dengan GPS

GPS speed kereta api sembraniIni sekedar iseng aja KHS ketika pulang dari diklat dari Megamendung, Bogor.  Berangkat dari stasisun Gambir Jakarta pada hari jum’at (28/6) jam 19.30 WIB dan sampai Pasar Turi Surabaya jam Sabtu (29/7) 07.00 WIB dengan naik Kereta Api Sembrani gerbong eksekutif. Nah ditengah perjalanan ini KHS iseng pengin tahu berapa sih kecepatan larinya kuda besi ini. Yuups…semua mengandalkan si robot ijo besutan smartfren dan aplikasi GPS Speed Graph (ada di Google Play) .

KHS tidak merekam seluruh perjalanan hanya kadang-kadang saja dimana di GPS Speed Graph pernah menangkap kecepatan maximal 117,9 km/jam sedangkan kisaran rata-rata diantara 77.6 km/jam. Namun begitu terkadang memang dirasakan kuda besi ini berlari cukup kencang dan lain waktu juga berjalan cukup lambat meskipun perjalanan dilakukan pada malam hari. Kecepatan juga sempat terekam turun hingga 67,7 km/jam. Tentu asumsi kita bahwa pada malam hari itu sepi tetapi hal ini tidak berlaku bagi kereta api karena mereka memang punya jalan dan jadwal sendiri.

Seinget KHS kereta Sembrani ini hanya singgah di Cirebon, Semarang Poncol, Bojonegoro dan Lamongan. Dan perjalanan normal selama 11 jam itu pun hampir sama dengan dahulu ketika KHS berangkat ke Jakarta dengan naik Argo Bromo Anggrek.  Dengan radius  Jakarta – Surabaya sekitar 800 km dengan ditempuh dalam waktu 11 jam maka bisa dikatakan kecepatan  sekitar 72,8 km/jam dengan hitungan kasar. Kalau gak salah lho ya…hehehe. :mrgreen:

NB : pengin tahu kecepatan pesawat pake GPS berapa ya ?

maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

*" Yuuuk like & share brosis...."*
-----

Comments

comments

22 Comments

Monggo dikomeng gans..

Translate »